Abstract
Penting bagi seorang guru untuk mentaati kode etik agar dapat menjaga profesionalitasnya. Banyak tokoh pendidikan yang mengemukakan pendapatnya tentang kode etik guru, diantaranya adalah Rahmah EL Yunusiyyah dan Imam Al Ghazali. Rahmah dan Al Ghazali memiliki pandangan yang berbeda tentang kode etik guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengomparasikan dan menganalisis kode etik guru Pendidikan Agama Islam perspektif Rahmah dan Al Ghazali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian pustaka. Hasil komparasi kode etik guru PAI perspektif Rahmah dan Al Ghazali yang pertama, sikap sabar; kedua, perilaku guru; ketiga; kepemimpinan guru; keempat, akhlak yang harus dimiliki guru; kelima, perhatian guru terhadap siswa; keenam, memiliki nilai taqwa kepada Allah Swt. Kesimpulannya adalah penulis menjumpai banyak kesamaan antara pandangan Rahmah dan Al Ghazali. Secara umum prespektif keduanya memiliki kemiripan. Akan tetapi keduanya memiliki rincian yang berbeda.
References
Adib, M. A. (2022). Rahmah El Yunusiyah: Konsep Pendidikan Agama Islam dan Relevansinya di Abad-21. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 21(2), 99–112. https://doi.org/10.24014/af.v21i2.19407
Akh Syaiful Rijal, & Hakim, L. (2021). Etika Tasawuf Guru: Studi Pemikiran Imam al-Ghazali dan Syekh Muhammad Amin al-Kurdi. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 127–140. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4351
Al-Ghazali. (2011). Ihya’ ’Ulumiddin 1 (Ilmu dan Keyakinan). Republika Penerbit.
Al Ghazali. (2022). Terjemah Kitab Bidayatul Hidayah (A. Wahyuningrum (ed.); S. Ilham & A. Kholil (trans.)). Manba’ul Huda Publisher.
Azis, A., Husna, J., & Waharjani. (2022). Nilai-Nilai Profetik Seputar Etika Pendidik Dalam Pembelajaran Menurut Yusuf Al-Qardhawi. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 220–248. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.220-248
Azis, R. (2019). Hakikat & Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 292–300. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.11302
Bakhruddin, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Era Pandemi Dan Problematikanya. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(2), 178–189. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling
Busthomi, Y. (2020). Sepuluh Faktor agar Menjadi Guru yang Dicintai oleh Siswanya. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–54. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.75
Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. In Banyumas : CV. Pena Persada.
Hayumuti, & Hidayat, M. C. (2019). Kendala Implementasi Etika Moral dan Akhlak (Sebuah Kajian Teoritis). Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 165–170. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i2.569
Hidayat, R., M, S., & Maulida, A. (2018). Peran Guru PAI-BP Dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 146–157. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v1i1B.331
Jufni, M., Saputra, S., & Azwir. (2020). Kode Etik Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 8(4), 575–580. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jsa.v8i4.2263
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah, (2010). https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/pma_16_10.pdf
Lestari, C. D., Fariq, W. M., & Darwis, M. (2024). Keutamaan Guru dalam Pendidikan Islam Surah Ali ’Imran Ayat 18; Kajian Tafsir Nawawi. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 97–124. https://doi.org/10.21274/taalum.2024.12.1.97-124
Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045
Mitra, Maya, R., & Yasyakur, M. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Religius pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(1), 95–104. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/143
Nata, A. (2021). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam (Tarmizi & Saifuddin (eds.); 1st ed.). Amzah.
Nor Hashimah Jalaluddin, Sarudin, A., & Ahmad, Z. (2012). Peluasan Makna Alim : Analisis Semantik Kognitif The Meaning Expansion Of Alim : A Cognitive Semantic Approach. GEMA Online Journal of Language Studies, 12(May), 457–473.
Nurfuadi, Khasanah, E. U., & Fian, K. (2022). Nilai-Nilai Kepribadian Guru Dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 43–55. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.43-55
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. 14, 50 (2005).
Puspitasari, R., & Safriadi. (2024). Kode Etik Profesi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan di Era Society 5.0. Intelektualita, 13(1), 81–96. https://doi.org/10.22373/ji.v13i1.20915
Rohmad, M. A. (2020). Wibawa Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius. Seminar Nasinoal Agama Islam 2019 “Pendidikan Agama Islam Dan Penguatan Karakter Relligus Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” 82–89.
Romadhoni, R., Bakhruddin, M., & Mulyono, N. (2023). Implementasi Karakter Religious dalam Kegiatan Keagamaan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 162–173. https://doi.org/10.25299/AL-THARIQAH.2023.VOL8(1).12115
Sarjana, S., & Khayati, N. (2016). Pengaruh Etika, Perilaku, Dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 379–393. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.450
Sugiantoro, H. (2021). Rahmah El-Yunusiyyah Dalam Arus Sejarah Indonesia (T. Bima Purnamasidi (ed.)). Matapadi Pressindo.
Usman Sutisna. (2016). Pengaruh Kewibawaan Guru Pai Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk Al Kautsar. Ilmiah Kependidikan, 3(2), 123–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v3i2.783
Yusuf, B. (2021). Al - Ghazali (Argumentasi Islam) (Supriyadi (ed.)). Qudsi Media.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.