PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LITERASI BERBASIS PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI SISWA SMA

  • Arenda Tri Karona Universitas Brawijaya
  • Putri Kumala Dewi Universitas Brawijaya
Keywords: ADDIE, Pembelajaran Pengembangan

Abstract

Abstrak

Hasil observasi dan wawancara ditemukan kendala pada KD resensi. Terbukti dari hasil meresensi siswa yang berbeda dan kurangnya penguasaan kemampuan menulis resensi. Permasalahan lain yang ditemukan adalah kurangnya pembahasan mengenai PLH. Namun, belum adanya media pembelajaran yang mendukung visi misi dari sekolah. Multimedia dikolaborasikan dengan literasi memiliki tujuan untuk membantu siswa dalam peningkatan daya kritis dan aktif. Selama kegiatan pembelajaran literasi yang dilakukan di sekolah siswa masih kurang mengikuti langkah literasi dengan benar. Dari pengembangan media ini akan menjawab rumusan masalah dan tujuan yang berhubungan dengan kelayakan isi, bahasa, dan sistematika penyajian. Penelitian ini berjenis pengembangan menggunakan metode ADDIE. Hasil penelitian ini (1) aspek kelayakan isi, tujuan pembelajaran ditampilkan serta disesuaikan dengan literasi. (2) aspek kelayakan bahasa, setiap bacaan paragraf bertemakan PLH serta menggunakan kalimat efektif dan disusun menggunakan diksi sesuai tema PLH, (3) aspek kelayakan sistematika penyajian, pemilihan warna lebih berfariatif, penambahan petunjuk, dan jenis ukuran gambar, (4) praktisi, pengecekan penulisan ejaan pada kalimat dan paragraf, (5) uji coba skala kecil dan besar, materi sudah lengkap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Putri Kumala & Budiana, N. (2018) Media Pembelajaran: Aplikasi Teori dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: UB Press.
Kisworo, B. (2017) ‘Implemenyasi Media Pembelajaran Berbasis Prinsip-prinsip Pendidikan Orang Dewasa di PKBM Indonesia Pusaka Ngaliyan Semarang’, Journal of Nonformal Education, (1), pp. 80–86.
Kusmana, S. (2015) ‘Pengembangan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia’, pp. 1–11.
Landriany, E. (2014) ‘Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya
Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang’, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), pp. 82–88.
Published
2020-12-01
Section
Articles