TREN PENGEMBANGAN ILMU DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Mohammad Muslih

Abstract


Pergumulan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam diskursus integrasi keilmuan, berujung pada pembangunan paradigma keilmuan yang berciri-khas, yaitu integrasi-interkoneksi. Satu dasawarsa berjalan, universitasitu telah mengembangkan tradisi akademik baru, yang ditandai denganpola pengembangan bidang penelitian dan produk-produk karya ilmiah sivitas akademikanya. Artikel ini mengungkap pengembangan keilmuan sebagaimana ditunjukkan pada karya dosen-dosennya. Dengan perspektif filsafat ilmu, kajian ini melihat implementasi paradigma UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tataran pola pengembangan ilmu. Oleh karena itu, objek kajiannya adalah buku-buku karya dosen melalui metode survei kritis, satu model penelitian dengan melakukan pembacaan, memahami maksud, membandingkan dan mengindentifikasi aspek-aspek tertentu dalam kerangka pembacanya. Secara umum, karya-karya dosen bercorak memperkokoh, mengembangkan, dan mem-breakdown paradigma keilmuan yang dikembangkannya. Meski demikian, ada beberapa karya yang merupakan penerapan dari empat model aplikasi pengembangan keilmuan,yaitu komplementasi, konfirmasi, kontribusi, dan komparasi. Pola ini ternyata menempatkan al-Qur’an dan al-Sunnah pada posisi yang sejajar dengan konsep, teori, dan temuan sains padahal hingga di bangunan paradigma “spider web”-nya, kedua sumber itu berposisi sebagai “sentral keilmuan”.

The involvement of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta in the integration of scientific discourse, led to the development of distinctively scientific paradigm, namely integration-interconnection. A decade running, the university has developed a new academic tradition, characterized by patterns of development in the field of research and the products of scientific work of the academic community. This article reveal the scientific development as shown in the workof the lecturers. With the perspective of philosophy of science, this study sees the implementation of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta paradigm on the level of science development pattern. Therefore the object of the study is the books of lecturers through critical survey methods, a model of research by reading, understanding the purpose, comparing and identifying certain aspects in the frame of the reader. In general, the works of the lecturers is to strengthen, develop, and detailing the scientific paradigm, which he developed. However, there are some works which is the application of the four models of the application of scientific development, namely complementation, confirmations, contributions, and comparisons. This pattern turns placing al-Quran and al-Sunnah in a position parallel with the concepts, theories, and scientific findings, while in the paradigm building of “spider web”, both sources playsas “central of science”.


References


Abdullah, M. Amin, “Profil Kompetensi Akademik Lulusan Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Agama Islam Dalam Era Masyarakat Berubah”, Makalah disampaikan dalam Pertemuan dan Konsultasi Direktur Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Agama Islam, Hotel Setiabudi, Jakarta, 24-25 Nopember 2002.

____, “New Horizon of Islamic Studies Through Socio-Cultural

Hermeneutics, dalam Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, Volume 41, Number 1, 2003/1424.

_____, Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

_____, Membangun Perguruan Tinggi Islam Unggul dan Terkemuka, Pengalaman UIN Sunan Kalijaga,Yogyakarta: Suka Press, 2010.

_____, “Religion, Science and Culture; An Integrated, Interconnected Paradigm of Science”, Al-Jami’ah, Vol. 52, No. 1, 2014 M/1435 H.

Abdurrahman, Dudung (ed.), Sosial-humaniora dan Sains dalam Studi Keislaman, Yogyakarta: Lemlit, 2006.

_____, (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan Multidisipliner, Yogyakarta: Lemlit, 2006.

Ahimsa-Putra, Heddy Shri, “Paradigma dan Revolusi Ilmu dalam

Antropologi Budaya -Sketsa Beberapa Episode-”, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, diucapkan di depan Rapat Terbuka Majelis Guru Besar Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 10 November 2008.

Ahmad, Munawar dan Saptoni (eds.), Re-strukturisasi Metodologi Islamic Studies: Mazhab Yogyakarta, Yogyakarta: Suka Press, 2007.

Ali,Nizar, Hadis versus Sains: Memahami Hadis-Hadis Musykil, Yogyakarta: Teras, 2008.

Anshori, “Integrasi Keilmuan Atas UIN Jakarta, UIN Yogyakarta dan

UIN Malang”, Disertasi, Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan

Kalijaga Yogyakarta, 2014.

Anwar, Syamsul, dkk, Keilmuan Integrasi dan Interkoneksi Bidang Agama dan Sosial, Yogyakarta: Suka Press, 2007.

_____, Interkoneksi Studi Hadis dan Astronomi, Yogyakarta: Suara

Muhammadiyah, 2011.

Arif, Mahmud (ed.), Pengarusutamaaan Paradigma Integrasi-interkoneksi dalam Kurikulum dan Keilmuan Prodi PGMI-PGRA Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2014.

Assegaf, Abdurraman, Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif, Yogyakarta: PT. Raja Grafindo Press, 2011.

