PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: SEBAGAI SEBUAH SISTEM

  • Sokip Sokip STAIN Tulungagung
  • Nuryani Nuryani STAIN Tulungagung
Keywords: sistem, pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

To make a teaching and learning effective and efficient, it is needed a systematic management of classroom. The components supporting a good management are teaching objectives, students, teachers, methods, facilities, environment, and evaluation. Each component influences the success of learning. Yet, among those components, teacher is the most important since a teacher is so dynamic that he will be able to manage and drive the other components.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibrahim, MSc dkk, Modul Pengantar Teknologi Pendidikan,Malang: IKIP Malang, 1992

YS. Marjo, Kamus Terminologi Populer,Bringin Jaya: Surabaya,1997

Djago Tarigan,Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa, Angkasa: Bandung, 1986

Mujammil Qomar, Epistemologi Pendidikan Islam, Erlangga: Jakarta, 2005

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Mochtar Buchori, Pendidikan Dalam Pembangunan, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994

Djago Tarigan,Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa, (Angkasa: Bandung, 1986), h. 12

Mahmud Yunus dan Muhammad Qasim Bakri, At-tarbiyah Wa At-Ta'lim, Al-Juz As-Tsani, Ponorogo: Darussalam Press, 1934

Yasin Abdurrahman Qandil, At-Tadris Wa I'dad Al-Mu'allim, Riyadh: Daru An-Nasyr Ad-Dauly, 1993 Imansjah

Alipandie, Didaktik Metodik Pendidikan Umum, Surabaya: Usaha Nasional, tt

Michael Marland (terj.), Seni Mengelola Kelas Tugas dan Penampilan Seorang Pendidik, Semarang: Dahara Prize, 1990

Nashir 'Abdullah Al-Ghani dan 'Abdul Hamid 'Abdullah, Usus 'Idad Al-Kutub at-Ta'limiyah Lighairi An –Nathiqina Bil-'Arabiyah, t k: Daru al-I'tisham, tt

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Rajawali Pers, 2005

Suharsimi Arikunto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta :Bumi Aksara , 1981

Wayan Nur Kancana dan P.P.N Sumartana, Evaluasi Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional , 1986

Depdiknas, Kurikulum 2004 SMA Pedoman Khsusus Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian Mata Pelajaran Bahasa ArabJakarta , 2003

'Abdu Ar-Rajhy dan 'Ali 'Ali Ahmad Sya'ban, Usus Ta'allum Al-Lughah Wa Ta'limuha, Beirut: Darun An-Nahdhah Al'Arabiyah, 1994), h. 266/

Depdiknas, Penilaian dan Pengujian untuk Guru SLTP, Jakarta: Depdiknas, 2000

Mahmud Yunus, At-Tarbiyah Wa At-Ta'lim, Al-juz Al-Awwal- c, Ponorogo: Darussalam, 1991

Sindhunata, Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Yogyakarta:Kansius, 2000

(www.kabar-pendidikan.blogspot.com, www.arminaperdana.blogspot.com, www.kmp-malang.com)

Published
2012-06-28
How to Cite
Sokip, S., & Nuryani, N. (2012). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: SEBAGAI SEBUAH SISTEM. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 4(1), 80-90. https://doi.org/10.21274/ls.2012.4.1.80-90
Section
Articles