Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Teks Tanbih TQN Suryalaya serta Relevansinya dengan Hadits Nabi
pdf

Keywords

Tanbih, Tarekat, Qadiriyyah wa Naqsabandiyyah Suryalaya, Hadits, Pendidikan

How to Cite

Syakir, M. (2024). Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Teks Tanbih TQN Suryalaya serta Relevansinya dengan Hadits Nabi. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 12(02), 310-352. https://doi.org/10.21274/kontem.2024.12.02.310-352

Abstract

Teks Tanbih merupakan manifesto Ikhwan Tarekat Qadiriyyah wa Naqsabandiyyah Suryalaya, Tasikmalaya. Teks ini lahir semenjak tahun 1956 melalui Mursyid Tarekat yang pertama yakni Abah Sepuh sebagai wasiat. Baru kemudian ditulis sehingga menjadi teks oleh putranya sekaligus penerus kemursyidan, Abah Anom. Teks ini selalu dibacakan minimal sebulan sekali oleh pengikutnya dalam rangkaian acara yang bernama manaqiban. Pada penelitian ini penulis bermaksud untuk menguji dan memastikan relevansi antara isi teks tersebut dengan hadis-hadis nabi serta menggali nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam Teks Tanbih. Sehingga masyarakat di luar tarekat tersebut dapat memahami bahwa tarekat ini membawa nilai-nilai kenabian dan pengikut dari tarekat ini sendiri bertambaha yakin akan kebenaran yang mereka pegang. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti hendak mengumpulkan data-data pustaka yang berkaitan dengan judul sehingga dapat dianalisis dan disampaikan secara deksriptif. Teks tanbih berbahasa Sunda yang diterbitkan langsung oleh Pondok Pesantren Suryalaya akan menjadi sumber primer. Sehingga orisinalitasnya dapat terjaga, tanpa ada reduksi makna akibat perpindahan bahasa. Setiap kutipan teks akan diterjemahkan pada Bahasa Indonesia sehingga bisa dipahami oleh khalayak penutur non-Sunda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Islam yang dibawa oleh teks tanbih sangatlah cocok dengan hadits-hadits nabi. Sehingga bagi masyarakat di luar TQN bisa memahami dasar-dasar kehidupan yang dianut, dan bagi ikhwan TQN tidak lagi ragu dan bertambah yakin dengan ajaran yang diikutinya.

https://doi.org/10.21274/kontem.2024.12.02.310-352
pdf
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.