Kurikulum Berbasis Kompetensi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KBK-KKNI) (Model Rekonstruksi Madin)

Abdurrahman Abdurrahman

Abstract


Attempts to match the profiles of graduate with the level of competence in accordance to KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/ Indonesian Qualification Framework) which is issued in 2012, raised a question how about  the competence of graduate from Madrasah Diniyah (Religious School).  With its large quantity, the position of  Madrasah Diniyah (Madin) is still on the sideline. This is due to its conventional approach and exclusiveness. Therefore, developing the potential of Madin institutionally through curriculum reconstruction is urgently needed. The writer found that the KBK KKNI can be the right instrument for this purpose, because the tracer study results are based on the profile of the profession which will directly give impact on institutional development.

References


Abdullah, Amin, “Integrasi Interkoneksi Keilmuan”, Makalah, disampaikan dalam Kuliah Umum dengan tema Pengembangan Pendidikan di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana UIN Maliki Malang, pada tanggal 3 Oktober 2013

Coward, Harold G., Pluralism: Challenge to World Religions, terj. Basco, Pluralisme: Tantangan bagi Agama-Agama, Jakarta: Kanisius, 1992.

Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kemenag RI, Analisis dan interpretasi Data pada Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah, dan TPQ tahun 2011 – 2012, Jakarta: Pendis, 2012

Fakih, Mansour, Jalan Lain, cetakan 1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002

Kromosudiro, Fauzi, “Konsep Dasar KKNI”, (Online), www.fauziep.com/konsep-dasar-kkni/, diakses pada 27 Desember 2013

Mudlofir, Ali, “Tafsir Tarbawi sebagai Paradigma Qur’ani dalam Reformulasi Pendidikan Islam”, Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, vol. 11 no. 2, November 2011

Penyelarasan Pendidikan dengan Dunia Kerja, “F.A.Q.”, (Online), www.penyelarasan.kemdiknas.go.id/home/faq.html, diakses pada 27 Desember 2013

Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Lembaran Negara Republik Indonesia nomor 24 tahun 2012.

Rahardjo, Mudjia, “Tantangan Sarjana PTAI menyongsong Priode Respiritualisasi Global”, Makalah, disampaikan pada Rapat Senat Terbuka Wisuda TA. 2013/2014 yang selenggaran oleh STAI Al-Qolam Gondanglegi, tanggal 7 Desember 2013

Ridwan, Achmad, “Menyelaraskan KBK dengan KKNI”, (Online), www.rasto.staf.upi.edu/2013/09/01/menyelaraskan-KBK-dengan-KKNI/, diakses pada 27 Desember 2013

Soetanto, Hendrawan, “Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam kaitannya dengan KKNI”, Makalah, disajikan pada Lokakarya Pengembangan Kurikulum PTAIS yang selenggaran oleh KOPERTAIS IV Surabaya, pada tanggal 11 November 2013

Tilaar, H.A.R., Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Bandung: Rineka Cipta, 2004

UNDP, Summary Human Development Report 2013. The Rise of the South: Human Progress in a Diverse World, New York: UNDP, 2013

World Economic Forum, The Global Competitiveness Report 2012–2013, Jenewa: World Economic Forum, 2012


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung, Phone (+62) 355 321513, Faximile (+62) 355 321656
e-mail: taallum@iain-tulungagung.ac.id  /  taallumftik@gmail.com
Website: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Ta'allum indexed by:

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2303-1891, e-ISSN: 2549-2926) by http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License