PERENCANAAN MUTU SEKOLAH SEBAGAI DASAR MANAJEMEN STRATEGIK DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Ahmad Tanzeh

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan memiliki tujuan, salah satunya untuk membentuk potensi-potensi manusia secara berimbang, optimal, dan terintegrasi. maka pendidikan harus mengutamakan nilai-nilai manusiawi, membangun manusia yang mampu membangun dirinya dan masyarakatnya. Untuk mencapai hal tersebut, Melaui perencanaan pendidikan diharapkan pendidikan mampu memberikan kesempatan untuk mengembangkan segala potensi peserta didik seoptimal mungkin. Perencanaan pendidikan menempati posisi strategis dalam keseluruhan perkembangan pendidikan. Perencanaan pendidikan memberikan kejelasan arah dalam usaha proses penyelenggaraan pendidikan. Dengan kejelasan arah ini manajemen usaha pendidikan akan dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. Dalam rangka peningkatan mutu sekolah berorientasi kepada kebutuhan/harapan pelanggan, maka layanan pendidikan suatu lembaga haruslah memperhatikan kebutuhan dan harapan pelanggan. Kepuasan dan kebanggaan dari pelanggan sebagai penerima manfaat layanan pendidikan harus menjadi acuan bagi program peningkatan mutu layanan pendidikan.

Kata Kunci: Mutu sekolah, Manajemen Strategik, Perencanaan.


References


DAFTAR PUSTAKA

Baldridge, J.V. Curtis, D.V. Ecker, G.P., and Riley, 1977. G.L. Diversity in Higher Education: Professional Authonomy, dalam Riley, G.L dan Baldrige, J.V. (ed) Governing Academic Organizations: New Problem New Perspectives, Berkeley: McCutchan Publishing Co.

Murgatroyd, S., dan Morgan, C., 1994. Total Quality Management and the School. Buckinghm: Open University Press.

Nurochim, Peningkatan Mutu Sekolah (Online), 2007. http;// www. for everyone. go. id, diakses 10 September 2007.

Sa’ud, U.S. dan Makmun A.S., 2006. Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehenshif, Bandung: Rosda Karya.

Schereens, J., 1992. Effective Schooling. Research, Theory and Practice. New York: Cassell.

Scheerens, J. 2003. Peningkatan Mutu Sekolah, Jakarta: Penerbit Logos.

Sergiovanni, T.J. 1987. The Principleship: A Reflective Practice Perpective. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Sergiovanni, T.J. 1983. & Carver, F.F. The New School Executive: A Theory of Administration. New York: Dodd, Mead & Company.

Steers. R.M., 1985. Efektifitas Organisasi. terjemahan Magdalena jamin. Jakarta: Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen, Erlangga.

Strauss, G. and Sayles, L, 1991. Manajemen Personalia Segi Manusia dalam Organsiasi, Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Print ISSN: 1412-2669

Online ISSN: 2549-4244


Indexed By:

 

Flag Counter

Editorial Office:

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan
LP2M IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46
Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: dinamika@iain-tulungagung.ac.id

dinamika.lp2m.iain.ta@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Dinamika published by LP2M IAIN Tulungagung is under license of Creative Commons Attribution 4.0 License Internasional.