UPAYA TERAPIS DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ABK (ANAK LAMBAT BELAJAR/SLOW LEARNING) DI WISHING KIDS KOTA BLITAR

Norista Meilza, Binti Khoiriyah

Abstract


ABSTRAK

Keadaan anak yang mengalami gangguan intelektual, gangguan fisik, autistic dan hiperaktif banyak dikeluhkan oleh orang tua, guru, maupun masyarakat. Hal ini karena persepsi sebagian orang tua, guru maupun masyarakat terhadap keberadaan anak-anak tersebut kurang utuh. Terutama anak-anak berkebutuhan khusus sering dipandang parsial, bahwa anak-anak dengan kondisi semacam itu potensinya tidak akan dapat dikembangkan secara optimal. Padahal apabila kondisi atau jenis gangguan yang dialami telah terdiagnosa secara awal, tidak menutup kemungkinan anak dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Terapis memegang peranan penting dalam membantu peserta didik dalam mewujudkan harapan bangsa tidak hanya pada perkembangan akademik tetapi juga non akademik. Guru sebagai panduan dalam usaha memahami konsep dan pertimbangan dalam menyampaikan ilmu pengetahuan harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, sehingga dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada anak didik bisa diterima dengan mudah.

Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Akhlak, Terapis.

References


DAFTAR RUJUKAN

Abdu Aziz Ahyadi, 1988. Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila, Bandung: Penerbit C.V. Sinar Baru.

Abu Su’ud, 2003. Islamologi, Sejarah, Ajaran, dan Peranannya dalam Peradaban Umat Manusia, Jakarta: PT Rineka Cipta, Juni

Zakiah Daradjat, et.al., 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Deek Wood, Rn, Bc, Ms, dkk., 2005. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Novan Ardy Wiyani, 2012. Manajemen Pendidikan Karakter, Yogyakarta: PT Pustaka Insani Madani.

Hafi Anshari, Kamus Psichologi. Surabaya: Usaha Nasional.

Departemen Pendidikan, 2008. Kamus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

J. P. Chaplin, 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhaimin, et.al., 2005. Kawasan dan Wawasan Studi Islam. Jakarta: Kencana.

Said Hawwa, 2014. Al-Islam. Jakarta: Gema Insani.

Mohammad Takdir Illahi, 2013. Pendidikan Inklusif, Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Edi Purwanta, Modifikasi Perilaku, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012

Anggara, B, 2015. Kunci Mendidik dan Mengasuh Anak Disleksia, Yogyakarta: Familia.

Wasty Soemanto, 2003. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Lexy J. Moleong, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Iqbal Hasan, 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia

W. Gulo, 2004. Metodologi Penelitian, Jakarta: Grasindo

Ahmad Tanzeh, 2011. Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras.

M. Quraish Shihab, 2013. Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan.

Suharsimi Arikunto, 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Bima Karya


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Print ISSN: 1412-2669

Online ISSN: 2549-4244


Indexed By:

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

Statistik Kunjungan

Flag Counter

Editorial Office:

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan
LP2M IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46
Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: dinamika@iain-tulungagung.ac.id

dinamika.lp2m.iain.ta@gmail.com

Copyright © 2018 Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan


Lisensi Creative Commons
Dinamika published by LP2M IAIN Tulungagung is under license of Creative Commons Attribution 4.0 License Internasional.