SATUAN EKSPRESI PADA KEMASAN BOTOL AQUA

Dwi Kurniasih

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang satuan ekspresi kebahasaan yang terdapat pada kemasan botol AQUA berukuran 600 ml berdasarkan ranah semantik. Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk, makna dan fungsi bahasa dalam kemasan botol AQUA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya bentuk-bentuk satuan ekspresi kebahasaan pada kemasan botol AQUA. Bentuk-bentuk ekspresi kebahasaan tersebut dianalisis maknanya dengan menggunakan studi semantik. Penelitian ini tidak hanya mengkaji makna berdasarkan bentuk, tetapi juga makna leksikal dan gramatikal. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan fungsi bahasa yang terdapat pada kemasan botol AQUA. Satuan ekspresi kebahasaan yang terdapat pada kemasan botol AQUA menunjukkan adanya istilah baru dalam ranah bahasa dan makna. Bentuk dan makna dari satuan ekspresi kebahasaan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahasa anak muda zaman sekarang yang memiliki relevansi dengan peristiwa gagal fokus akibat kekurangan air mineral.


Keywords


satuan ekspresi; semantik; kemasan botol AQUA

References


Chaer, A. (2007). Kajian Bahasa. Jakarta: Rieneka Cipta.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rieneka Cipta.

Ihsan, M. (2011). Perilaku Berbahasa di Pondok Pesantren Adlaniyah Kabupaten Pasaman Barat. Wacana Etik Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 25–38.

Keraf, G. (1984). Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.

Kreidler, C. W. (1998). Introducing English Semantics. London: Routledge Taylor & Francis Group.

Kridalaksana, H. (2008). Kridalaksana, Harimurti. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniati, L. (2016). Strategi Kreatif Bahasa Iklan di Surat Kabar. Jurnal Pesona, 2(1), 8–16.

Leech, G. (2003). Semantik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Melani, & Wiratmojo, Y. B. (2013). Gambaran Kecenderungan Anatomi dan Gaya Bahasa Iklan Promo Toko Elektronik pada Media Cetak Selama Bulan Ramadhan 1 Syawal 1434H. E-Journal UAJY.

Munjin. (2008). Ekspresi Bahasa dan Gender: Sebuah Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(2).

Natalia, P., & Mulyana, M. (2014). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 119–128.

Nursalim. (2014). Iklan dan Implikasinya dalam Pendidikan. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 255–264.

Palmer, F. R. (1981). Semantics. Cambridge: Cambridge University Press.

Pateda, M. (2001). Semantik Leksikal. Jakarta: Rieneka Cipta.

Ramlan, M. (1987). Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

Schaff, A. (2010). Introduction to Semantics. New York: A Pergamon Press Book.

Suharyadi. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suwandi, S. (2008). Semantik Pengantar Kajian Makna. Yogyakarta: Media Perkasa.

Ulfiana, E. (2015). Satuan Ekspresi Pengungkap Aroma pada Parfum. Universitas Gadjah Mada.

Ulmann, S. (2009). Pengantar Semantik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Verhaar, J. W. . (1999). Asas-Asas Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Widharta, W. P., & Sugiharto, S. (2013). Penyusunan Strategi dan Sistem Penjualan dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–15.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




___________________________

Jurnal Bahasa Lingua Scientia

Pusat Pengembangan Bahasa - IAIN Tulungagung
Jalan Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung 66221 [Google Maps]

Telp. (0355) 321513