PELAKSANAAN REGULASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT)

M. Fachdir Saputra, Moh. Irsyad Fahmi MR.

Abstract


Abstract

Education plays an important role in the changing behavior of children in accordance with educational objectives that essentially is to lead learners to behavioral changes so that learners can be for and live independently as individuals and social beings. However, in practice there are still teachers who teach only do not pay attention to aspects of their character even though they already have certification and certified professional teachers. With so professional professional profession is taken into account and supported by the regulation of the principal to direct his teachers can shape the character of learners. The results of this study are the headmaster Gerikat such as Teachers Working Group (KKG), every Friday held a recitation, reviewing yellow chapters specifically teachers, weekly evaluation on Friday, finger prin, making plans Implementation of Learning (RPP),

Keywords: Principal Leadership Regulation, Teacher Professionalism, Student

Abstrak

Pendidikan sangat berperan penting dalam perubahan perilaku anak sesuai dengan  tujuan pendidikan yang  pada dasarnya adalah mengantarkan peserta didik menuju perubahan-perubahan tingkah laku agar peserta didik dapat menjadi untuk dan hidup mandiri sebagai individu dan mahkluk sosial. Namun dalam pelaksanaannya masih bayak guru yang hanya mengajar, tanpa memperhatikan karakternya, padahal mereka sudah memiliki sertifikasi dan sudah bersertifikat guru profesional. Dengan begitu profesionalitas guru sangat diperhitungkan dan ditunjang dengan regulasi kepala sekolah untuk mengarahkan guru agar dapat membentuk karakter peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah regulasi kepala sekolah seperti Kelompok Kerja Guru (KKG), Setiap hari jum’at mengadakan pengajian,  mengaji kitab kuning khusus guru-guru, evaluasi mingguan di hari jum’at, seminggu 1 juz, finger print, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),  apel motivasi, mengaji KIBAR, hafalan dan murojaah, mengaji fiqih wanita.

Kata kunci: Regulasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru, Siswa.


References


Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara. 1995.

Bungin, Burhan (Ed)., Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

Danim Sudarwan, Menjadi Komunikasi Pembelajaran Kepemimpinan Transformasional Dalam Komunitas Organisasi Pebelajaran Jakarta: Bumi Aksara. 2005.

---------------------, Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, Jakarta: Bumi Aksara. 2006.

Departemen Agama RI, Undang–Undang dan Peraturan Pemerintahan RI Tentang Sistem Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2006.

Dharma Kesuma, dkk., Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Echols John M., Hassan Shadili, Kamus Ingris Indonesia, Cet. Ke-23, Jakarta: PT.Graedia. 1996.

Etta Mamang Sangadji, Metode Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2010.

Heri Gunawan. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi Bandung: CV. Alfabeta. 2014.

Kbbi.web, “regulasi”, http://www.google.co.id. diakses hari Kamis tanggal 10 Agustus 2017 jam 19:04 WIB.

Koentjoroningrat, 1991. Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: PT. Gramedia

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Depok: PT. Rajagrafindo Persada, 2016.

Sanaky Hujair AH, Sertifikasi Dan Profesionalisme Guru Di Era Reformasi Pendidikan”, JPI FIAI Jurusan Tarbiyah. Vol.XII,Tahun VII Juni 2005,Yogyakarta : Fakultas Islam Agama Islam Universitas Islam Indonesia. 2005.

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Belajar. 1999.

Sudrajad Ahmad, “definisi-pendidikan-menurut uu no. 20 tahun 2003 tentang sisdiknas”, https:// akhmadsudrajat.wordpress.com, Diakses hari Selasa tanggal 17 januari 2017 jam 14:12 WIB.

Shoimin Aris, Guru Berkarakter Untuk Implementasi Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Penerbit Gava Media. 2014.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rieneka Cipta. 1991.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta. 2014.

--------------, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta. 2015.

Tilaar H.A.R, Riant Nugroho, Kebijakan Pendidikan Pengantar Untuk Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.

Usman M Uzer, Menjadi Guru Profesional, cet. Ke-20.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2006.

Sumijo Wahjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakrta: Rajawali Pres, 1995.

Wahjo Sumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahan, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. 2013.

------------------- . Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakrta: Rajawali Pres. 1995.

Yanipitoy, “permen no 13 tahun 2007 tentang kepala sekolah”, https:// www.slideshare.net di akses pada hari Rabu tanggal 30 agustus 2017 jam 01:13 WIB.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Print ISSN: 1412-2669

Online ISSN: 2549-4244


Indexed By:

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

Statistik Kunjungan

Flag Counter

Editorial Office:

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan
LP2M IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46
Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: dinamika@iain-tulungagung.ac.id

dinamika.lp2m.iain.ta@gmail.com

Copyright © 2018 Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan


Lisensi Creative Commons
Dinamika published by LP2M IAIN Tulungagung is under license of Creative Commons Attribution 4.0 License Internasional.