Implementation of Prophetic Values in Educational Institutions in Improving the Morality of Students in the Era of Digitalization
pdf

Keywords

Nilai-nilai kenabian, moralitas, digitalisasi

How to Cite

Fahrudin, A., & Arif, M. (2024). Implementation of Prophetic Values in Educational Institutions in Improving the Morality of Students in the Era of Digitalization. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 24-56. https://doi.org/10.21274/taalum.2024.12.1.24-56

Abstract

Nilai profetik merupakan nilai yang dapat dijadikan pijakan dalam segala aktivitas seluruh umat manusia, khususnya dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu penanaman nilai-nilai kenabian pada peserta didik di lembaga pendidikan Islam merupakan suatu keniscayaan di era sekarang (era digital), era sekarang menjadi tantangan bagi generasi muda khususnya peserta didik yang masih aktif belajar, dimana pemanfaatan media online sangat masif dan aktif, sehingga perlu ditanamkan nilai-nilai kenabian agar perilaku dan akhlaknya sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan di lembaga pendidikan. Berdasarkan hal tersebut di atas, penelitian ini menghasilkan pembiasaan nilai-nilai kenabian baik MTs Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng maupun MTsN 4 Jombang yaitu akhlaqul karimah, keta'dhiman, ketawadhuan, olah pikir dan integritas serta nilai pesantren sebagai nilai sentral. Sedangkan implementasi nilai-nilai kenabian dilakukan melalui berbagai kegiatan pembinaan, pengajaran, furudhul ainiyah, diniyah, dan gerakan ekstrakurikuler sebagai bentuk penanaman nilai-nilai kenabian pada peserta didik serta implikasi pembiasaan dan implementasinya dapat menumbuhkan sikap dan perilaku yang selalu menjunjung tinggi nilai moral siswa di era digitalisasi ini, sikap dan perilaku dapat ditunjukkan oleh siswa baik itu sendiri, pergaulan maupun penggunaan media online.

https://doi.org/10.21274/taalum.2024.12.1.24-56
pdf

References

Abubakar, Asnandar. (2018). “Integritas Siswa Di Papua Barat.” EDUCANDUM 4, no. 1: 46–62.

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam. (2010) “Paradigma Humanisme Teosentris.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al-Ghozali, Imam. (1995). Ihya Ulumudin, Jilid III, Ter. Muh Zuhri. Semarang: CV. As-Syifa.

Al-Hasan, Yusuf Muhammad. (1997) “Pendidikan Anak Dalam Islam.” Terjemahan Muhammad Yusuf Harun, Yayasan Al Sofwa, Jakarta.

Ansoff, Igor. (1990). Implementing Stretegic Management. New York: Prentice Hall Inc,

Anugraheni, Indri, Firosalia Kristin, and Gamaliel Septian Airlanda. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berasis Olah Pikir Di Sekolah Dasar.” INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1: 33–39.

Arief, Armai. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Pers, 2002.

Arif, Moh. (20 19. Implementasi Kepmimpinan Profetik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Tulungagung: Pascasarjan IAIN Tulungagung.

Arifin. (2006). “Budaya Mutu Sekolah Dalam Mewujdukan Pendidikan Karakter, Disertasi.” UNM, 2018.

Atha’illah, Syekh Ahmad Ibnu, and Syekh Ahmad. “Al-Hikam: Menyelam Ke Samudera Ma’rifat Dan Hakekat.” Surabaya: Penerbit Amelia.

Ato, M. (2021). “Implementasi Sikap Ta’dzim Santri Pondok Pesantren Al Mas’udiyyah Blater Bandungan Tahun 2020.” Iain Salatiga

Barr, David, John Harrison, and Leslie Conery. (2011). “Computational Thinking: A Digital Age Skill for Everyone.” Learning & Leading with Technology 38, no. 6: 20–23.

Bastaman, Hanna Djumhanna. (1997) Integrasi Psikologi Dengan Islam Menuju Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daradjat, Zakiah. (1989). Peranan Agama Dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

Direktorat Pendidikan Keagamaan & Pondok Pesantren Dirjen Kelembagaan Agama. (2003). “Pedoman Penyelenggaraan Dan Pembinaan Madrasah Diniyah.” Jakarta: Departemen Agama RI.

Hilmy, Masdar. (2019). “Kepemimpinan Modern Berbasis Karakter Pesantren.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 7, no. 2 (December 2019): 89–106.

Izzan, H Ahmad, and S Saehudin. (2012). Tafsir Pendidkan: Studi Ayat-Ayat Berdimensi Pendidikan. Pustaka Aufa Media.

Kholik, Moh, and Muhammad Ramadhan. (2020). “Pembentukkan Nilai Ketawadhu’an Santri Melalui Penyebaran Stiker UW: Di Pondok Pesantren Putra Al Urwatul Wutsqo Jombang.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 9, no. 2: 197–212.

Kusumastuti, Frida, Santi Indra Astuti, Yanti Dwi Astuti, Mario Antonius Birowo, Lisa Esti Puji Hartanti, Ni Made Ras Amanda, and Novi Kurnia. (2021). “Modul Etis Bermedia Digital,”.

Liliweri, Alo. (2010). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana.

Lubis, M Solly, and Lukman Hakiem. (1997). Umat Islam Dalam Globalisasi. Gema Insani Press.

Mahmudi, Ali. (2014). “Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA NU TBS Kudus.” Semarang: UIN Walisongo. Disertasi tidak diterbitkan.

Marzuki, Muhammad. (2015). “Pendidikan Karakter Islam.” Jakarta: Amzah.

Muhajarah, Kurnia. “Konsep Doa: Studi Komparasi Konsep Do’a Menurut M. Quraish Shihab Dan Yunan Nasution. (2016). Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Hikmatuna 2, no. 2.

Musfah, Jejen. (2017). Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Prenada Media,.

Nuryadin. (2012). “Strategi Pendidikan Islam Di Era Digital.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3, no. 1: 209–26.

Purnama, Herwulan Irine. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Literasi Dasar. Yudha English Gallery.

Robiah, Nurur. “Penerapan Sikap Tawadhu’dan Perilaku Mandiri Pada Santri Di Pondok Pesantren Al-Manar Bener Tengaran Semarang Tahun 2021,” 2021.

Setiawan, Adib Rifqi, and Whasfi Velasufah. “Nilai Pesantren Sebagai Dasar Pendidikan Karakter.” Pelantan, no. September (2019): 1–8.

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Sukmawati, E. (2023). Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Era Disrupsi Berbasis Pendidikan Agama Islam. Journal of Education Research, 4(4), 2250–2257.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Thomas, Gordon. (1996). “Mengajar Anak Berdisiplin Diri Di Rumah Dan Di Sekolah.” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tim Penyusun Pengembangan GERAMM Provinsi Jatim. (2019). Buku Panduan Khusus Gerakan Ayo Membangun Madrasah. Jawa Timur: Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

Tobroni. (2010.). Meraih Kekokohan Spiritualitas Menggapai Keberhasilan Kepemimpinan: The Spiritual Leadership Pengefektifan Organisasi Noble Industry Melalui Prinsip-Prinsip Spiritual Etis. Malang: UMM Press.,

Wiyani, Novan Ardy. (2013), “Membumikan Pendidikan Karakter Di SD; Konsep, Praktik Dan Strategi.” Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.