Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa kelas XI melalui model Problem Based Learning (PBL) pada materi "Memahami Pelaksanaan Khutbah, Dakwah, dan Tabligh" pada siswa SMKN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMKN 1 Rejotangan sebanyak 17 siswa. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Data hasil belajar kognitif dalam penelitian ini diperoleh dari nilai tes akhir siklus. Sedangkan data hasil belajar psikomotorik diperoleh dari observasi pada saat pembelajaran PAI berlangsung. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model PBL memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan prestasi ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I nilai rata-rata 67,06 aau tingkat ketuntasan 29,41%, siklus II nilai rata-rata 73,82 atau ketuntasan 76,47%, siklus III nilai rata-rata 87,65 atau tingkat ketuntasan 100,00%.
References
Arends, Richard I., and Ann Kilcher. 2010. “Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher.” Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher: 1–427.
Arends, Richard I. 2008. “Learning to Teach:(Terjemahan Helly Prajitno S. Dan Sri MS).” Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Gunawan, Tri. 2023. “Problem Based Learning Supported by Flipped Classroom Approach to Enhance Collaborative Skills of Grade X-7 Students at SMAN 1 Kasihan.” JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 10(02): 143–57. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.61999.
Joyce, Bruce R & Marsha Weil. 2015. Models of Teaching. 9th ed. London: Pearson Education, Inc.
Kemmis, Stephen, and Robin McTaggart. 1988. “The Action Research Planner Victoria.” Australia: Deakin University.
Permendiknas. 2007. “Permendiknas No 16 Tahun 2007.” вы12у(235): 245. https://peraturan.bpk.go.id/Details/216104/permendikbud-no-16-tahun-2007.
Rahman, Abd, and Hery Nugroho. 2019. “Menebarkan Islam Dengan Santun Dan Damai Melalui Khutbah, Dakwah Dan Tabligh.” Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA/SMK: 131–69. https://cendikia.kemenag.go.id/storage/uploads/file_path/file_15-10-2020_5f88723dea9ba.pdf.
Sinaga, Mahmud Qazzan Zaki, Afrahul Fadhila Daulay, and Zaini Dahlan. 2023. “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Qur’an Hadits Melalui Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Siswa MAN 1 Medan.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 11(2): 278–311.
Siregar, Eveline, Hartini Nara, and Asep Jamludin. 2010. “Teori Belajar Dan Pembelajaran.”
Sudjana, Nana. 2010. “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.”
Suhartini, Suhartini, Sri Milfayetty, and Arif Rahman. 2021. “The Effect of Teacher Professionalism and Competency on the Quality of Education in the City of Langsa.” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences 4(2): 2271–76.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.