Penanaman Karakter Disiplin melalui Shalat Dhuha Berjamaah di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya
pdf

Keywords

Disiplin
Karakter
Shalat Dhuha

How to Cite

Alvina, A., Ajahari, A., & Lutfi, S. (2024). Penanaman Karakter Disiplin melalui Shalat Dhuha Berjamaah di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 125-146. https://doi.org/10.21274/taalum.2024.12.2.125-146

Abstract

Karakter disiplin adalah karakter yang harus ditanamkan sejak dini. Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa beberapa peserta didik di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya sudah memiliki sikap disiplin khususnya disiplin dalam menjalankan Shalat Dhuha berjamaah sebelum pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin dan melalui Shalat Dhuha berjamaah di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek data terdiri dari 3 guru dan seluruh siswa kelas 10 dan 11. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga faktor utama yang menjadi faktor keberhasilan dalam menanamkan karakter disiplin melalui Shalat Dhuha di MA Raudhatul Jannah Palangka Raya, yaitu adanya dukungan dari orang tua peserta didik, adanya peraturan dan sanksi yang bisa di dapatkan peserta didik jika melanggar peraturan tersebut, dan usaha guru yang merupakan peranan penting dalam menanamkan karakter disiplin ini. Dalam menanamkan karakter disiplin ini juga terdapat faktor penghambat, yang mana kemalasan peserta didik itu sendiri membuat peserta didik menganggap tidak ada gunanya mengikuti peraturan yang ada dan hal ini menunjukkan kurangnya kesadaran diri peserta didik terhadap tanggung jawab dan karakter disiplin.

https://doi.org/10.21274/taalum.2024.12.2.125-146
pdf

References

Amiruddin, A., & Djuhan, M. W. (2021). Upaya Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.3029

Andayani, A., & Dahlan, Z. (2022). Kontruksi Karakter Siswa Via Pembiasaan Shalat Dhuha. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 99. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6531

Anggoro, D. P. (2022). Kepemimpinan Teladan HOS Tjokroaminoto di Sarekat Islam Tahun 1914-1923. INTELEKSIA: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v4i1.208

Anggraeni, C., Elan, E., & Mulyadi, S. (2021). Metode Pembiasaan untuk Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di RA Daarul Falaah Tasikmalaya. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39692

Annisa, U. W. (2023). Analisis Program Sekolah Sholat Dhuha dalam Upaya Penanaman Sikap Disiplin pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah PK Baturan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(4), 2687–2698.

Darman, A. A., Haq, A., & Sulistiono, M. (2019). Implementasi Kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Vicratina : Jurnal Ilmiah Keagamaan, 4(3), Article 3.

Fanan, A. R., & Soraya, S. Z. (2024). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran IPS Terpadu. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/asanka.v5i2.6190

Farid, A., Miftachudin, M., Syamsudin, S., Firmansah, D., Amriyah, C., Fawaid, A., Mukarromah, A., Ifriqia, F., Kurniawan, S., Wijayanto, A., & Putri, N. N. (2023). PENGUATAN KARAKTER Kedisiplinan Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah 2 Cipining Bogor. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9559–9564. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19442

Febriani, U. F., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Kedisiplinan pada Siswa SMK Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3302

Hairina, Y. (2016). Prophetic Parenting sebagai Model Pengasuhan dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studia Insania, 4(1), 79–94. https://doi.org/10.18592/jsi.v4i1.1115

Hamdanah, H., & Surawan, S. (2022). Remaja dan dinamika: Tinjauan psikologi dan pendidikan. K-Media.

Hapsari, M. F. (2023). Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SD Negeri 4 Kancilan Jepara. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.51651/jkp.v4i1.341

Hasan, M. S., & Rusydiana, H. (2018). Penerapan Sanksi Edukatif dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik di MTs Semesta Kedungmaling Sooko Mojokerto. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i2.56

Hidayat, H. S. (2013). Pengaruh Kerjasama Orang Tua dan Guru terhadap Disiplin Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Jagakarasa—Jakarta Selatan. 1(2), 92–99.

