PENGARUH ISLAMIC LIFESTYLE, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP PERILAKU IMPULSIF PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI WATAMPONE
DOWNLOAD ARTICLE (PDF)

Keywords

Islamic Lifestyle
Harga
Promosi
Perilaku Impulsif
E-commerce
Shopee

How to Cite

Mirnawati, M., Jumarni, J., & Masyhuri, M. (2025). PENGARUH ISLAMIC LIFESTYLE, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP PERILAKU IMPULSIF PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI WATAMPONE. SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.21274/sosebi.v5i1.10830

Abstract

Abstrak: Sejalan dengan pertumbuhan pengguna e-commerce di Indonesia, perilaku impulsif dalam pembelian menjadi fenomena yang semakin umum. Gaya hidup Islami, harga produk, dan promosi diduga memiliki pengaruh terhadap kecenderungan perilaku impulsif konsumen dalam melakukan transaksi di platform e-commerce Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Islamic lifestyle, harga, dan promosi terhadap perilaku impulsif pengguna e-commerce Shopee. Populasi dalam studi ini adalah pengguna e-commerce Shopee di Watampone, dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 115 responden dengan teknik Simple Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) yang dioperasikan melalui perangkat lunak SmartPLS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga (X1) memiliki nilai p-value sebesar 0,408, sementara promosi (X2) memiliki nilai p-value sebesar 0,186, yang menunjukkan bahwa keduanya tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsif (Y). Hal ini menandakan bahwa aspek psikologis dan sosial, juga berkontribusi dalam mendorong pembelian impulsif. Islamic lifestyle (X3) berpengaruh signifikan dan berdampak positif pada perilaku impulsif (Y) pada pengguna e-commerce Shopee di Watampone, dengan p-value sebesar 0,000.  Hal ini menandakan bahwa semakin bersemangat seseorang dalam menjalankan pola hidup Islami​​, semakin besar pengaruhnya dalam keputusan pembelian, termasuk perilaku impulsif.

Kata Kunci: Islamic Lifestyle; Harga; Promosi; Perilaku Impulsif; E-commerce; Shopee.

 

Abstract: In line with the growth of e-commerce users in Indonesia, impulsive behavior in purchasing is becoming an increasingly common phenomenon. Islamic lifestyle, product prices, and promotions are thought to have an influence on the tendency of consumer impulsive behavior in making transactions on the Shopee e-commerce platform. This study aims to analyze the influence of Islamic lifestyle, prices, and promotions on the impulsive behavior of Shopee e-commerce users. The population in this study were Shopee e-commerce users in Watampone, with the type of research being field research using a quantitative approach. The number of samples used was 115 respondents with the Simple Random Sampling technique. The data analysis method used is Structural Equation Modeling (SEM) which is operated through SmartPLS software. The findings of this study indicate that the price variable (X1) has a p-value of 0.408, while promotion (X2) has a p-value of 0.186, indicating that both do not have a significant effect on impulsive behavior (Y). This indicates that psychological and social aspects also contribute to encouraging impulsive buying. Islamic lifestyle (X3) has a significant and positive impact on impulsive behavior (Y) on Shopee e-commerce users in Watampone, with a p-value of 0.000. This indicates that the more enthusiastic a person is in implementing an Islamic lifestyle, the greater the influence on purchasing decisions, including impulsive behavior.

Keywords: Islamic Lifestyle; Price; Promotion; Impulsive Behavior; E-commerce; Shopee.

https://doi.org/10.21274/sosebi.v5i1.10830
DOWNLOAD ARTICLE (PDF)

References

Al-Qaradhawi, Y. (2022). Norma dan Etika Ekonomi Islam. Depok: Gema Insani.

