STUDI KRITIS PENDIDIKAN TOLERANSI DI INDONESIA
PDF

Keywords

education
tolerance
indonesia

How to Cite

Anwar, E. (2021). STUDI KRITIS PENDIDIKAN TOLERANSI DI INDONESIA. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 30-52. Retrieved from http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum/article/view/3656

Abstract

Indonesia. Pemetaan dalam pembahasan artikel ini meliputi tema-tema yang sering digunakan dalam penelitian sebelumnya dan implementasi pendidikan toleransi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif literature review dengan pendekatan Systematic Review. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Google Schoolar dengan memasukkan kata kunci “Pendidikan Toleransi” dan terbatas pada artikel yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir (2015-2020). Artikel tersebut kemudian diolah untuk memetakan tema-tema yang sering digunakan oleh peneliti sebelumnya. Kemudian dianalisis untuk mendapatkan gambaran tentang aspek fokus kajian, metode, dan model pelaksanaan pendidikan toleransi di Indonesia. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa penelitian dengan topik pendidikan toleransi telah banyak dilakukan di sekolah dan pesantren. Kajian lebih banyak dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan toleransi dengan pendidikan agama. Sementara itu, penguatan pendidikan toleransi dengan nasionalisme atau kebangsaan masih kecil. Selain itu, topik pendidikan toleransi di masyarakat belum terlalu banyak dipelajari. Sementara itu, pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah, pondok pesantren dan masyarakat dilakukan dengan menggunakan empat pendekatan. Pertama, integrasi pendidikan toleransi dengan pendidikan multikultural. Kedua, integrasi pendidikan toleransi dengan Pendidikan Agama Islam. Ketiga, integrasi pendidikan toleransi dengan pembelajaran. Keempat, suri tauladan kyai.

 

Kata Kunci : Pendidikan, Toleransi, Indonesia

PDF

References

Abdurrahman. “Membangun Sosiologi Inklusif dalam Praktek Pembelajaran(Studi Pendidikan Toleransi Dengan Penerapan Permainan Dadu Pintar Pada Pembelajaran Sosiologi Siswa).” Jurnal Educatio 10, no. 2 (2015): 214–32.

Amir, Hasan Baharun, dan Lina Nur Aini. “Penguatan Pendidikan Aswaja an-Nahdliyah Untuk Memperkokoh Sikap Toleransi.” Jurnal Islam Nusantara 04, no. 02 (2020): 189–202.

Dianita, Gita, Endis Firdaus, dan Saepul Anwar. “Implementasi Pendidikan Toleransi di Sekolah: Sebuah Kearifan Lokal di Sekolah Nahdlatul Ulama.” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 5, no. 2 (2018): 162.

Digdoyo, Eko. “Kajian Isu Toleransi Beragama, Budaya, Dan Tanggung Jawab Sosial Media.” Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 3, no. 1 (2018): 42–59.

E. Chols, Jhon, dan Hasan Sadhily. Kamus Bahasa Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2005.

Faidi, Ahmad. “Pendidikan Toleransi Terhadap Remaja Muslim dan Kristen di Salatiga (Studi Terhadap Perayaan Halal Bihalal dan Natal Bersama di Desa Pengilon Mangunsari Sidomukti Kota Salatiga).” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 12, no. 02 (2020): 134–50.

Hadisaputra, Prosmala, dan Baiq Rofiqoh Amalia Syah. “Tolerance Education in Indonesia : A Literature Review.” Dialog 43, no. 01 (2020): 75–88.

Maksum, Ali. “Model Pendidikan Toleransi di Pesantren Modern dan Salaf.” Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3, 2015.

Misrawi, Zuhairi. Al-Quran Kitab Toleransi: Inklusifisme, Pluralisme, dan Multikulturalisme. Jakarta: Fitrah, 2007.

Mumin, U. Abdullah. “Pendidikan Toleransi Perspektif Pendidikan Agama Islam (Telaah Muatan Pendekatan Pembelajaran di Sekolah).” Al-Afkar: Journal for Islamic Studies 1, no. 2 (2018).

Qomar, Mujamil. Pendidikan Islam Prospektif. Tulungagung: IAIN Tulungagung Press, 2017.

Rahman, Kholilur. “Strategi Pengembangan Toleransi dan Pluralisme dalam Pendidikan Pesantren.” HIKMAH 12, no. 1 (2016): 107.

Ratna, Nyoman Kutha. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. 2018 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.

Saefudin, Ahmad, dan Ayu Widyawati. “Pola Asuh Inklusif Keluarga Seagama dan Beda Agama: Sebuah Model Pendidikan Toleransi Di Desa Bondo Jepara.” NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam 16, no. 2 (28 November 2019): 131.

Syafril, dan Zelhendri Zen. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Prenada Media, 2019.

Wahid Foundation. “Potensi Intoleransi dan Radikalisme Sosial-Keagamaan di Kalangan Muslim Indonesia.” Wahid Institute, 2016. https://wahidfoundation.org/index.php/publication/detail/Hasil-Survei-Nasional-2016-Wahid-Foundation-LSI.

Warsah, Idi. “Pendidikan Keluarga Muslim di Tengah Masyarakat Multi-Agama: Antara Sikap Keagamaan dan Toleransi (Studi di Desa Suro Bali Kepahiang Bengkulu).” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 1 (2018): 1–23.

Willya, Evra, Prasetyo Rumondor, dan Busran. Senarai Penelitian: Islam Kontemporer Tinjauan Multikultural. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Yahya, A S. Ngaji Toleransi. PT Elex Media Komputindo, 2017.

Zuhry, Ach. Dhofir. Peradaban Sarung. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2018.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.