Hidayati, M. A. (2016). Hubungan antara pelaksanaan shalat Dhuha dengan kedisiplinan siswa kelas VII di MTs Mambaul Ulum Pakis Malang [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/3464/

Holifit, H., Marsiah, M., Ajahari, A., & Anshari, M. R. (2022). Implementasi Program Pembinaan Ibadah Shalat Bagi Anak-Anak Sukamulya Kelurahan Tangkiling. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.35311/jmpm.v3i2.64

Ismail, I. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai karakter Peserta Didik. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i1.197

Karim, N. (2010). Pendidikan karakter. Shautut Tarbiyah, 16(1), 69–89.

Karso, K. (2019). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI PALEMBANG. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2549

Khumaero, L. A., & Arief, S. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, dan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), Article 3. https://doi.org/DOI 10.15294/eeaj

Liang-Gie, T. (1994). Administrasi perkantoran modern. Yogyakarta: Liberty.

Lutfi, S., Hamdi, & Norhidayani. (2024). Profesionalisme Guru dalam Mendidik Pola Perilaku Siswa pada Sekolah Penggerak di MA Darul Ulum Palangka Raya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 525–535.

Meriza, I. (2018). Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 37–46. https://doi.org/10.47498/tadib

Mini, R. (2011). Disiplin pada Anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Mulyani, E. S., & Hunainah, H. (2021a). Pembiasaan Shalat Dhuha untuk Meningkatkan Disiplin belajar Siswa: Penelitian di SD Negeri Kadingding, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang. QATHRUNÂ, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4782

Mulyani, E. S., & Hunainah, H. (2021b). Pembiasaan Shalat Dhuha untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa: Penelitian di SD Negeri Kadingding, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang. Qathruna, 8(1), 1–20.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2011). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter (No. 1; Vol. 1, Issue 1). Laksbang Pressindo. https://digilib.uinsgd.ac.id/15114/

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka | Ningrum | Jurnal Prakarsa Paedagogia. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 105–117.

Prayogi, M. A., Lesmana, M. T., & Siregar, L. H. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 2, 666–670. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.92

Puspitasari, R. N., Iswarini, B. D., Astika, D. D., & Ningrum, P. W. (2023). Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Anak Kelompok B TK Muslimat Nu 001 Ponorogo. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.304-311

Rahmawati, E., & Hasanah, U. I. (2021). Pemberian Sanksi (Hukuman) Terhadap Siswa Terlambat Masuk Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), Article 1.

Rizal, I. M. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Nusamedia.

Rokhmah, D. (2021). Religiusitas Guru PAI: Upaya Peningkatan Disiplin Beribadah Siswa di SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(1), 105–116. https://doi.org/10.14421/jpm

Sani, M. K. (2019). Hubungan Pemberian Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Disiplin Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi, 4, 317–326.

Saputra, D. T., Wulandari, M. D., & Darsinah, D. (2024). Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Keteladanan Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6838

Setiawati, S., Asmahasanah, S., & Anggrayni, D. (2022). Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Dalam Pembentukkan Kedisiplinan Siswa di MTs Insan Sejati Bogor. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4(3), 298–308.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Sugiana, A., & Sofyan, S. (2019). Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SMK Ethika Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3020

Surawan, S., & Athaillah, M. (2021). Ilmu pendidikan islam. K-Media.

Surawan, S., & Mazrur, M. (2020). Psikologi Perkembangan Agama: Sebuah Tahapan Perkembangan Agama Manusia. K-Media.

Surawan, S., & Norvia, L. (2022). Kontribusi Pembinaan Akhlak dalam Menanamkan Self-Control Siswa Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.461

Syahmidi, S., & Surawan, S. (2022). Administrasi Guru: Upaya Peningkatan Kualitas Profesionalisme Mengajar. Journal on Education, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.1799

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13671

Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15 | FONDATIA. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/466

Yasyakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), Article 09. https://doi.org/10.30868/ei.v5i09.86

Zakiyah, A. N. A., & Pratikno, A. S. (2024). Pembentukan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan Shalat Dhuha (Studi pada Kelas VIII siswa SMP). Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.480

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.