PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: SEBAGAI SEBUAH SISTEM

Sokip Sokip, Nuryani Nuryani

Abstract


To make a teaching and learning effective and efficient, it is needed a systematic management of classroom. The components supporting a good management are teaching objectives, students, teachers, methods, facilities, environment, and evaluation. Each component influences the success of learning. Yet, among those components, teacher is the most important since a teacher is so dynamic that he will be able to manage and drive the other components.

Keywords


sistem; pembelajaran Bahasa Arab

References


Ibrahim, MSc dkk, Modul Pengantar Teknologi Pendidikan,Malang: IKIP Malang, 1992

YS. Marjo, Kamus Terminologi Populer,Bringin Jaya: Surabaya,1997

Djago Tarigan,Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa, Angkasa: Bandung, 1986

Mujammil Qomar, Epistemologi Pendidikan Islam, Erlangga: Jakarta, 2005

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Mochtar Buchori, Pendidikan Dalam Pembangunan, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994

Djago Tarigan,Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa, (Angkasa: Bandung, 1986), h. 12

Mahmud Yunus dan Muhammad Qasim Bakri, At-tarbiyah Wa At-Ta'lim, Al-Juz As-Tsani, Ponorogo: Darussalam Press, 1934

Yasin Abdurrahman Qandil, At-Tadris Wa I'dad Al-Mu'allim, Riyadh: Daru An-Nasyr Ad-Dauly, 1993 Imansjah

Alipandie, Didaktik Metodik Pendidikan Umum, Surabaya: Usaha Nasional, tt

Michael Marland (terj.), Seni Mengelola Kelas Tugas dan Penampilan Seorang Pendidik, Semarang: Dahara Prize, 1990

Nashir 'Abdullah Al-Ghani dan 'Abdul Hamid 'Abdullah, Usus 'Idad Al-Kutub at-Ta'limiyah Lighairi An –Nathiqina Bil-'Arabiyah, t k: Daru al-I'tisham, tt

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Rajawali Pers, 2005

Suharsimi Arikunto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta :Bumi Aksara , 1981

Wayan Nur Kancana dan P.P.N Sumartana, Evaluasi Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional , 1986

Depdiknas, Kurikulum 2004 SMA Pedoman Khsusus Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian Mata Pelajaran Bahasa ArabJakarta , 2003

'Abdu Ar-Rajhy dan 'Ali 'Ali Ahmad Sya'ban, Usus Ta'allum Al-Lughah Wa Ta'limuha, Beirut: Darun An-Nahdhah Al'Arabiyah, 1994), h. 266/

Depdiknas, Penilaian dan Pengujian untuk Guru SLTP, Jakarta: Depdiknas, 2000

Mahmud Yunus, At-Tarbiyah Wa At-Ta'lim, Al-juz Al-Awwal- c, Ponorogo: Darussalam, 1991

Sindhunata, Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Yogyakarta:Kansius, 2000

(www.kabar-pendidikan.blogspot.com, www.arminaperdana.blogspot.com, www.kmp-malang.com)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




___________________________

Jurnal Bahasa Lingua Scientia

Pusat Pengembangan Bahasa - IAIN Tulungagung
Jalan Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung 66221 [Google Maps]

Telp. (0355) 321513