Panduan Peninjau

Sebagai peninjau, Anda memainkan peran penting dalam memastikan bahwa semua artikel yang dikirimkan ke SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam memiliki kualitas akademik yang cukup dan baru untuk menarik pembaca dan memajukan tujuan kami untuk percepatan pengembangan kajian ilmu sosial, ekonomi dan bisnis islam. Panduan ini akan membantu Anda memahami tanggung jawab Anda sebagai peninjau, serta kewajiban etis Anda terhadap jurnal dan penulis. Anda juga akan diperkenalkan dengan apa yang harus Anda cari dalam sebuah manuskrip, sehingga ulasan Anda akan menyeluruh dan konsisten dengan ulasan peninjau lainnya.

Tanggung Jawab Anda sebagai Peninjau

Sebagai peninjau, Anda akan bertanggung jawab untuk membaca naskah dan mengevaluasi kesesuaiannya untuk diterbitkan di SOSEBI. Anda diharapkan untuk memberikan umpan balik yang konstruktif, tidak memihak, tidak ambigu, dan jujur kepada penulis, dengan tujuan mendorong mereka untuk memperbaiki naskah mereka. SOSEBI berkomitmen untuk mendukung pengembangan akademisi muda dan pemikir politik yang sedang naik daun. Setiap penulis yang mengirimkan ke jurnal harus, terlepas dari apakah naskah mereka diterima, diberikan pengalaman positif dan ditingkatkan sebagai penulis dan peneliti. Sementara ulasan harus kritis, mereka tidak boleh merusak komunikasi ilmiah yang akurat. Oleh karena itu, setiap ulasan yang dengan cara apa pun merendahkan atau menghalangi penulis untuk mengirimkan kembali ke jurnal ini atau lainnya akan segera dibuang, dan setiap pengulas yang menyerang penulis atau karyanya akan dimasukkan dalam daftar hitam.

Tanggung Jawab Etis Anda

SOSEBI mengandalkan ketidakberpihakan dan kebijaksanaan peninjau, dan sebagai peninjau, Anda dipercayakan dengan materi rahasia yang dimaksudkan semata-mata untuk evaluasi kritis. Kami mengharapkan Anda untuk memperlakukan semua dokumen dan korespondensi yang terkait dengan tinjauan dengan tingkat kebijaksanaan yang sesuai.

  • Tidak diperkenankan untuk menggunakan informasi apa pun untuk kemajuan penelitian Anda sendiri atau untuk mendiskreditkan pihak lain.
  • Tidak diperkenankan untuk mendiskusikan aspek apa pun dari naskah dengan pihak ketiga.
  • Pastikan bahwa informasi dan rincian proses peninjauan tetap rahasia sebelum, selama, dan setelah publikasi.
  • Pertahankan integritas proses peninjauan. Dalam keadaan apa pun, tidak diperkenankan untuk menghubungi penulis mana pun untuk mendiskusikan manuskrip mereka.
  • Bersikaplah adil, jujur, dan objektif dalam mengevaluasi naskah.
  • Nyatakan konflik kepentingan, dan segera mundur jika Anda yakin ketidakberpihakan Anda telah dikompromikan.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menyetujui untuk meninjau naskah

Sebelum Anda setuju untuk meninjau sebuah manuskrip, Anda harus yakin bahwa Anda memiliki keahlian dan waktu yang diperlukan untuk memberikan evaluasi kritis terhadap artikel tersebut. Anda harus memastikan bahwa:

  • Artikel tersebut sesuai dengan keahlian Anda. Masuk ke akun Anda dan baca abstrak manuskrip untuk menentukan apakah bidang keahlian Anda cocok dengan manuskrip.
  • Anda dapat menyelesaikan tinjauan tepat waktu dan mendedikasikan waktu yang tepat untuk melakukan tinjauan menyeluruh. Peninjauan harus diselesaikan dalam waktu sebulan. Jika Anda merasa tidak dapat menyelesaikan tinjauan dalam jangka waktu ini, beri tahu editor. Jika memungkinkan, harap sarankan juga peninjau alternatif. Jika Anda setuju untuk meninjau sebuah manuskrip, tetapi kemudian menemukan diri Anda tidak dapat menyelesaikannya tepat waktu, silakan hubungi editor sesegera mungkin.
  • Anda tidak memiliki konflik kepentingan. Tentukan apakah ada konflik kepentingan yang dapat mempengaruhi ketidakberpihakan Anda dalam mengevaluasi naskah. Jika ada, Anda harus menghubungi editor dan segera mengundurkan diri. Jika Anda tidak dapat mendeteksi konflik apa pun sebelum menyetujui permintaan peninjauan, tetapi menemukannya selama peninjauan, cukup hubungi editor dan jelaskan mengapa Anda tidak dapat melanjutkan.

