Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI

Moh. Arif

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan format pengembangan intrumen penilaian keterampilan proses sains SD yang masih menjadi problematika untuk menentukan pengembangan instrumen. Di samping itu, artikel ini ditulis untuk mengetahui karakteristik dan beberpa prosedur pelaksanaan penilaian proses sains SD dengan memberikan format pengembangan instrumen penialaian proses sains yang meliputi penyusunan rencana penelitian, penyusunan kisi-kisi, pembuatan soal sampai pada penganalisian butir soal. Konsep dasar penilaian yang perlu ditekankan adalah keefektivan instrumen penilaian, yang terdiri dari tiga unsur utama yakni valid (validity), reliabel (reliability), dan praktis (practicality). Berdasarkan tujuan dan perbedaan waktu pelaksanaanya, terdapat tiga jenis bentuk penilaian proses sains pada siswa Sekolah Dasar: Penilaian Diagnostik, Penilaian formatif dan Penilaian sumatif. Tes akan dianalisis secara kualitatif baik dari segi materi, konstruksi maupun bahasa. Analisis secara kuantitatif dengan pendekatan teori tes klasik yakni dengan Iteman dan analisis secara kuantitatif menggunakan pendekatan teori tes modern yakni program Bigstep.

References


Abruscato, Josep, Theacing Childern Sceince, Boston: Allyn and bacon, 1992.

Allen, M.J. & W.M.Yen, Introduction to Measurement Theory, Monterey: Brooks/Cole Publishing Company, 1979.

Arif, Moh., Konsep Pembelajaran Sains di SD/MI, Yogyakarta: Lingkar Media Kresindo, 2014.

Azwar, S., Tes prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1996.

Bloom, B., dkk., Evaluation to Improve Learning, New York: McGrwal Hill-Inc., 1981.

Bundu, Patta, Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains SD, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006.

Burden, P. R. & D.M. Byrd, Methods for Effective Teaching, (2nd ed.) Boston, MA: Allyn & Bacon, 1999.

Mardapi, Djemari (2008) Penyusunan Tes Hasil Belajar. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Mason, Herb, Kreterian Penilaian Keterampilan Proses Sains, Beberapa Topik Penataran Guru IPA, Jakarta: P3TK Depdikbud, 1998.

Mehrens, W.A. & Lehmann, I.J (1973). Measurement and evaluation: An education and psychology. New York: Holt, Rinehart and winston, Inc.

Nana Sujana, (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Rezba, J.R., dkk.,Learning and Assessing Science Process Skills, 1995.

Semiawan, Conny, dkk., Panorama Filsafat Ilmu Landasan Perkembangan Sepanjang Zaman, Jakarta: Teraju, 2005.

Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Sumaji, dkk., Pendidikan Sains Yang Humanistis,Yogyakarta: Penerbit Kaninus, 1998.

Surapranata, S., Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

------------------, Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

http:// www.sekolahdasar.net


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung, Phone (+62) 355 321513, Faximile (+62) 355 321656
e-mail: taallum@iain-tulungagung.ac.id  /  taallumftik@gmail.com
Website: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Ta'allum indexed by:

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2303-1891, e-ISSN: 2549-2926) by http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License