Abstract
Penanaman pendidikan karakter di lembaga pendidikan masih lemah. Penanaman pendidikan karakter tidak bisa hanya sekadar mentransfer ilmu pengetahuan atau melatih suatu keterampilan tertentu. Penanaman pendidikan karakter perlu proses, contoh teladan, dan pembiasan atau pembudayaan dalam lingkungan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel “Laut Pasang 1994” dan untuk mengetahui penggunaannya sebagai alternatif bahan ajar pembelajaran sastra, khususnya pada materi menganalisis isi novel di SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel “Laut Pasang 1994”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis data dengan melakukan kajian terhadap novel “Laut Pasang 1994” dan menganalisis isi di dalamnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat temuan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel “Laut Pasang 1994” karya Lilpudu. Nilai-nilai tersebut, yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat atau komunikatif, nilai cinta damai, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. Hasil penelitian juga menunjukkan jika nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut dapat dijadikan alternatif bahan ajar pembelajaran sastra di SMA dengan materi menganalisis isi novel.
References
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamidah, Rifda Nur. (2022). Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Rapijali 1: Mencari Karya Dee Lestari dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMP. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Harmanti, Muthia Hasna, dkk. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel “9 Matahari” Karya Adenita. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3, No. 2, 183-194.
Hudhana, Winda Dwi dan Siti Rachman Fitriyah. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Novel Selena karya Tere Liye. CARAKA: Jurnal Ilmiah Kebahasaan, Kesastraan dan Pembelajaran, Vol. 8, No. 1.
Indah, Arum Sekar, Nanang Heryana, dan Agus Wartiningsih. Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Cinta di Lauful Mahfuzh Karya Dian Sastra Amintara. Program Studi Bahasa Indonesia FKIP Untan Pontianak.
Kartikasari, Cindy Aulia. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2).
Lilpudu. (2023). Laut Pasang 1994. Depok: PT Tekad Media Cakrawala.
Saputra, Nanda. (2019). Ekranisasi Karya Sastra dan Pembelajarannya. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triwiyanto, Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yulianto, Agus, Iis Nuryati, dan Afrizal Mufti. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, Vol. 1, No. 1, 110-124.
Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: PT Adhitya Andrebina Agung.