Caldwell, Bruce J., ”The Methodology of Scientific Research Programmes: Criticisms and Conjectures,” dalam G. K. Shaw (ed.) Economics, Culture, and Education: Essays in Honor of Mark Blaug Aldershot, UK: Elgar, 1991.

Faiz, Fakhruddin (ed.), Islamic Studies Dalam Paradigma Integrasi-Interkoneksi: Sebuah Antologi, Yogyakarta: Suka Press, 2007.

_____, (ed.), Rekonstruksi Ilmu-Ilmu Agama Islam, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.

Fauzi, Niki Alma Febriana, “Syamsul Anwar dan Pemikirannya dalam Bidang Hisab-Rukyat”, Al-Marshad, Jurnal Observatorium dan Astronomi Islam, Vol. 1, No. 1, 2015.

http://hadzuka.blogspot.co.id/2011/10/pembaruan-dalam-studi-hadis-dan.html

Kuhn, Thomas S., The Structure of Scientific Revolutions, US: University of Chicago Press, 1970.

Maksudin, Paradigma Agama dan Sains Nondikotomik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Maragustam (ed.), Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kajian Pendidikan Islam, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.

Marhumah, Ema, Konstektualisasi Hadis dalam Pendidikan Karakter, Yogyakarta: SUKA Press, 2013.

_____, “The Roots of Gender Bias: Misogynist Hadiths in Pesantrens”, Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS), Desember 2015.

Minhaji, Akh., Tradisi Akademik di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: SUKA Press, 2013.

Mu’tasim, Radjasa, (ed.), Model-model Penelitian dalam Studi Keislaman: Berbasis Integrasi-Interkoneksi, Yogyakarta: Lemlit Sunan Kalijaga, 2006.

_____, “Science and Religion: from Conflict To Conversation”, dalam Khurul Wardati (ed.), Keilmuan integrasi dan Interkoneksi Bidang Agama dan Kealaman, Yogyakarta: Lemlit, 2007.

Muliawan, Jasa Ungguh, Pendidikan Islam Integratif: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Munthe, Bermawy, Sukses di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD, 2011. Mustaqim, Abdul, Epistemologi Tafsir Kontemporer, Yogyakarta: LKiS, 2010.

_____, “Etik Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati dalam Perspektif al-Qur’an” Hermeneutik, Vol. 7, Nomor 2, 2016.

Muzairi, Fahruddin Faiz, dan Zuhri, “Islamic Studies di IAIN Sunan

Kalijaga dan Hubungannya dengan Ilmu-Ilmu Lain: Sebuah kajian

Menuju UIN Kalijaga”, Laporan Penelitian Kelompok, Yogyakarta:

Lemlit, 2004.

Nn, Leflet Penawaran Penelitian Tahun 2016, LP2M UIN Sunan Kalijaga 2015.

Novitz, David, Picture and their Use in Communication: A Philosophical Essay, Netherlands: the Hague, 1977.

Pokja Akademik, Kerangka Dasar Kailmuan dan Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2006.

Rencana Pengembangan Penelitian dan Penerbitan Jangka Panjang (RP3-JP), LP2M UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014.

Riyanto,Waryani Fajar, Implementasi Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Penelitian 3 (tiga) Disertasi Dosen UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.

_____, Integrasi-Interkoneksi Keilmuan: Biografi Intelektual M. Amin Abdullah (1953-…), Person, Knowledge, and Institution, Yogyakarta: Suka Press, 2013.

Rohmaniyah, Inayah, Marhumah, dan Moch. Sodik, “Integrasi Gender dalam Kurikulum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dampaknya Terhadap Mahasiswa-Mahasiswi”, dalam Laporan Penelitian, Yogyakarta: Lemlit, 2009.

Sodik,Mochammad, Fikih Indonesia: Dialektika Sosial, Politik, Hukum dan Keadilan, Yogyakarta: Suka Press, 2014.

Suryadilaga, M. Alfatih, Metodologi Syarah Hadis: Era Klasik Hingga Kontemporer (Potret Konstruksi Metodologi Syarah Hadis), Yogyakarta: Suka Press, 2012.

Ulum, Misbahul, (et.al), Model-Model Kesejahteraan Sosial Islam: Perspektif Normatif Filosofis dan Praktis, Yogyakarta: PMI-Dakwah, UIN Sunan Kalijaga, 2007.

Wardati, Khurul (ed.), Keilmuan integrasi dan Interkoneksi Bidang Agama dan Kealaman, Yogyakarta: Lemlit, 2007.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN:1907-7491
E-ISSN:2502-3705

 

Indexed By:

 

 

Flag Kontra

Editorial Office:

Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman
LP2M IAIN Tulungagung Rektorat Lantai 2, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46
Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: episteme.iain.tulungagung@gmail.com
Website: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/epis

Lisensi Creative Commons
Episteme published by Postgraduate Program and LP2M IAIN Tulungagung is under license of Creative Commons Attribution 4.0 License Internasional.

shopify visitor statisticsView My Stats