Instagram sebagai Sarana Menulis dalam Pembelajaran Teks Anekdot bagi Siswa Kelas X di MAN 3 Tulungagung
pdf

Keywords

Instagram, Teks Anekdot, Kritik

Abstract

Dalam pembelajaran banyak menggunakan beberapa media yang haruslah menarik bagi siswa. Salah satunya memanfaatkan media sosial Instagram. Dimana media sosial Instagram ini berguna untuk mengunggah cerita maupun ide-ide yang dikembangkan siswa. Dalam hal itu, Instagram sesuai digunakan dalam pembelajaran teks anekdot yang menceritakan mengenai cerita lucu dan kritik terhadap suatu fenomena yang dikembangkan secara menarik oleh siswa. Beberapa cerita yang berhasil diunggah oleh siswa dijadikan sebagai bahan analisis terkait unsur kritikan didalamnya. Seperti adanya Kritikan pendidikan, percintaan dan kebijakan. Salah satu kritikan yang menarik bagi penulis yaitu kritik kebijakan yang menceritakan tentang ayah temanya yang santai walaupun ada masalah yang kerja di gedung DPR yang bisa tiduran sambal main candy crush. Arjuna juga bercerita mengenai kinerja pemerintah yang banyak ngomongin janji dengan bersikap baik membagikan uang maupun barang. Tapi bagi Arjuna sikap baik itu hanya terjadi saat masa pemilu saja. Dari, beberapa hasil analisis tersebut. Penelitian ini cocok menggunakan penelitian dengan metode kualitatif dengan menganalisis hasil karya siswa yang di cara menafsirkan dan pendeskripsiannya dalam bentuk kalimat untuk menemukan masalah yang ingin diketahui.

https://doi.org/10.21274/jpbsi.2023.3.2.101-111
pdf

References

Abdulah, A. Z., Suerni, T., & Nurochmah, E. (2023). Masalah Kesehatan Mental Generasi Z di Rumah Sakit Jiwa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(2), 267–272.

Aritonang, A. I. (2023). Kritik Sosial dalam Karikatur (Analisis Semiotika Terkait Kritik Sosial dalam Postingan Instagram Gejayan Memanggil). Scriptura, 12(2), 122–132. https://doi.org/10.9744/scriptura.12.2.122-132

Bahiyah, U., & Gumiandari, S. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. In General and Specific Research 4(2). https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/744/784

Cheasa, A., Pratama, J., Febrianita, R., & Chairil, A. M. (2023). Kritik Sosial pada Pemerintah. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 185–198. https://doi.org/10.30596/ji.v7i2.14404

Handayani, I. (2019). Konsep Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial dalam Pengembangan Positive Mental Attitude Generasi Z. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 3(1), 51–63. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i1.1283

Krisna, A. A. P., & Qur’ani, H. B. (2021). Kritik Sosial dalam Puisi “Karangan Bunga” Karya Taufik Ismail. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 109. https://doi.org/10.26418/ekha.v4i2.44480

M. Fathun Niam, Emma Rumahlewang, H. U., Ni Putu Sinta Dewi, Suci Atiningsih, T. H., Illia Seldon Magfiroh, R. I. A., Rullyana Puspitaningrum Mamengko, S. F., Maria Septian Riasanti Mola, A. A. S., & Wajdi., F. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Widina Media Utama.

Miftachul Ulum. (2018). Eksistensi Pendidikan Pesantren: Kritik terhadap Kapitalisasi Pendidikan Pendahuluan Pondok Pesantren. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 240–257.

Mitang, M. P. (2020). Wacana Humor Kritik Sosial dalam Stand Up Comedy Indonesia Season 4 di Kompas TV: Tinjauan Pragmatik. Sintesis, 14(1), 78–93. https://doi.org/10.24071/sin.v14i1.2283

Nuryatno, A. (2017). Kritik Budaya Akademik di Pendidikan Tinggi. The Journal of Society & Media, 1(1), 35–42. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsm/index

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Putra, S. J. (2017). Representasi Wanita Indonesia pada Foto Jurnalistik (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Foto Jurnalistik “Pengukuhan Paskibraka” dalam Media Online Tempo.Co).

Proceeding Seminar Nasional & Ilmu Sosial 2017, 1(1984), 216–221. https://m.tempo.co/read/news/2016/08/17/07879

Qudriani, M., & Umriaty. (2019). Efek Media Sosial terhadap Perilaku Berpacaran Remaja. Jurnal SIKLUS, 08(01), 48–55.

Rahmawati, N., Muslichatun, M., & Marizal, M. (2021). Kebebasan Berpendapat terhadap Pemerintah Melalui Media Sosial dalam Perspektif UU ITE. Widya Pranata Hukum: Jurnal Kajian dan Penelitian Hukum, 3(1), 62–75. https://doi.org/10.37631/widyapranata.v3i1.270

Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., & Permana, B. G. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 6(2), 11029–11037. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4888

Susiati. (2020). Konsep Kebersamaan dalam Film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara” Karya Herwin Novianto. 1–23.

Tirta, D., Sari, S., & Dianthi, M. H. (2024). Kritik Sosial dalam Lirik Lagu (Analisis Wacana Lagu Maju Dari Feast). Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 11(1), 351–364. https://doi.org/10.37676/professional.v11i1.5719

Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Motode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indinesia), 1(5), 713–720.

Widhiyanto, R., Zulaeha, I., & Wagiran, W. (2024). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Berwawasan Kebinekaan Global. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 151–162. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i1.918

Widyawati, N. (2020). Analisis Tema Percintaan Novel Teman tapi Menikah dengan Teori Romance Formula. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 131–136. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.36215

Yuniana Cahyaningrum, Ahmad Rizki Putra, Y. A. N. (2024). Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Media Pembelajaran pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi. Jurnal JIMMY (Jurnal Informatika Mahaputra Muhammad Yamin) Vol. 2 No. 2 Tahun 2024 e-ISSN: 3021-8837 ANALISIS, 2(2), 12–19.

Yuniarti, Y. (2021). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 73. https://doi.org/10.30659/jpbi.9.2.73-81

Downloads

Download data is not yet available.