PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Khusnul Khotimah

Abstract


Artikel ini mencoba untuk mendeskripsikan hasil pengembangan perangkatpembelajaran kontekstual dengan strategi think talk write (TTW) padamateri kubus dan balok yang baik untuk kelas VIII. Mendeskripsikankeefektifan pembelajaran kontekstual dengan strategi think talk write(TTW) pada materi kubus dan balok untuk kelas VIII denganmenggunakan perangkat yang telah dikembangkan. Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan. Model Pengembangan perangkat padapenelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4 D modelyang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design),pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate), untuk tahappenyebaran yang dilakukan adalah tahap penyebaran terbatas. Perangkatpembelajaran yang dihasilkan berupa: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Penilaian.Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Think Talk Write, Kubus danBalok.

References


Amri, Sofan, Pengembangan dan model pembelajaran dalam

kurikulum 2013. Jakarta : PT Prestasi Pustakarya. 2013.

Arends, Richard. 2012 . Learning To Teach . Ninth Edition . Mc-Graw

Hill Companies, Inc..

Fello. E. Susan & Paquette, Kelly R. Talking and Writing in the Classroom,

Hobri, Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian

Pendidikan Matematika). Jember. Pena Salsabila. 2010.

Huinker, De Anne dan Laughlin, Connie. Talk Your Way Into Writing.

Dalam Communication Mathematic: K-12 and Beyond. 1996.

Johnson, Elaine B. Contextual Teaching And Learning. Garut. Rahayasa.

Research And Training. 2002.

Masingila, J.O & Wisniowska. “Developing Assesing Mathematical

Understanding in Calculus through Writing

Nieveen, Design Approaches And Tools In Education And Training,

Nederlands : Kluwer Academy Publisher, 1999.

Nurhadi dkk. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK

Malang : Universitas Negeri Malang. 2004.

Nuhadi & Senduk, A.G, Pembelajaran kontekstual. Malang. PT: Jepe

press Media Utama, 2009.

NCTM. Principle and Standarts for School Mathematics. Reston, Virginia:

The National Council of Teacher of Mathematics, Inc, 2000.

Ni’mah, Khomsatun. Keefektifan model pengajaran langsung dengan strategi

Think Talk Write (TTW) untuk melatih metakognisi pada materi

jajargenjang dan belah ketupat di kelas VII MTs. Darul

Mutaa’allimin Nganjuk. Surabaya: PPS UNESA, 2010.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Print ISSN: 1412-2669

Online ISSN: 2549-4244


Indexed By:

 

Editorial Office:

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan
LP2M IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46
Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: dinamika@iain-tulungagung.ac.id

dinamika.lp2m.iain.ta@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Dinamika published by LP2M IAIN Tulungagung is under license of Creative Commons Attribution 4.0 License Internasional.