Analisis Kecerdasan Emosional dan Intelektual terhadap Akhlak Remaja dengan Kegiatan Keagaman sebagai Variabel Intervening
pdf

Keywords

Akhlak, Keagamaan, Kecerdasan

How to Cite

Rosadi, A. (2024). Analisis Kecerdasan Emosional dan Intelektual terhadap Akhlak Remaja dengan Kegiatan Keagaman sebagai Variabel Intervening. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 76-96. https://doi.org/10.21274/taalum.2024.12.1.76-96

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya akhlak di kalangan siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya kasus tawuran, kekerasan, dan tindak kriminalitas di kalangan remaja. Metode yang digunakan yaitu deskritif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis menggunakan Teknik SEM dengan SmartPLS versi 4 adalah metode untuk menguji hubungan antara variabel dalam model kompleks. SmartPLS versi 4 memfasilitasi analisis dengan fitur untuk model struktural, validitas, reliabilitas, dan pengujian hipotesis, terutama ketika data tidak normal atau sampel kecil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pertama, Kecerdasan Emosional berhubungan signifikan dengan Akhlak Remaja, dengan pengaruh sebesar 17,9%. Kedua, Kecerdasan Emosional memiliki hubungan yang signifikan dengan Kegiatan Keagamaan, dengan pengaruh sebesar 37,1%. Ketiga, Kecerdasan Intelektual memengaruhi Akhlak Remaja, dengan pengaruh sebesar 21,1%. Keempat, Kecerdasan Intelektual berhubungan signifikan dengan Kecerdasan Emosional, dengan pengaruh sebesar 50,2%. Kelima, Kecerdasan Intelektual memengaruhi Kegiatan Keagamaan, dengan pengaruh sebesar 47,5%. Keenam, Kegiatan Keagamaan berhubungan signifikan dengan Akhlak Remaja, dengan pengaruh sebesar 50,7%. Hasil uji ini menggambarkan kompleksitas hubungan antara variabel dalam penelitian, yang melibatkan faktor-faktor yang beragam.

https://doi.org/10.21274/taalum.2024.12.1.76-96
pdf

References

Abidin, A. M. (2019). Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan di Lembaga Pendidikan Formal Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak. An-Nisa, 12(1), 570–582. https://doi.org/10.30863/annisa.v12i1.452

Alauddin, F., & Haetami, Z. A. (2023). Pengaruh Media Sosial Dan Game Online Terhadap Akhlak Siswa Di Madrasah Aliyah Masyariqul Anwar Caringin. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).

Al-Hijazy, H. B. A. H. (2001). Alfikrut Tarbawy Inda Ibnu Qayyim, ter. Muzidi Hasbullah, Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim. Pustaka al-Kautsar.

Djazimi, M. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Provinsi Banten. Studia Didaktika, 10(02), 48–64.

Febriyani, A. R., Sunarto, S., & Thoifah, I. (2021). Pengaruh 4 Program Keagamaan Terhadap Akhlak Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 85–93.

Fitrialoka, I., & Rasyid, A. M. (2019). The Effect of Habit on Religious Activities on the Discipline of Middle School. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 2(3), 212–217.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. (2010). Multivariate Data Analysis (P. P. Hall, Ed.).

Imran, Y., & Kur’ani, N. (2022). Pengaruh konseling kelompok dengan media kartu terhadap pencegahan perilaku agresi di sekolah. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 10(2), 372. https://doi.org/10.29210/171800

Khoerunnisa. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Akhlak Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(10), 30–43.

Nazir., Moh. (2011). Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia.

Nurhadi, N., & Fitria, F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Spiritual terhadap Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Bangkinang Kota. Palapa, 8(1), 56–80. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.698

Riasning, N. P., Kade, L., & Made, Datrini I Putra, W. (2017). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi di kota denpasar. Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 9(1), 50–56.

Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357

Sukino, S. S., & Muttaqin, I. I. (2019). Penguatan Akhlak Mulia dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MTs Ma’arif Binjai Hulu Sintang (Perspektif Rekonstruksi Sosial). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 125–156. https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.125-156

Suluri, S. (2019). Pendidikan Islam Berwawasan Budaya. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 191–202. https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.191-202

Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494

Taufiqurrahman, F., & Susanti, R. (2023). Bacok Korban hingga Kritis, 2 Anggota Geng Motor di Cianjur Ditembak Polisi. https://bandung.kompas.com/read/2024/02/09/174100978/bacok-korban-hingga-kritis-2-anggota-geng-motor-di-cianjur-ditembak-polisi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.