EVALUASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL

Sa'odah Sa'odah, Nur Latifah, Silva Arahmah Kartika

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk dan mendeskripsikan pencapaian program evaluasi di Tangerang. Penelitian ini menggunakan model CIPP, yaitu konteks, input, proses, dan evaluasi produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk pengumpulan data ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dan untuk teknik analisis data digunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program sekolah full day school di SDIT Aya Sophia, SD Alam Tangerang, dan SDIT Al Fatih telah diadakan di kedua kategori dalam konteks, input, proses, dan aspek produk. Pada evaluasi, dapat diputuskan bahwa program full day school dapat dilanjutkan karena mampu memberikan manfaat kepada siswa dan masyarakat. Beberapa rekomendasi dapat disampaikan agar program full day schoo dapat berjalan secara optimal. Pertama metode dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru harus lebih bervariasi. Guru kedua harus lebih memotivasi siswa untuk memacu prestasi dan mengeksplorasi potensi bakat mereka. Ketiga adalah pengadaan laboratorium sains sebagai fasilitas sekolah.


References


Arikunto & Jabar, C. S. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2014

Baharuddin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: AriRuzz Media. 2017

Hasneli. Kesehatan Mental dalam Pandangan Islam. Padang: Haifa Press. 2014

Hidayati, dkk. Evaluasi Program Pendidikan Akhlak di Full Day School Sekolah Dasar Islam Terpadu. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp. 2017

Latief dan Hasanah. Evaluasi Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter Dengan Sistem Full Day School Pada Madrasahi Btidaiyah Negeri Al Azhar Asy Syarif Indonesia Prosiding Kolokium Doktor dan Seminar Hasil Penelitian Hibah Vol 1 No 2. 2017

Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (Gaung Persada Press Group). 2013

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Pasal 2, Ayat 1 Tahun 2017

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Pasal 8 Tahun 2017

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Pasal 9, Ayat (1) Tahun 2017

Sukardi. Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tayibnapis, F. Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2015

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (sisdiknas) nomor 20 tahun 2003

Utomo, Tri Prasetiyo. Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Melalui Pendidikan Full Day School Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education, journal.umpo.ac.id. 2017

Wirawan. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2012


Full Text: PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Print ISSN: 1412-2669

Online ISSN: 2549-4244


Indexed By:

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

Statistik Kunjungan

Flag Counter

Editorial Office:

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan
LP2M IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46
Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: dinamika@iain-tulungagung.ac.id

dinamika.lp2m.iain.ta@gmail.com

Copyright © 2018 Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan


Lisensi Creative Commons
Dinamika published by LP2M IAIN Tulungagung is under license of Creative Commons Attribution 4.0 License Internasional.