Abstract
Kelompok-kelompok yang memiliki sekte aneh dan unik selalu menjadi sasaran kajian penting dalam kajian keislaman, terutama dalam ilmu hadis. Ulama memberikan identitas kepada kelompok-kelompok ini sebagai ahl al-ahwa wa al-bida’ (orang yang mengikuti hawa nafsunya dan membuat sesuatu yang baru dalam perkara agama). Salah satu periwayat adalah ‘Ikrimah Maula ibn ‘Abbas, yang termasuk dalam kelompok Khawarij, dan hadisnya termaktub dalam kitab Sahih al-Bukhari, sebuah kitab yang sangat terkenal atas keautentikannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkaji hal ini dengan tujuan untuk memahami apa dan bagaimana priwayat ahl bid’ah dapat diterima hadisnya. Selain itu, perlu juga untuk melihat tanggapan Ibn Hajar terhadap periwayat ‘Ikrimah ini. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau (library research). Sumber datanya adalah karya-karya Ibn Hajar. Dengan melalui serangkaian masalah dan metode yang digunakan, menghasilkan kesimpulan bahwa; ada tiga tuduhan yang dipaparkan oleh Ibn Hajar pertama, dituduh berbohong, kedua dituduh berpaham khawarij, ketiga dituduh suka memina-minta, kesemuanya merupakan tuduhan yang tidak ada bukti.
References
Abi Abd Allah al-Dhahabi, S. al-D. (2004). Tadhhib Tahdhib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal. al-Faruq al-Hadithiyah.
Abu Abd Allah al-Bukhari, M. bin I. (n.d.). Al-Jami’ al-Sahih. al-Matbah al-Salafiyah.
Abu Zahw, M. (1983). Al-Hadith wa al-Muhaddithun. Dar al-Kitab al-Arabi.
Al-Syahrastani, M. ibn A. al-K. (2000). Al-Milal wa al-Nihal. Dar al-Ma’rifah.
Amanda, R. (2018). Historisitas Pemikiran Fundamentalis-Ekstrimis Dalam Agama Islam. 2(April), 28–35.
Ariesman. (2017). NUKHBATUL ‘ULUM : Jurnal Bidang Kajian Islam. Jurnal Bidang Keislaman, 3(1), 42–49.
Hamzah, M. (2017). Pengantar Studi Aswaja an-Nadhliyah. LKIS.
Hasbillah, A. ’Ubaydi. (2013). Periwayat Khawarij.
Ibn ’Uthman al-Dhahabi, A. A. A. M. ibn A. (n.d.). Mizan al-I’tidal fi Naqdi al-Rijal. Dar al-Ma’rifah.
Ibn Hajar al-’Asqalani, A. ibn ’Ali. (2000). Hadyu al-Sari Muqaddimah Fathu al-Bari. Dar al-Kutub al-’Ilmiyah.
Ibn Hajar al-Asqalani, A. ibn A. (1975). Taqrib al-Tahdhib. Dar al-’Asimah.
ibn Hibbatullah, A. al-Q. ’Ali. (1995). Tarikh Damasq. Dar al-Fikr.
Idri. (2015). Epistimologi Ilmu Pengetahuan, Ilmu Hadis, dan Ilmu Hukum Islam. Kencana.
Imtiyazunnisa, T., Suaedah, S., & ... (2022). Sebab Kemunduran Ekonomi Islam dan Munculnya Khawarij. Journal of Islamic …, 1(1), 9–16. https://www.edumediasolution.com/jiefs/article/view/176%0Ahttps://www.edumediasolution.com/jiefs/article/download/176/90
Ismail, M. S. (2022). Khawarij the Earliest Sect in Islam? a Brief Overview of Its History and Thought Khawarij Firqah Terawal Di Dalam Islam? Tinjauan Ringkas Terhadap Sejarah Dan Pemikirannya. Jurnal Al-Sirat, 1(20), 72. https://ejournal.unipsas.edu.my/index.php/qwefqwefq/article/download/226/186
Isnaeni, A., Penelitian, L., & Masyarakat, D. P. (2014). Laporan Hasil Penelitian Pandangan Ulama Hadis Terhadap Riwayat Hadis Ahli Bid’Ah. 69.
Mamik. (2014). Metode Kualitatif. Zifatama Publisher.
Mashar, A. (2014). KHAWARIJ DAN NEO-KHAWARIJ: Studi Perbandingan Falsafah Politik. Jurnal Pemikiran Keislaman, 25(1), 74–87. https://doi.org/10.33367/tribakti.v25i1.158
Muhibin Zuhri, A. (2019). Sanad Ideologi Radikal Jejak Historis dan Pengaruh Doktrin Khawarij dalam Organisasi Teror Dunia. Nawa Litera Publishing.
Nasution, H. (1986). Teologi Islam Aliran Aliran Sejarah Analisa Perbandingan. Universitas Indonesia.
Ngarfillah, I. (2016). Riwāyat Al-Mubtadi’ah Menurut Ibnu Ḥajar Al-‘Asqalānī Dan Implikasinya Terhadap Penilaian Kualitas Hadis.
Nurcahaya, N. (2021). Kitab Shahih Bukhari (Kajian Tentang Identitas dan Relevansinya Dengan Fase Kodifikasi Hadis). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(2), 92–99. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i2.34
Saleh, S. (2018). Khawarij; Sejarah Dan Perkembangannya. EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 7(2), 25. https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i2.1597
Saniah, M., & Sidik, M. A. (2020). PEMIKIRAN KHAWARIJ’ (Studi Historis Genealogis Pemikiran Islam). RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(1), 71–83. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i1.128
Shiddiq, M. N. (2020). RAWI KHAWARIJ DALAM S { AH { I < H { AL-BUKHA < RI < : Studi Analitis Riwayat ‘ Imra > n ibn H { it } t } a > n dalam S { ah { i > h { al-Bukha > ri. 3(2), 149–170.
Sukring, S. (2016). IDEOLOGI, KEYAKINAN, DOKTRIN DAN BID’AH KHAWARIJ: Kajian Teologi Khawarij Zaman Modern. Jurnal THEOLOGIA, 27(2), 411–430. https://doi.org/10.21580/teo.2016.27.2.1076
Syafiuddin, A. (2015). TAFSIR TABI’IN (Tokoh, Metode, Sumber dan Corak). Jurnal Asy-Syukriyyah, 14(1), 11–23. http://jurnal.asy-syukriyyah.ac.id/index.php/Asy-Syukriyyah/article/view/173
Syandri. (2017). Al-Khawarij dan al-Murjiah Sejarah dan Pokok Ajarannya. Jurnal Bidang Keislaman, 3(1), 50–60.
Usman al-Dhahabi, M. ibn A. ibn. (1998). Tazkirat al-Huffaz. Dar al-Kutub al-’Ilmiyah.
Zubaidah, S., & Zulkifli, M. (2016). Doctrine and thought of Khawarij and the implication in the present context. International Journal of Applied Engineering Research, 11(6), 4247–4251.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.