Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Qur’an Hadits melalui Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Siswa MAN 1 Medan
pdf

Keywords

Model Project Based Learning (PjBL), Disiplin Belajar, Hasil Belajar.

How to Cite

Sinaga, M. Q., Daulay, A., & Dahlan, Z. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Qur’an Hadits melalui Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Siswa MAN 1 Medan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 278-311. https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.2.278-311

Abstract

Rendahnya hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam membutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran di kelas. Hal ini menjadikan peneliti tertarik mengkaji rendahnya hasil belajar di MAN 1 Medan, dengan menggunakan inovasi baru dalam pembelajaran di kelas yaitu model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Medan.Populasi berjumlah 250 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 70 siswa. Yaitu 35 siswa pada kelas XI IPA 7 yang akan di ajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan 35 orang pada siswa kelas XI IPA 10 yang akan di ajar menggunakan Model pembelajaran Example non exampl. Tes konsep diri dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki konsep diri tinggi dan siswa yang memiliki konsep diri rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Penelitian Menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh pembelajaran Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI IPA MAN Medan.  Dalam hal ini hasil belajar Al-Qur’an Hadis dengan pembelajaran Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) lebih tinggi dari hasil Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan yang di ajarakan dengan example non example. Hal ini juga terlihat dari rata-rata Disiplin Belajar pada kelas dengan perlakuan pembelajaran Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) ( =86,7429) lebih tinggi dari rata-rata perlakuan pembelajaran siswa Kelas XI IPA MAN 1 Medan yang diajarkan dengan perlakuan Pembelajaran Example non example ( =81,2286). (2) Terdapat pengaruh Disiplin belajar Terhadap Hasil Belajar Qur’an Hadits Melalui Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Siswa MAN 1 Medan.  Dalam hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI dengan motivasi belajar tinggi ( =87,60) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan dengan motivasi belajar rendah  ( = 85,60). (3) Terdapat interaksi antara  pembelajaran dan disiplin belajar Al-Qur’an Hadis siswa XI IPA MAN 1 Medan. Berdasarkan Interaksi nilai Berdasarkan Interaksi nilai F = 0, 376  di dapat nilai signifikan. (2-tailed) sebesar 0,002 berarti lebih kecil dari α 0,05, maka Ho di tolak. Berarti ada interaksi antara  penggunaan perlakuan pembelajaran dan Disiplin belajar.

https://doi.org/10.21274/taalum.2023.11.2.278-311
pdf

References

Amalia, H. (2019). Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 150–173. https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/160

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Dirgantara dan Sinta. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Di Sekolah Dasar Alam Jingga. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, 24, 107–114.

Fitriana, A. (2021). Analisis Penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) Bagi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(1), 117–128. https://doi.org/10.47766/ITQAN.V12I1.55

Harun, A., Asyiah, N., Wijaya Kuswanto, C., Iqbal, A. H., & Diadara, N. (2021). Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 349–359.

Isa, Z. C., & Azid, N. (2021). Embracing TVET education: The effectiveness of project based learning on secondary school students’ achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(3), 1072–1079. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I3.21392

Jones, R., Petrie, J., & Murrell, A. (2018). Measuring Impact While Making a Difference: A Financial Literacy Service-Learning Project as Participatory Action Research. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.

Nursalam, F. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X Di SMK PGRI4 Bandar Lampun. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidi- kan Agama Islam. Didaktika, 9(1), 77–97.

Ratnawati, D., & Abidin, A. Z. (2019). Implementasi Konsep Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Isra’ AYAT 70. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 337–357. https://doi.org/10.21274/TAALUM.2019.7.2.337-357

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49–58. https://doi.org/10.37680/QALAMUNA.V12I01.214

Zulkifli, Y., Hubungan Guru, P., & Murid, D. (2022). Pola Hubungan Guru dan Murid dalam Kitab Ta’lim Al Muta’llim. Jurnal Ikhtibar Nusantara, 1(1), 41–67.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.