Proses Peninjauan

Prosedur Peninjauan

SOSEBI menggunakan sistem submisi online. Ketika seorang peninjau ditunjuk untuk sebuah artikel yang dikirimkan ke SOSEBI, mereka akan memiliki akun jurnal yang dibuat untuk mereka, di mana mereka akan dapat membaca abstrak dan memutuskan apakah akan setuju untuk meninjaunya.

Jika Anda diminta untuk meninjau makalah, cukup masuk ke akun pengulas Anda, baca abstrak yang disediakan, dan tunjukkan apakah Anda setuju untuk meninjaunya. Jika Anda menolak untuk meninjau naskah, harap sertakan alasannya, dan jika mungkin, sarankan pengulas alternatif dari bidang serupa.

Untuk memastikan integritas proses peninjauan, semua korespondensi lebih lanjut akan melalui sistem ini, dengan peninjau diberikan akses ke naskah lengkap dan dilengkapi dengan halaman peninjauan untuk diisi dan diserahkan. Jika mau, Anda juga dapat memberikan komentar langsung pada file manuskrip, tetapi pastikan bahwa semua komentar dibuat secara anonim dan fokus pada konten artikel, bukan tata letak atau formatnya.

Kriteria Dasar

Peninjau yang baik melihat kualitas keseluruhan manuskrip dan akurasi serta presisi detailnya. Saat mengevaluasi naskah untuk SOSEBI, perhatikan aspek-aspek berikut:

  • CAKUPAN. Apakah manuskrip berada dalam lingkup SOSEBI? Seberapa menarik artikel itu bagi pembaca jurnal?
  • KEBARUAN PENELITIAN. Apakah artikelnya cukup baru dan menarik? Apakah itu menambah pengetahuan baru? Seberapa orisinal penelitiannya?
  • KESESUAIAN JUDUL. Apakah judul secara akurat mewakili konten?
  • KUALITAS ISI. Apakah artikel tersebut sesuai dengan standar SOSEBI? Apakah pertanyaan penelitian itu penting? Apakah naskah membantu untuk memperluas atau memajukan penelitian terkini di bidangnya masing-masing?
  • METODOLOGI. Apakah deskripsi metodologi informatif, jelas, dan ringkas? Apakah metodologi penelitian tepat dan dilakukan dengan benar? Seberapa tepat pendekatan atau desain eksperimental
  • SIGNIFIKANSI HASIL. Apakah hasilnya memiliki implikasi yang signifikan bagi studi ilmu sosial, ekonomi dan bisnis islam?
  • KESESUAIAN TABEL, GAMBAR, DAN/ATAU BAHAN TAMBAHAN. Apakah setiap gambar/tabel perlu dan dijelaskan dengan benar? Apakah materi tambahan sesuai dengan konten?
  • KELENGKAPAN DATA. Seberapa lengkap datanya?
  • RELEVANSI PEMBAHASAN. Apakah diskusi relevan dengan hasil dan konten lainnya? Sudahkah penulis mendiskusikan hasil mereka dengan tepat dalam konteks penelitian sebelumnya?
  • KESESUAIAN KUTIPAN/REFERENSI. Apakah semua kutipan diperhitungkan? Apakah ada jumlah kutipan yang sesuai untuk konten (tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak)?
  • KEJELASAN ISI. Seberapa bagus bahasa Inggrisnya? Akankah pembaca Ar Rehla kesulitan memahami isinya?
  • KEPATUHAN PADA PEDOMAN SOSEBI. Apakah naskah mematuhi pedoman jurnal, seperti struktur naskah? Apakah tabel dan gambar telah diserahkan secara terpisah?
  • KEPATUHAN TERHADAP NOMENKLATUR ILMIAH YANG BENAR. Apakah nama spesies mutakhir dan dieja dengan benar? Apakah istilah teknis digunakan dengan benar?

Pertimbangan Etis

Selain kriteria di atas, perhatikan juga apakah naskah mengandung contoh plagiarisme, referensi yang tidak tepat, publikasi ulang, atau penipuan. Hal-hal yang harus dicari:

