Kontruksi Sosial Tradisi Zikir Fida’ Pada Bulan Suro (Studi Living Qur’an dan Sunnah di Desa Wateskroyo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung)
PDF

Keywords

Living Qur’an dan Sunnah, Fida>’, Kontruksi Sosial

How to Cite

Saepuloh, A. (2024). Kontruksi Sosial Tradisi Zikir Fida’ Pada Bulan Suro (Studi Living Qur’an dan Sunnah di Desa Wateskroyo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung). Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 12(1), 174-197. https://doi.org/10.21274/kontem.2024.12.1.174-197

Abstract

Tradisi zikir fida>’ pada bulan Suro oleh masyarakat desa Wateskroyo bukan sekedar tradisi keagamaan semata. Akan tetapi itu merupakan salah satu bentuk wajah al-Qur’an dan Sunnah yang hidup di masyarakat akibat penafsiran dan reformulasi progresif terhadap al-Qur’an dan Sunnah. Permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini: pertama, bagaimana model variasi living Qur’an dan sunnah yang ada dalam tradisi zikir fida’ bulan Suro? Kedua, bagaimana kontruksi sosial pembacaan zikir fida’ bagi masayarakat desa Wateskroyo? Fenomena ini akan dianalisis menggunakan teori kontruksi social-nya Berger. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ditemukan enam ragam living Qur’an dan Sunnah dalam tradisi zikir fida>’ pada bulan Suro di desa Wateskroyo. Tradisi pembacaan zikir fida>’ terbentuk karena adanya tiga momen dialektik. Pertama, ekternalisasi, adanya budaya nahdliyin yang kental di masyarakat serta dogma dan ajaran tokoh agama yang membentuk.  Kedua, Objektifasi. Rasa tenang dan harapan mendapatkan berkah serta mendapatkan ampunan serta tujuan dari zikir fida>’ sendiri merupakan daya tarik khusus yang bisa membuat tradisi tersebut masih tetap berlangsung. Ketiga, internalisasi. Masyarakat memiliki respon yang berbeda-beda terkait tradisi zikir fida>’ pada bulan Suro ini. Bagi yang menerima dan menjalankan tradisi ini juga mempunyai makna yang subjektif dan variatif. Ada yang memaknainya sebagai media untuk menarik masyarakat untuk memakmurkan masjid, media melatih masyarakat agar suka berzikir, momen silaturrahmi antar warga, melatih jiwa kedermawanan, momen mendekatkan diri kepada Allah Swt, perantara mendapatkan ampunan dan perantara untuk ketenangan hati.

https://doi.org/10.21274/kontem.2024.12.1.174-197
PDF

References

Abu Dawud, Sulaiman bin al-Asy’ats. Sunan Abu Dawud. Beirut: al-Maktabah al-’Ashriyyah, t.th.

Ahmadi, Rizqa. “Sufi Profetik: Studi Living Hadis Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Di Kabupaten Trenggalek.” Jurnal Living Hadis 2, no. 2 (October 15, 2017): 289–315. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1331.

Ambo Baba, Mastang. ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF. Makasar: PENERBIT AKSARA TIMUR, 2017.

Berger, Peter L. Tafsir Sosial atas kenyataan: risalah tentang sosiologi pengetahuan. Jakarta: LP3ES, 1990.

Bukhari, Muhammad bin Isma’il al-. Shahih Al-Bukhari. Mesir: Dar Thauq al-Najah, 1311.

Hanbal, Ahmad bin Muhammad bin. Musnad Ahmad. Beirut: Muassasah al-Risalah, 2001.

Iskandar, Yusuf. “SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TRADISI DZIKIR FIDA’ DI DESA KINCANG KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA.” JSI: Jurnal Sejarah Islam 1, no. 1 (July 27, 2022): 111–28. https://doi.org/10.24090/jsij.v1i1.6457.

Jawi, Muhammad Nawawi bin Umar al-. Al-Futuhat al-Madaniyyah Syarh Syu’ab al-Iman. Mesir: Dar Ihya’ al-Kutub al-’Arabiyyah, t.th.

Junaid, Hamzah. “KAJIAN KRITIS AKULTURASI ISLAM DENGAN BUDAYA LOKAL.” Jurnal Diskursus Islam 1, no. 1 (April 26, 2013): 56–73. https://doi.org/10.24252/jdi.v1i1.6582.

Maliki, Zainuddin. “Narasi Agung: Tiga Teori Sosial Hegemonik.” Surabaya: Lpam, 2003.

Munawar, Ali Mahfuz. “ZIKIR FIDA DALAM PANDANGAN MASYARAKAT DESA SUMOROTO KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN PONOROGO (KAJIAN LIVING HADIS).” El-Mu’Jam. Jurnal Kajian Al Qur’an dan Al-Hadis 2, no. 1 (June 21, 2022): 14–27. https://doi.org/10.33507/el-mujam.v2i1.550.

Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 1984.

Nasrulloh, Nasrulloh. “Konstruksi Sosial Pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani: Studi Living Sunnah Di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin.” In Prosiding Pemikiran Santri Nusantara, 1811–32. Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok pesantren, 2019.

Nazili, Muhammad Haqqi al-. Khazinah Al-Asrar. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyah, 1993.

Qosim, Nanang. “Hadis-Hadis Tentang Dosa Bagi Penghafal Al-Qur’an Yang Lupa Dalam Perspektif Teori Konstruksi Sosial: Studi Living Sunnah Pada Anggota Hai’ah Tahfidz Al-Qur’an UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.” PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018.

Subaidi. Pendidikan Islam Risalah Ahlussunah Wal Jama’ah an-Nahdliyah. Jepara: UNISNU PRESS, 2019.

Suryadilaga, Muhammad Alfatih. Aplikasi Penelitian Hadis Dari Teks Ke Konteks. Vol. 1. Cet. 1. Kalimedia, 2016.

———. “Model-Model Living Hadis.” Metodologi Penelitian Living Qur’an Dan Hadis, Ed. Sahiron Syamsuddin (Yogyakarta: TH Press, 2005), 2005, 107–14.

Syam, Nur. Islam Pesisir. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara, 2005.

Tim Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Ensiklopedi Islam Nusantara. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam, 2018.

———. “Ensiklopedia Islam Nusantara Edisi Budaya.” Accessed September 13, 2022. https://simbi.kemenag.go.id/eliterasi/e-literasi/ensiklopedia-islam-nusantara-edisi-budaya.

Tirmizi, Abu ’Isa al-. Sunan Al-Tirmizi. Mesir: Maktabah wa mathba’ah Mushthafa al-Babi al-Halabi, 1975.

Yaqin, Ainul. “Living Hadis Pada Tradisi Majelis Suroan Di Desa Ngroto Gubug Grobogan.” KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin 11, no. 1 (February 9, 2021): 48–64. https://doi.org/10.36781/kaca.v11i1.3245.

Wawancara dengan Ustadz Muh, Wateskroyo 16 Juli 2023

Wawancara dengan Mbah Katmi, Banjar Wateskroyo, 18 Juli 20023

Wawancara dengan Pak Edi, Wateskroyo, 17 Agustus, 2023.

Wawancara dengan Pak Muslim, Wateskroyo, 01 November 2023

Wawancara dengan K.H. Murodin, Mbanjar Wateskroyo, 16 Agustus 2023

Wawancara dengan Ustadz Asnawi di Balai Desa Wateskroyo, 29 Mei 2023

Wawancara dengan Kyai Fuad, Wateskroyo, 31 Juli 2023

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.