ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKKI UNTUK BERZAKAT DI BAZNAS KOTA BOGOR

Nenden Mirawati

Abstract


Indonesia is one of the countries with the majority of Muslim population, namely 216.66 million or 85 percent of the total population, this is data from the results of the Bogor City Central Bureau of Statistics survey in 2015. This fact implies that zakat has great potential and can contribute to reducing poverty. The potential of zakat in Bogor City is very high at 130 billion rupiah every year so that it should be able to help the government alleviate poverty and unemployment, but what is realized is only 10.8% of the existing potential. For this reason, this study aims to determine the factors that influence the interest of muzakki to distribute their zakat. This study uses multiple linear regression with SPSS 21 software. From the results of the F (simultaneous) test in this study it is known that the variables of education, managerial, regulation, and religiosity simultaneously have at least one variable that significantly influences the interest of muzakki to distribute zakat. in Baznas, Bogor City. And based on the results of the t test (partial), it is the religiosity variable that has a significant positive effect on the interest of muzakki to channel their zakat in the BAZNAS of Bogor City, because it has a value calculated greater than t table or 5.760> 1.673. While the variables of education, managerial, and regulation did not significantly influence the interest of muzakki to channel their zakat in Baznas, Bogor City. Religiosity variables need to be taken into consideration as a decision making as one of the factors that influence the interest of muzakki to channel their zakat in Baznas, Bogor City. It must be optimized efforts to extract the potential of zakat muzakki to channel its zakat on the basis of Allah SWT. so that the potential of existing zakat can be explored optimally.

Keywords : tithe, interest in muzakki, influencing factors


Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduk Muslim, yaitu sejumlah 216,66 juta atau 85 persen dari total populasi, hal ini merupakan data dari hasil survey Badan Pusat Statistik Kota Bogor pada 2015. Fakta ini menyiratkan bahwa zakat memiliki  potensi besar dan dapat berkontribusi dalam mengurangi kemiskinan. Potensi zakat di Kota Bogor sangat tingi yaitu sebesar 130 milyar rupiah per tahun sehingga seharusnya dapat membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan dan pengangguran, namun yang terealisasikan hanya 10,8% dari potensi yang ada. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi minat muzakki untuk menyalurkan zakatnya. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan software SPSS 21. Dari hasil uji F (simultan) pada penilitian ini diketahui bahwa variabel edukasi, manajerial, regulasi, dan religiusitas secara serempak minimal ada satu variabel yang berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat muzakki untuk menyalurkan zakatnya di Baznas Kota Bogor. Dan berdasarkan hasil uji t (parsial), variabel religiusitas lah yang berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat muzakki untuk menyalurkan zakatnya di BAZNAS Kota Bogor, karena memiliki nilat t hitung lebih besar dari t tabel atau 5,760 > 1,673. Sedangkan variabel edukasi, manajerial, dan regulasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat muzakki untuk menyalurkan zakatnya di Baznas Kota Bogor. Variabel religiusitas  perlu   menjadi bahan pertimbangan sebagai sebuah pengambilan keputusan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi minat muzakki untuk menyalurkan zakatnya di Baznas Kota Bogor. Harus dioptimalkan upaya penggalian potensi zakat muzakki untuk menyalurkan zakatnya dengan landasan karena Allah SWT. sehingga potensi zakat yang ada dapat tergali dengan optimal.

 

Kata kunci : berzakat, minat muzakki, faktor-faktor yang mempengaruhi


References


Aflah, Kuntarno Noor dan Mohd. Nasir Tajang, Zakat dan Peran Negara, Jakarta: Forum Zakat, 2006.

Bhuono, dan Agung Nugroho, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS,Yogyakarta: C.V. Andi Offset, 2005.

Divisi Publikasi dan Jaringan Pusat Kajian Strategis (PUSKAS) BAZNAS, Outlook Zakat, Jakarta : BAZNAS, 2017.

Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam dan Direktorat Pemberdayaan Zakat, Pedoman Zakat 9 Seri, Jakarta: Kementrian Agama RI, 2012.

El-Bantanie, N. Syafe’i, Panduan Zakat, Infaq, dan Sedekah, Bandung: Grafindo Mrdia Pratama, 2015.

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progran SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2001.

Hafidhuddin, Didin, Optimalisasi Zakat, Infaq, dan Shadaqah dan Kaitannya dengan Pelaksanaan UU. RI. No. 38/1999, Jurnal Kajian Islam Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor Nomor 2 Tahun 2000. : Tidak diterbitkan, 2000.

Hasan, M. Ali, Masail Fiqiyah Zakat, Pajak dan Asuransi dan Lembaga Keuangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000.

http://m.tempo.co./read/news/2014/07/13/151592703/potensi-zakat-kota-bogor

Mappiare, Andi, Psikologi Remaja, Surabaya: Usaha Nasional, 1997.

Poerwadarminta, WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1982.

Pusat Kajian Strategis BAZNAS, Outlook Zakat Indonesia 2017, Jakarta Pusat: Pusat Kajian Strategis BAZNAS, 2016.

Qardawi, Yusuf, Hukum Zakat, Bogor: Litera Antarnusa, 2007.

Rouf, M. Abdul, “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat masyarakat membayar zakat di Rumah Zakat Cabang Semarang”, Skripsi Sarjana pada Jurusan Ekonomi Islam, Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang; tidak diterbitkan, 2011.

Sabiq, Sayyid, Fiqih Sunnah 2, Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2013.

Tanjung, Hendri dan Abrista Devi, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Jakarta: Granata Publishing, 2013.

Vendi, Riki Okta, “Analisis Faktor-Faktor yang memengaruhi muzakki dalam membayar Zakat : Studi Kasus Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat”, Skripsi Sarjana pada Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor; tidak diterbitkan, 2014.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Print ISSN: 1412-2669

Online ISSN: 2549-4244


Indexed By:

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

Statistik Kunjungan

Flag Counter

Editorial Office:

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan
LP2M IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46
Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: dinamika@iain-tulungagung.ac.id

dinamika.lp2m.iain.ta@gmail.com

Copyright © 2018 Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan


Lisensi Creative Commons
Dinamika published by LP2M IAIN Tulungagung is under license of Creative Commons Attribution 4.0 License Internasional.