Amanda, G. R. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif di Masa Pandemi Covid-19 Menurut Umar Bin Al-Khatab (Studi Kasus: Generasi-Z di Universitas Islam Indonesia Pengguna Tiktok Shop). [Skripsi, Program Studi Ekonomi Islam, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta]. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41943

Aristo, S. F. (2016). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dam Start-Up Bisnis, 1(4), 441-447. https://doi.org/10.37715/jp.v1i4.220

Baladini, N., Syarief, N., & Gunaedi, J. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan, Pemasaran Media Sosial dan Motivasi Belanja Hedonis terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Studi Kasus Pengguna Gopay di Kota Bekasi). Prosiding Korelasi (Konferensi Riset Nasional Manajemen Akuntansi dan Ekonomi), 2(1), 1323–1337. Retrieved from https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1130

Hardyansah, Wolor, C. W., & Rahmi. (2024). Analisis Impulsive Buying E-Commerce (Studi pada Pengguna Shopee). Journal of Business Application, 3(1), 1–18. doi: 10. 51135/jba.v1.i1.p1-22

Irliani, Y., Fatira, M. A. K., & Wathan, H.. (2023). Pengaruh Islamic Lifestyle terhadap Keputusan Berinfak dan Bersedekah Mahasiswa Muslim. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 4(1), 24–30. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/view/1250

Jayanegara, B. P. (2021). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Promosi terhadap Impulse Buying Belanja Online di Blibli.Com. [Skipsi, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie]. Retrieved from http://eprints.kwikkiangie.ac.id/1985/

Komala, C. (2019). Perilaku Konsumsi Impulsive Buying Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Perspektif, 2(2), 248-266. doi:10.15575/jp.v2i2.31

Liya, I. (2021). Pengaruh Panic Buying terhadap Impulse Buying di Masa Pandemi Covid 19 dengan Perilaku Konsumen Muslim sebagai Mediator (Studi pada Konsumen Produk Sembako di Bandar Lampung). [Tesis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. Retrieved from https://repository.radenintan.ac.id/17155/

Monika, N. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Konsumen Shopee dengan Sales Promotion sebagai Moderasi (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). [Skripsi, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. Retrieved from https://repository.radenintan.ac.id/31953/

Munawarah, E. (2023). Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount, dan Income terhadap Perilaku Impulsive Buying dengan Religiositas sebagai Variabel Moderasi (Kajian terhadap Konsumen Belanja Online di Banda Aceh). [Tesis, Pascasarjana, UIN Ar-Raniry Banda Aceh]. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34664/

Musfiro, I. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Muslim Shopee di Kota Pekalongan. [Tesis, Prodi Ekonomi Syariah, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan]. Retrieved from http://etheses.uingusdur.ac.id/3910/

Pinasty, W. A., & Habib, M. A. F. (2024). Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2019-2022. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 5(1), 9-19.

Pratama, S. D. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Harga, dan Affiliate Marketing Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Fashion pada Pengguna Tiktok di Banyumas. [Skripsi, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri]. Retrieved from http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22236

Rehatalanit, Y. L. R. (2021). Peran E-Commerce dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5(2016), 62-69. DOI: https://doi.org/10.35968/jti.v5i0.764

Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058

Suryani, M. (2024). Pengaruh Promosi, Gaya Hidup Berbelanja, dan Motivasi Belanja Hedonis terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Manajemen Universitas Malikussaleh. [Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas EKIS, Universitas Malikussaleh]. Retrieved from https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/704/

Tempo.co.(2020, Agustus 31). Prediksi Angka Pengguna E-commerce di Indonesia 2024. Retrieved from https://www.tempo.co/data/data/prediksi-angka-pengguna-e-commerce-di-indonesia-2024-248394

Tumanggor, S., Hadi, P., & Sembiring, R. (2022). Pembelian Impulsif pada E-Commerce Shopee (Studi pada Konsumen Shopee di Jakarta Selatan). Journal of Business and Banking, 11(2), 251-270. doi:10.14414/jbb.v11i2.2733

Utama, N. F., Santosa, N. S., Honesta, J., Sonbai, J. S. Y., Koesnadi, V. L., Jonathan, E., Marcia, F. A., & Ningsih, R. Y. (2024). Pengaruh E-Commerce terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Generazi Z. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 2(3), 218–226. https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3.194

Waruwu, M., Pu'at, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. doi:10.29303/jipp.v10il.3057

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Literature Review Manajemen Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 3(4), 392–403. Retrieved from https://dinastirev.org/JIMT/article/view/957

Yusuf, M., Erliyana, N., & Oktania. (2024). Pengaruh Promo Flash Sale dan Gratis Ongkos Kirim Shopee terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(9), 234-252. Retrieved from https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jikm/article/view/4345

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.