Abstract
Era disrupsi, yang ditandai dengan perubahan cepat dalam teknologi, budaya, dan sosial, juga memiliki dampak signifikan pada pondok pesantren. meskipun berbasis pada tradisi, pesantren memiliki potensi untuk bertahan dan bahkan berkembang pada era disrupsi salahsatunya adalah dengan melakukan transformasi kurikulum dan sistem pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pondok pesantren yang melakukan tranformasi kurikulum dan sistem pembelajaran di era disrupsi. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif untuk memahami dan menjelaskan fenomena sosial, budaya, atau perilaku dari perspektif yang mendalam dan komprehensif. Metode ini fokus pada menggambarkan dan memahami makna di balik data yang dikumpulkan, tanpa berusaha untuk mengukur atau menguji hipotesis secara statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa transformasi yang dilakukan pondok pesantren salaf dianaranya penyusunan visi dan misi serta standar lulusan, penyusunan program dan standar lulusan, menambah muatan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman, dan menyusun jadwal harian dan kegiatan secara rinci dan teratur.
References
Ahmad Mutohar, Nurul Anam. (2013). Manifesto modernisasi pendidikan Islam dan pesantren. Pustaka Pelajar dan STAIN Jember Press.
Ahmad Taufiq, Realino May Adiwibowo, & Ahdiat M. Wijaya. (2021). Transformasi Pendidikan di Pesantren: Berkompetisi dengan Dunia Modern. CV. Padi Media.
Alam, M., & Maulana, F. (2021). Manajemen Kurikulum Pesantren Salaf Darul Falah “Amtsilati” Jepara. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(02), 199–220. https://doi.org/10.37542/iq.v4i02.244
Amin Abdullah & Solekan Katon. (2019). Kreativitas Pendidikan Pesantren: Menuju Pesantren Entrepreneurial. IDEA Press.
Amirudin, J., & Rohimah, E. (2020). Implementasi Kurikulum Pesantren Salafi dan Pesantren Modern Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca dan Memahami Kitab Kuning. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 268. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.908
Anas, A. I. (2012). KURIKULUM DAN METODOLOGI PEMBELAJARAN PESANTREN. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 29. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.400
Anwar, H. A., & Maman, M. (2023). KURIKULUM DAN SISTEM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN SALAF. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 4(2), 521–531. https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.655
Arwani, A., & Masrur, M. (2022). Pengembangan kemandirian ekonomi pondok pesantren. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2755–2764.
Astuti, S. A. (2019). TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI PESANTREN PADA ABAD 2. 03.
Basri, H. (2017). EKSISTENSI PESANTREN: ANTARA KULTIVASI TRADISI DAN TRANSFORMASI EDUKASI. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 313. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2367
Bisri, H. (2019). Eksistensi dan Transformasi Pesantren Dalam Membangun Nasionalisme Bangsa. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 106–121. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v4i2.362
Dhofier, Z. (1994). Tradisi pesantren: Studi tentang pandangan hidup kyai. LP3ES.
Hanafi, M. S. (2018). BUDAYA PESANTREN SALAFI. ALQALAM, 35(1), 103. https://doi.org/10.32678/alqalam.v35i1.382
Junaidi, K. (2017). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren di Indonesia (Suatu Kajian Sistem Kurikulum di Pondok Pesantren Lirboyo). Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 95. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i1.364
Kadi, K. (2017). Kesinambungan dan Perubahan Tradisi Salaf dalam Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 117–141. https://doi.org/10.15642/islamica.2017.12.1.22-46
Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Sahara, E. E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.337
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Miles, M. B., Huberman, & A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Muiz, M. N. A., Tulungagung, I., & Timur, J. M. S. (2017). REKONSTRUKSI PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Komparatif Pemikiran Abdurrahman Wahid dan Nurcholis Madjid). 9(1).
Nisa, K., & Chotimah, C. (2020). PENGEMBANGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN. 6(1).
Nugraha, G. A., Baidi, B., & Bakri, S. (2021). Transformasi Manajemen Fasilitas Pendidikan Pada Era Disrupsi Teknologi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2621
Prayoga, A., & Rusdiana, A. (2020). KARAKTERISTIK PROGRAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN. 2(1).
Rahman, A. (2020). Dinamika Tradisi Pendidikan Salaf Pesantren Lirboyo Kediri di Tengah Arus Modernisasi. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 48–60. https://doi.org/10.38073/jpi.v9i1.232
Rahmawati, F. (2018). Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1752
Rizal, A. S. (2011). TRANSFORMASI CORAK EDUKASI DALAM SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN, DARI POLA TRADISI KE POLA MODERN. 9(2).
Rohmani, Abd. H. (2017). Transformasi Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren Sidogiri. FIKROTUNA, 6(2). https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3100
Saiful Akbar. (2012). Reformasi Pendidikan Pesantren: Transformasi dan Perubahan. Rajawali Pers.
Setiawan, E. (2013). MODERNISASI POLA SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Kasus Pondok Pesantren Modern Daarul Fikri Mulyoagung Dau Malang). ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 14(2), 176. https://doi.org/10.18860/ua.v14i2.2656
Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097
Zakaria, G. A. N. (2010). Pondok Pesantren: Changes and Its Future.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.