TINDAK PIDANA PENCURIAN DATA NASABAH DALAM BIDANG PERBANKAN SEBAGAI CYBER CRIME
Pdf

Keywords

Cyber Crime, Pencurian, Bidang Perbankan

How to Cite

Widayanti, P. (2022). TINDAK PIDANA PENCURIAN DATA NASABAH DALAM BIDANG PERBANKAN SEBAGAI CYBER CRIME. Legacy: Jurnal Hukum Dan Perundang-Undangan, 2(2), 1-21. Retrieved from http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/legacy/article/view/6218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai Tindak Pidana Pencurian Data Nasabah Dalam Bidang Perbankan Sebagai Cyber Crime. Penelitian ini membahas mengenai modus operandi yang sering digunakan dalam tindak pidana pencurian data pribadi nasabah secara cyber crime, pengaturan hukum untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan juga penanggulangan yang dapat dilakukan untuk mencegah tindak pidana tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat perspektif dengan menggunakan bahan hukum primer maupun sekunder yang dianalisis dengan metode penalaran logika deduktif. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi kepustakaanHasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia menyebabkan adanya perkembangan kejahatan baru pula yang dapat dilakukan secara virtual yaitu cyber crime. Cyber crime yang terjadi di bidang perbankan ini adalah kasus pencurian data pribadi yang mana dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pengaturan UU ITE,KUHP dan juga UU Perbankan. Kejahatan tindak pidana perbankan dalam penelitian ini dapat dicegah menggunakan 2 (dua) cara yaitu secara penal policy dan non penal policy.

 

Pdf

References

Arief, B. N. 2007. Masalah Penegakan Hukum dan Kebijakan Hukum Pidana dalam . Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
ALMAJED, N. M. (2015). Prevention of crime in B2C ECommerce: How E-Retailers/Banks protect themselves from Criminal Activities. Security and Safety.
Faridi, M. K. (2018). Kejahatan Siber dalam Bidang Perbankan . CyberSecurity dan Forensik digital , 56-61.
Judiawan, K. (2013). Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah Korban Kejahatan Penggandaan Kartu ATM pada Bank Swasta di Denpasar . Jurnal Magister Hukum Universitas Udayana , 4.
Maskun. 2013. Kejahatan Siber (Cyber Crime). Jakarta: Kencana Pieter Mahmud Marzuki. 2014. Penelitian Hukum (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Kurniawan, & Prayudi. (2014). Teknik Live Forensics Pada Aktivitas Zeus Malware Untuk Mendukung Investigasi Malware Forensics. HADFEX (Hacking and Digital Forensics, 1-5.
Riswadi, B. A. 2006. Hukum Cyberspace. Yogjakarta: Gitanagari
S, I. (2014). systematic literature review: Security challenges of mobile banking and payment System . International Journal of u-and e-Service, Science and Technology,, 107-116.
Sudarso, H. d. (2015). Penentuan Potensi Lokasi Atm Bni Menggunakan Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus: Kecamatan Tembalang). Jurnal Geodesi Undip, 25-32.
Widodo. 2013. Memerangi Cybercrime Karateristik, Motivasi, dan Strategi Penanganannya dalam Prespektif Kriminologi. Yogjakarta: Asswaja Pressindo

Downloads

Download data is not yet available.