  • PLAGIARISME. Amati apakah sebagian naskah telah disalin dari karya lain tanpa memberikan kredit yang sesuai. Misalnya, teks telah disalin kata demi kata tanpa indikasi yang jelas bahwa itu adalah kutipan, teks telah disalin tetapi tidak dikutip (menunjukkan bahwa ini adalah kata-kata/gagasan penulis sendiri), atau sebagian teks telah disalin tanpa izin dari penulis asli. Jika Anda menemukan bahwa sebagian besar naskah telah dijiplak, harap hubungi editor sesegera mungkin sehingga kami dapat mengambil tindakan yang sesuai.
  • REFERENSI YANG HILANG, SALAH, ATAU TIDAK LENGKAP. Semua teks, gambar, tabel, data, ide, atau konsep yang telah diterbitkan sebelumnya harus dikutip. Hal ini dianggap plagiarisme bagi seorang penulis untuk menyajikan sesuatu sebagai milik mereka meskipun tidak, terlepas dari niat mereka.
  • PUBLIKASI ULANG. Adalah bertentangan dengan kebijakan Ar Rehla untuk menerbitkan karya yang telah diterbitkan di tempat lain. Harap beri tahu editor jika Anda menemukan contoh naskah yang telah diterbitkan sebelumnya (sebagian atau seluruhnya).
  • TIPUAN. Setiap bagian dari naskah yang ditemukan tidak benar harus disorot seperti itu. Segala bentuk manipulasi atau gangguan data harus menjadi perhatian editor.

Etika publikasi tidak terbatas pada empat hal ini. Jika Anda yakin penulis telah berusaha menyesatkan pembaca, melanggar hak cipta atau paten, atau mungkin membahayakan integritas jurnal dengan cara lain, silakan hubungi editor penanganan.

Mengirim Hasil Tinjauan

Setelah Anda mengumpulkan informasi yang cukup untuk membuat keputusan tentang manuskrip, masuk ke akun SOSEBI Anda untuk menyelesaikan peninjauan. Minimal, Anda akan diminta untuk menilai naskah berdasarkan kriteria yang disebutkan di atas, serta meringkas temuan utama Anda dan memberikan kesan keseluruhan Anda terhadap artikel tersebut. Kami mendorong Anda untuk secara opsional mengambil kesempatan untuk mengomentari naskah secara lebih rinci, dan memberikan saran khusus yang dapat meningkatkan aspek apa pun darinya.

Tinjauan yang Baik

Penting untuk memastikan bahwa semua komentar bersifat konstruktif dan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas naskah atau membantu penulis memahami di mana kesalahan mereka. Harap pertimbangkan kembali untuk membuat komentar yang tidak termasuk dalam lingkup ini, dan hindari membuat komentar yang menyepelekan atau meremehkan karya tersebut.

Ikuti praktik berkomentar yang baik. Sebagai contoh:

  • Tidak mengomentari penerimaan naskah, dan hindari menyarankan revisi sebagai syarat untuk diterima.
  • Berikan komentar yang terperinci dan tidak ambigu.
  • Bersikaplah hormat dan positif. Tujuan Anda seharusnya membantu penulis meningkatkan artikel mereka, dengan memberikan kritik yang membangun dan saran yang bermanfaat. (Pertimbangkan bagaimana Anda ingin naskah Anda sendiri ditinjau.)
  • Soroti area yang perlu diklarifikasi atau harus dijabarkan lebih lanjut oleh penulis. Berikan saran tentang bagaimana penulis dapat memperbaiki bagian-bagian yang bermasalah. Bagaimana mereka dapat meningkatkan kejelasan bagian tertentu? Anda tidak diharuskan untuk mengedit gaya atau tata bahasa penulis, tetapi setiap perbaikan pada kejelasan naskah sangat dihargai, terutama dalam hal istilah teknis.
  • Soroti contoh konsisten dari terminologi teknis yang ketinggalan zaman atau salah eja.
  • Hindari membuat pernyataan dogmatis. Anda harus dapat membuat cadangan komentar Anda dengan bukti atau prioritas dalam literatur sebelumnya.
  • Berhati-hatilah untuk tidak mengabaikan naskah, baik dalam hal kebaruan, metodologi, atau temuannya.

Rekomendasi

Tugas akhir Anda sebagai peninjau adalah merekomendasikan agar naskah a) diterima apa adanya, b) diterima dengan revisi kecil, c) diterima dengan revisi besar, d) diterima dengan revisi besar (memerlukan peninjauan ulang), e) ditolak tetapi dengan rekomendasi untuk diajukan kembali setelah karya lebih berkembang, atau f) ditolak mentah-mentah. Jika rekomendasi Anda adalah untuk menolak naskah, Anda harus menjelaskan alasannya.

Setiap rekomendasi harus didukung oleh fakta-fakta evaluasi, dan didukung dengan kritik yang membangun. Tinjauan kritis yang baik akan memungkinkan SOSEBI untuk membuat keputusan akhir yang terinformasi tentang naskah. Juga perhatikan bahwa keputusan akhir pada naskah dibuat oleh dewan redaksi, dengan mempertimbangkan rekomendasi dari setiap ulasan, dan rekomendasi Anda mungkin tidak tercermin dalam keputusan ini.