Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan literasi matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan jenis quasi experimental bentuk nonequivalent posttest-only control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIB dan VIIE, dengan pemilihan sampel secara cluster ramdom sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes dan non-tes, lembar observasi, pedoman wawancara serta angket validasi. Teknik analisa data dilakukan melalui analisa tahap awal dengan uji independent sample t-Test untuk mengetahui keseimbangan kemampuan awal siswa, serta tahap akhir dengan uji anava dua jalan dan uji pasca anava yaitu uji scheffe. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kemampuan literasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran SSCS lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung; 2) Terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara siswa dengan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap kemampuan literasi matematis.
References
Agustin, S., Fitraini, D., Rahmi, D., & Fitri, I. (2018). Pengaruh model search solve create share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 42–53. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.634
Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2016). Hubungan kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 158–164. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1242
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari self efficacy siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Aryani, I., Rahmi, Murni, Musriandi, R., Fitriyasni, & Maulida. (2024). Penerapan model pembelajaran search, solve, create, dan share (SSCS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(1), 459–465. https://doi.org/https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i1.4779
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: the exercise of control. New York: W.H Freeman and Company.
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi matematika dalam menyambut PISA 2021 berdasarkan kecakapan abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Hartanti, P. S. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) menggunakan media lkpd pada materi penyajian data untuk siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kepanjen. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 62–68. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2617
Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan literasi matematis pada soal matematika pisa konten quantity dan konten change and relationship. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 157–166. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785
Kurniawan, H. S., & Khotimah, R. P. (2022). Profil kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal high order thinking skill. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1966–1977. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5563
Lestari, D. I., Waluya, S. B., & Mulyono. (2020). Mathematical literacy ability and self-efficacy students in search solve create and share ( SSCS ) learning with contextual approaches. UJMER: Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 156–162.
Lestari, I. S., Zaenuri, Z., & Mulyono, M. (2022). Literasi matematika ditinjau dari self efficacy dengan menggunakan problem solving learning model dengan strategi scaffolding. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17091
NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. United States of America: The National Council of Teachers Of Mathematics, Inc.
Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh penerapan model learning cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau berdasarkan kemandirian belajar siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199–210. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7730
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and analytical framework. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2023). PISA 2022 Insights and intepretations. Paris: OECD Publishing.
Pizzini, E. L., & Shepardson, D. P. (1992). A comparison of the classroom dynamics of a problem‐solving and traditional laboratory model of instruction using path analysis. Journal of Research in Science Teaching, 29(3), 243–258. https://doi.org/10.1002/tea.3660290305
Pulungan, D. A. (2014). Pengembangan instrumen tes literasi matematika model PISA. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(2), 74–78. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/4399
Putriana, C., & Haqiqi, A. K. (2023). The effectiveness of the SSCS (Search, Solve, Create, and Share) learning model for increasing mathematical communication skills and numeracy literacy. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 6(2), 199–216. https://doi.org/10.21043/jpmk.v6i2.22484
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (1st ed.). Yogyakarta: Parama Publishing.
Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMA dalam menyelesaikan soal program for international student assesment (PISA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237
Rismayanti, T. A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh model search solve create share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 183–190. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6345
Rohendi. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi statistika. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(3), 398–404. https://doi.org/10.51878/science.v2i3.1591
Safrida, N. L., Sunardi, Suwito, A., Oktavianingtyas, E., & Rizkina, D. (2023). Literasi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah lingkaran ditinjau dari self-efficacy. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v11i1.1509
Setyowati, E., & Nurcahyo, A. (2023). Efektivitas model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) terhadap kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari self-efficacy. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(02), 104–113. https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i02.24487
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students’ mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 307–315. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001
Trisnawati, T., Yulianto, D., & Ningsih, E. F. (2023). The influence of Indonesian realistic mathematics learning (PMRI) based ethno mathematicson the improvement of mathematical communication skills in terms of gender. Cendekia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(3), 552–561. https://doi.org/https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i3.3320
Winata, R., Rizaldi, M., & Theasy, Y. (2023). Kemampuan literasi matematika ditinjau dari self efficacy siswa. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 871–882. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2829
Yanisa, S. Y., Sujiarto, H., & Hakim, L. L. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMP berdasarkan self-efficacy melalui strategi brain based learning. Prisma, 11(2), 526–537. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2500

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.