POLITIK PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ERA REFORMASI (KAJIAN HISTORIS KURIKULUM)

* Baderun

Abstract


ABSTRAK

Politik (policy) dan pendidikan (education) merupakan dua hal penting dalam sistem sosial di suatu negara. Keduanya memiliki hubungan yang sangat erat dalam kaitannya menunjukkan identitas suatu bangsa. Hubungan yang erat ini bisa dilihat dalam kebijakan pemerintah terhadap pendidikan. Sejarah telah mencatat, bahwa rezim mempunyai identitas khusus untuk mewarnai setiap imperiumnya, tak terkecuali dalam dunia pendidikan itu sendiri. Indonesia sebagai suatu bangsa tak terlepas bagaimana sejarah yang telah membentuknya, termasuk sejarah perkembangan Pendidikan Nasional ataupun Pendidikan Islamnya. Secara garis besar, periodisasi sejarah Pendidikan Nasional berangkat dari masa penjajahan Kolonial, penjajahan Jepang, masa Kemerdekaan, Orde lama, Orde baru, Reformasi, dan sekarang era globalisasi.

Kata Kunci: Pendidikan Nasional, Kurikulum, Reformasi.


References


DAFTAR PUSTAKA

Asegaf, Abdurrahman. 2005. Politik Pendidikan Islam: Pergesseran Kebijakan Pendidikan Agama Islam dari Proklamasi ke Reformasi, Yogyakarta: Kurnia Kalam.

Dhofier, Zamakhsyari. 1994.Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES.

Rohmad, Ali. 2009. Kapita Selekta Pendidikan, Cet II, Yogyakarta: Teras.

Muhammad, Rozi. 2005. Politik Pendidikan Islam: Dinamika Hubungan Kepentingan Kekuasaan dan Praktik Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharto, Toto. Pendidikan Berbasis Masyarakat: Relasi Negara dan Masyarakat dalam Pendidikan Yogyakarta: Lkis, 2012.

Undang-Undang RI No. 20 pasal 1 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokus Media.

Maunah, Binti. 2011. Perbandingan Pendidikan Islam, Cet.1, Yogyakarta: Teras.

Zuhairini, 2008. Sejarah Pendidikan Islam, Cet. 9, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Maftuh, 2009. Kebijakan Politik Hindia Belanda dan Implikasinya Bagi Pendidikan Islam (1900-1942), UIN Sunan Kalijaga.

Yunus, Mahmud. 1995. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia, Cet. IV, Jakarta: Mutiara Sumber.

Putra, Daulai Haidar. 2009. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana.

Chan, Sam. M. Analisis SWOT, Kebijakan Pendidikan Otonomi Daerah, Jakarta: Grafindo. 2011.

Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbaasis Kompetensi: Konsep Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosda Karya.

______ Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Latif, Jafron. “Profil Guru Agama dan Kurikulum Berbasis Kompetensi” dalam Kependidikan Islam, Jurnal Pemikiran, Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam, Pebruari–Juli.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Print ISSN: 1412-2669

Online ISSN: 2549-4244


Indexed By:

 

Flag Counter

Editorial Office:

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan
LP2M IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46
Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: dinamika@iain-tulungagung.ac.id

dinamika.lp2m.iain.ta@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Dinamika published by LP2M IAIN Tulungagung is under license of Creative Commons Attribution 4.0 License Internasional.