Mutu Pesantren Salafiyah dalam Konteks Penyelenggaraan Pendidikan Nasional

Khoirul Anam

Abstract


Islamic boarding school contribute significantly to the establishment of national education specifically in the following matters, namely, (1) internalization of norm, (2) wisdom, (3) good behavior/akhlaq al karimah, (4) good morality. In other words, Islamic boarding school affects the way of life in Indonesia. In the context of improving the quality and access toward education, the role of Islamic boarding school must be elevated so that it can develop well as to respond the global era. This is so doing for a purpose of improving the quality of human resource in Indonesia.


References


Akhyak (ed.), Meniti Jalan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003

Arcaro, Jerome S., Pendidikan Berbasis Mutu, Yosal Iriantara (terj.), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006

Arifin, Imron, Kepemimpian Kyai: Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng, Malang: Kalimashada Press, 1992

Azizy, Ahmad Qodri A., Islam dan Permasalahan Sosial: Mencari Jalan Keluar, Yoyakarta: Lkis, 2000

Bafadal, Ibrahim, Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Bawani, Imam, Segi-Segi Pendidikan Islam, Surabaya: Al Ikhlas, 1987

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiyai, Jakarta: LP3ES, 1981

Direktorat Dikmenum, Panduan Manajemen Sekolah, Jakarta: Depdiknas, 2000

Farchan, Hamdan, dan Syarifuddin, Titik Tengkar Pesantren: Resolusi Konflik Masyarakat Pesantren, Yogyakarta: Pilar Media, 2005

Ghazali, M. Bahri, Pesantren Berwawasan Lingkungan, Jakarta: Prasasti, 2003

Haeri, Fadhalla, Jenjang-Jenjang Sufisme, Ibnu Burdah dan Shohifullah (terj.), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000

Hasan, M. Ali, dan Mukti Ali, Kapita selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2003

Madjid, Nurcholis, Bilik – Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994

Mastuki dan Abd. Adhim, Sinergi Madrasah dan Pondok Pesantren, Jakarta: Dirjend Bagais Depag RI, 2004

Ministery of National Education, Quality Improvement, Website: http://www.pdd.go.id/ministrey

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005

Nasir, M. Ridwan, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Noer, Deliar, Islam dan Masyarakat, Jakarta: Yayasan Risalah, 2003

Pemerintah RI, Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2003

Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, Dokumen Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah, (www.puskur.co.id., diakses bulan Maret 2003

Qomar, Mujamil, Pesantren: dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, 2005

Rahardjo, M. Dawam, (ed.), Pesantren dan Pembaharuan, cet. Ke-5, Jakarta: LP3ES, 1995

Ridla, Muhammad Jawwad, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam: Perspektif Sosiologis-Filosofis, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002

Sallis, Edward, Total quality Management ini Education, Ahmad Ali Riyadi et.al. (terj.), Jogjakarta: IRCiSoD, 2006

Shaleh, Abdul Rachman, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004

Soetari, Endang, Pesantren, Solusi Pendidikan Masa Depan, http://www.pikiran rakyat.com/cetak/0902/06/0414.htm, diakses 8 Desember 2005

Steenbrink, Karel A, Pesantren Madrasah Sekolah, Cetakan ke-2, Jakarta: LP3ES, 1994

Suharto, Toto, et.al. (eds.), Rekonstruksi dan Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam, Yogyakarta: Global Pustaka Utama,2005

Sukamto, Kepemimpinan Kiai dalam Pesantren, Jakarta: LP3ES, 1999

Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Suryobroto, B., Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Trimingham, J. Spencer, The Sufi Orders in Islam, London: Oxford University Press, 1971

Umaedi, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Sebuah Pendekatan Barau dalam Pengelolaan Sekolah untuk Peningkatan Mutu, 1999, Dikmenum Depdikbud, http://www.ssep.net.html

Wahid, Abdurrahman, Menggerakkan Tradisi, Yogyakarta: Lkis, 2001

Wahjoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren: Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: Gema Insani Press, 1997


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung, Phone (+62) 355 321513, Faximile (+62) 355 321656
e-mail: taallum@iain-tulungagung.ac.id  /  taallumftik@gmail.com
Website: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Ta'allum indexed by:

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2303-1891, e-ISSN: 2549-2926) by http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License