Keutamaan Guru dalam Pendidikan Islam Surah Ali 'Imran Ayat 18; Kajian Tafsir Nawawi
pdf

Keywords

Guru, Pendidikan Islam, Ali ‘Imran, Tafsir, Nawawi

How to Cite

Lestari, C., Fariq, W., & Darwis, M. (2024). Keutamaan Guru dalam Pendidikan Islam Surah Ali ’Imran Ayat 18; Kajian Tafsir Nawawi. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 97-124. https://doi.org/10.21274/taalum.2024.12.1.97-124

Abstract

Krisis moralitas banyak terjadi dikalangan pelajar. Salah satu indikator penyebabnya adalah lemahnya pegangan terhadap agama dan juga kegagalan dari dunia pendidikan terutama guru. Banyak guru yang lupa akan tanggung jawabnya bahkan tidak mengetahui akan keistimewaan derajat keutamaan seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa keutamaan guru dalam pendidikan Islam surah Ali ‘Imran ayat 18; kajian tafsir Nawawi dan relevansinya dengan UU RI No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Adapun penelitian ini bersifat kepustakaan (Library Research) yaitu kajian pustaka yang mengambil data-data tertulis dari berbagai literatur yang terdapat di dalam perpustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan mencari informasi, menelaah buku, jurnal, atau lainnya yang berkaitan dengan skripsi ini. Kemudian di analisis menggunakan teknik analisis isi (Content Analysis), hermeneutik objektif, dan metode maudhu’i. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga keutamaan yang terdapat dalam tafsir An-Nawawi pada surah Ali ‘Imran ayat 18 yaitu (1) Guru adalah orang yang paham dengan ilmu tauhid; (2) Ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT; (3) Dijamin oleh Allah tentang keadilannya. Adapun ketiga keutamaan tersebut memiliki relevansi dengan Undang-Undang RI nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

https://doi.org/10.21274/taalum.2024.12.1.97-124
pdf

References

Al-Bantani, N. (1997). Marah Labid Li Kasyfi Ma’na Al-Qur’an Al-Majid (JILID 1). Bairut: Darul Kutub Al-‘Ilmiyah.

Al-Bantani, N. (1998). Tanqihul Qaulil Hatsits Fi Syarhi Libabul Hadis: Bab Keutamaan Ilmu dan Para Ulama. Semarang: Toha Putra.

Alghazali, I. (1957). Ihya’ ‘Ulumuddin JUZ 1. Mesir: Darul Ihya’ Kitabul ‘Arabiyah.

Almubarok, F. (2018). Keadilan dalam Perspektif Islam. Journal ISTIGHNA, 1(2), 115–143. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.6

Alu Syaikh, A. bin M. bin A. bin I. (2017). Tafsir ibnu katsir jilid 2. Jakarta: Pustaka Imam As-Syafii.

Ansharullah. (2021). Tauhid Sebuah Pengantar. Kalimantan Selatan: Lembaga Pemberdayaan Kualitas Ummat (LPKU.

Ardian, A., & Munadi, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 454–466. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843

Az-Zarnuji. (2020). Ta’limul Muta’allim. Kediri: Pesantren Falal ‘Ulum.

Budiyanti, N., Rizal, A. S., & Sumarna, E. (2016). Implikasi Konsep lll ’Ilmi dalam Al-Qur. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 51–75.

Darmawati, S. H. (2015). Revitalisasi Pendidikan Karakter bagi Guru dan Siswa dengan Penerapan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SMP 32 OKU. Prosiding Seminar Nasional, 114–119.

Drajat, M., & Effendi, R. (2017). Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Efferi, A. (2015). Model Pendidikan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Quality, 3(2), 237–256.

Fahrudin, A. (2020). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian: Kompetensi dan Strategi Jitu Riset Peneliti (1st ed.). Tulungagung: UIN SATU PRESS.

Fajriana, A. W., & Aliyah, M. A. (2019). Tantangan Guru dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 246–265. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.324

Fauzi, I. (2017). Dinamika Kekerasan Antara Guru dan Siswa Studi Fenomenologi Tentang Resistensi Antara Perlindungan Guru dan Perlindungan ANak. TARBIYATUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 40–69.

Hajar, I. (2018). Corak Pemikiran Kalam Syekh Nawawi Al-Bantani. Tangerang Selatan: Cinta Buku Media.

Katsir, I. (2008). Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim, Jili2. Jakarta: Gema Insani.

Kusdaryani, W., Purnamasari, I., & Damayani, A. T. (2016). Penguatan Kultur Sekolah untuk Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1), 125–133. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8383

Mochammad, I. (2019). Dekadensi moral di kalangan pelajar (revitalisasi strategi PAI dalam menumbuhkan moralitas generasi bangsa). Edukasia Islamika, 1(1), 1–20.

Nizar, S., & Efendi, Z. (2020). Filsafat Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Pendidikan Ideal. Jakarta: Kencana.

Noer, A., Tambak, S., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181–208. https://doi.org/10.25299/AL-HIKMAH:JAIP.2017.VOL14(2).1028

Nurchamidah, N., Azizah, N., Syafaruddin, B., Hamsah, M., & Rosyad, A. M. (2023). Profesionalisme Guru Dalam Perspektif Al-Quran Tafsir Surat Ali Imran Ayat 164. Jurnal Progress: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 11(2), 149–162. https://doi.org/10.31942/pgrs.v11i2.9852

Pasaribu, R. (2019). Pemikiran Imam Nawawi Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Pransiska, T. (2018). Pendidikan Islam Transformatif Syeikh Nawawi Al-Bantani: Upaya Mewujudkan Generasi Religius-Saintifik. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA, 18(2), 172–188. https://doi.org/10.22373/JID.V18I2.3241

Qs, A., Imran, A., & Widianingrum, I. D. (2021). Konsep Keadilan bagi Penuntut Ilmu. : : Journal Islamic Pedagogia, 1(1), 27–34.

Ramadan, W. A. (2018). Etika Guru menurut Imam Nawawi dan Relevansinya dengan UU RI No. 14 Th. 2005. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Republik Indonesia, P. (2005). UU 14-2005 Guru dan Dosen.pdf. Produk Hukum, p. 17. Retrieved from https://jdih.usu.ac.id

Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23–46. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Sugiarti, I., & Roqib, M. (2021). Diseminasi Pendidikan Moderasi Islam Pada Mahasiswa: Strategi Menangkal Radikalisme di Perguruan Tinggi Umum (The Dissemination of Moderate Islamic Education to Students: Strategies to Counter Radicalism in Public University). Potret Pemikiran, 25(2), 119–139. https://doi.org/10.30984/PP.V25I2.1471

Tenri Faradiba, A., & Royanto, L. R. (2018). Disiplin, Karakter Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Sains Psikologi, 7(1), 93–98. https://doi.org/10.17977/UM023V7I12018P93-98

Tim Kemenag RI. (2006). Qur’an Kemenag. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, 2006.

Yusuf, K. M. (2011). Tafsir Tarbawi. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.