PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Merlyana Dwinda Yanthi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), responmahasiswa dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah SistemInformasi Akuntansi. Metode yang dilakukan dalam penelitian tindakankelas ini menggunakan pretest-posttest control group design, yang bertujuanuntuk membandingkan dua perlakuan yang berbeda kepada subjekpenelitian dengan menggunakan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi yang bersifat siklus. Hasil penelitian menunjukkanmodel pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkanaktivitas mahasiswa sehingga diskusi tampak lebih hidup dan aktif yangditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar mahasiswa mencapai90,38% pada mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi.Kata Kunci: Student Teams Achievement Division, PembelajaranKooperatif

References


Ibrahim, Muslimin, dkk, Pembelajaran Kooperatif, Unesa, University

Press, Surabaya, 2005.

Isjoni, Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar

Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.

Kemmis, S. and R McTaggart, Action Research - some ideas from The Action

Research Planner, Third edition, ed. Deakin University, 1988

Mulyasa, E, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Setrategis dan Implementasi.

Bandung. Rosda Karya. 2002.

Slavin, Robert E, Educational Psychology: Theory and Practice, Fourth

Edition, Massachusetts: allyn and Bacon Publishers. 1994.

Arindawati, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.

http://sarjanaku.com/2011/03/pembelajaran-kooperatif-tipestad.

html, 2004

Bakti, I. Implementasi STAD pada Pembelajaran Konsep Pupuk dan

Peptisida di SMAN 2 Banjarmasin. Jurnal Kependidikan dan

Kebuda-yaan Vidya Karya ISSN 0215-9619 Tahun XXIII.

Banjarmasin: Univer-sitas Lambung Mangkurat, 2005.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Print ISSN: 1412-2669

Online ISSN: 2549-4244


Indexed By:

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

Statistik Kunjungan

Flag Counter

Editorial Office:

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan
LP2M IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46
Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: dinamika@iain-tulungagung.ac.id

dinamika.lp2m.iain.ta@gmail.com

Copyright © 2018 Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak


Lisensi Creative Commons
Dinamika published by LP2M IAIN Tulungagung is under license of Creative Commons Attribution 4.0 License Internasional.