REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA SISWA DALAM PEMBIASAAN KARAKTER KOMUNIKATIF DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR

  • Rini Nur Azizah IAIN Tulungagung
Keywords: Kesantunan berbahasa, Pembiasaan, Karakter komunikatif

Abstract

Abstrak

Kesantunan berbahasa merupakan cara orang untuk menghormati orang lain dalam berinteraksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) wujud pematuhan kesantunan berbahasa Indonesia siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar; (2) wujud pelanggaran kesantunan berbahasa siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar; dan (3) strategi pembiasaan karakter komunikatif siswa melalui pembelajaran kesantunan berbahasa siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Data dikumpulkan dengan teknik observasi sambil melakukan simak, libat, catat. Data dianalisis dengan model interaktif yang diadopsi dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesantunan berbahasa di MTs Darul Huda masih rendah. Hal ini diketahui dari jumlah maksim pematuhan kesantunan berbahasa yang berjumlah tiga maksim, yakni maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, dan maksim kesimpatian. Sementara pelanggaran kesantunan berbahasa yang dilakukan terdapat lima maksim yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatian. Adapun strategi yang diterapkan oleh guru menggunakan teknik teguran, yakni siswa yang diketahui melanggar kesantunan berbahasa dinasehati agar berbahasa dengan santun.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pranowo. 2015. Teori Belajar Bahasa.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2020-12-01
Section
Articles