Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak inovasi kurikulum melalui kegiatan kemah dakwah dalam meningkatkan akhlak siswa di MAN 1 Ciamis. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus di MAN 1 Ciamis, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemah dakwah memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman agama, perubahan perilaku positif, dan memperkuat identitas keislaman siswa. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat hubungan guru-siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Kesimpulannya, inovasi kurikulum melalui kegiatan kemah dakwah di MAN 1 Ciamis memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan akhlak siswa dan memiliki implikasi penting untuk pengembangan kurikulum serupa di lembaga pendidikan lainnya
References
Abidin, A. M. (2019). Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan di Lembaga Pendidikan Formal Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak. An-Nisa, 12(1), 570–582. https://doi.org/10.30863/annisa.v12i1.452
Amiruddin, A. (2021). Urgensi Pendidikan Akhlak: Tinjauan Atas Nilai Dan Metode Perspektif Islam Di Era Disrupsi. Journal of Islamic Education Policy, 6(1), 1–19. https://doi.org/10.30984/jiep.v6i1.1474
Dwi Rahmawati, A. (2019). Pendidikan Islam Kreatif Era Industri 4.0 Perspektif Abuddin Nata. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–24. https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.1-24
Fadhilah, R., & Musthofa, T. (2022). Implementasi teori psikologi (ekologi) bronfrenbenner pada pendidikan keluarga q. S at-tahrim (66): 6. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–19. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.1-19
Fariq, W. M. (2022). Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Muhammad ‘Abid Al-Jabiri. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 160–190. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.2.160-190
Febriyani, A. R., Sunarto, S., & Thoifah, I. (2021). Pengaruh 4 Program Keagamaan Terhadap Akhlak Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 85–93.
Haris, M. (2017). Agama dan Keberagamaan: Sebuah Klarifikasi Untuk Empati. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 9(2), 523–544.
Maryati, S. (2020). Inovasi Kurikulum berdasarkan Komponen Kurikulum Strategi dan Evaluasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 51–66.
Muhammad, G., Eq, N. A., & Suhartini, A. (2021). The Moral Concept of Tasawuf in the Process of Islamic Education. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 228–236. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.7891
Mustofa. (2014). Akhlak Tasawuf. Pustaka Setia.
Raihani. (2021). Kegiatan keagamaan dalam pembentukan akhlakul karimah siswa madrasah aliyah hidayatullah kecamatan tabunganen kabupaten barito kuala. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1).
Rosadi, A. (2019). Pengaruh Perilaku Terpuji Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP NU Shofiyatul Huda Sukaresmi. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(2), 31–42. https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2933
Suryosubroto, B. (2003). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.
Tintingon, J. Y., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Problematika dan Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 798–809. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5088

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.