Abstract
Abstrak:
Keterampilan menyimak merupakan keterampilan yang begitu penting bagi siswa. Akan tetapi, pada saat ini keterampilan menyimak kurang mendapatkan perhatian yang cukup khususnya di tingkat Sekolah Menengah Pertama yaitu pada siswa kelas IX SMPN 2 Sampang pada materi teks cerita sejarah. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian terhadap media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan media podcast dalam pembelajaran menyimak teks cerita sejarah dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penggunaan media podcast dalam pembelajaran teks cerita sejarah. Penggunaan media dalam pembelajaran harus benar-benar diperhatikan karena hal tersebut bisa berpengaruh terhadap keberhasilan dalam proses pembelajaran. Podcast baru-baru ini dijadikan sebagai inovasi baru sebagai media pembelajaran. Dalam penelitian ini, media podcast diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu podcast dapat dijadikan sebagai media evaluasi pembelajaran, karena dengan penggunaan media podcast ini siswa jadi lebih bersemangat dalam proses pembelajaran sehingga menarik minat siswa untuk belajar dan guru juga terlihat lebih nyaman dengan penggunaan media podcast dalam pembelajaran.
References
Akbar, J.S., dkk. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Aqib, Z. dan Murtadlo, A. (2022). Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif Untuk Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Yogyakarta: Pustaka Referensi.
Darwis dan Mas’ud, H. (2017). Kesehatan Masyarakat dalam Perspektif Sosioantropologi. Makassar: CV Sah Media.
Fadhillah, D. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Sukabumi: CV Jejak.
Hendra, dkk. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Ibda, H. (2019). Bahasa Indonesia Tindak Lanjut untuk Mahasiswa (Dilengkapi Caturtunggal Keterampilan Berbahasa). Semarang: PT Pilar Nusantara.
Lestari, D. dan Fatona, K. (2021). Pemanfaatan Media Podcast dalam Pembelajaran Menyimak bagi Siswa Kelas IV di SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat. Vol. 4. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisiplin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Esa Unggul.
Pratiwi, T.P., Yuniarti, Y., dan Rakhmayanti, F. (2022). Podcast sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Cerita Dongeng bagi Siswa Kelas II SDN Pasirangin. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. 6(2), 156—167. http://dx.doi.org/10.26418/jurnalkpk.v6i2.59287
Purba, A. dan Lubis, A. (2022). Pembelajaran Bahasa. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Purwati, P.D., dkk. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Media Interaktif Berbudaya. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Siti Sulistyani Pamuji, S.S., dan Setyami, I. (2021). Keterampilan Berbahasa. Yogyakarta: Guepedia.
Sumiati, T., Rakhmat, C., dan Indihadi, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif terhadap Kemampuan Menyimak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V (Studi Pre Eksperimen di SDN Margalaksana). Jurnal Riset Pedagogik. 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.74735