PERBANDINGAN PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Maftucha Maftucha

Abstract


Pada dasarnya kegiatan membaca dilakukan agar tercipta suatu pemahaman terhadap isi yang terkandung dalam bacaan. Namun pada kenyataannya, tidak semua pembaca mampu memahamai apa yang sedang dan telah dibacanya. Hal demikian banyak terjadi, terutama pada para siswa sekolah dasar yang umumnya belum memiliki pemahaman yang kuat terhadap apa yang dibacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh metode SQ3R dan metode konvensional terhadap proses pembelajaran dan kemampuan memahami bacaan pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar SDIT Al-Rahbini Gondanglegi, Magelang. Peneitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimental dan desain penelitian eksperimen ini menggunakan yaitu prestest–postest  control group design, yakni eksperimen yang dilakukan dalam satu kelas untuk mengukur peningkatan setelah menggunakan metode SQ3R.

Kata Kunci: Metode SQ3R, Proses Pembelajaran, Kemampuan Memahami Bacaan.

References


DAFTAR PUSTAKA

Nurgiantoro, Burhan., 2007. Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta: Gadjahmada University Press, Cet. VI.

Ernawati Nasir, 2010. Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V SDN sabelak kecamatan bulangi selatan. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 5 No 9. ISSN 2354 – 614X.

E. Mulyasa, 2012. Manajemen PAUD, Bandung: Rosdakarya

Darmiyati, Zuchdi., 2007. Strategi meningkatkan kemampuan membaca peningkatan komprehensi. Yogyakarta: UNY Press.

Fakih Samlawi dan Bunyamin Maftuh, 1998. Konsep Dasar IPS. Bandung: Depdikbud.

Haryono, 2008. Bahasa Indonesia SMP Kelas IX. Bogor: BP.

Henry Guntur Tarigan, 1994. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

...................., 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa, (Bandung: Angkasa, cet. II.

......................., 2008. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra, (Bandung: Angkasa. Cet, I.

Ichas Hamid A. danTuti Isnanti I, 2006. Pengambangan Pendidikan Nilai

dalam Pembelajaran Pengatahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jakarta.

Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Empat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Maryati dan Sutopo, 2009. Bahasa dan Sastra Indonesia 3 Untuk SMP/MTS Kelas 1X. Bandung: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Nurhadi, 1989. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru.

Rustaman, N, Rochintaniawati, D. Nurjihani, M. K. Subekti. R. Redjeki dkk. Strategi Belajar Mengajar. JICA IMSTEP:

Sugiyono, 2001. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Print ISSN: 1412-2669

Online ISSN: 2549-4244


Indexed By:

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

Statistik Kunjungan

Flag Counter

Editorial Office:

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan
LP2M IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46
Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: dinamika@iain-tulungagung.ac.id

dinamika.lp2m.iain.ta@gmail.com

Copyright © 2018 Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan


Lisensi Creative Commons
Dinamika published by LP2M IAIN Tulungagung is under license of Creative Commons Attribution 4.0 License Internasional.