Proses Editorial

SOSEBI menggunakan perangkat lunak Open Journal System 3.2.0.3, yang merupakan alat untuk mengatur penerbitan jurnal sumber terbuka yang dikembangkan, didukung, dan didistribusikan secara bebas oleh Public Knowledge Project di bawah GNU General Public License..

Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan artikel-artikel yang berkontribusi pada kajian Ilmu Sosial, Ekonomi dan Bisnis Islam. Artikel-artikel ini harus menawarkan solusi nyata untuk masalah yang paling mendesak di ranah ini. Dengan demikian, untuk memastikan integritas ilmiah dari artikel yang dikirimkan, kami mengikuti proses penyaringan dan tinjauan sejawat yang ketat.

Artikel dinilai berdasarkan apakah mereka sesuai dengan ruang lingkup jurnal, memiliki kualitas akademik yang memadai, baru dan mampu menarik pembaca jurnal, dan akhirnya apakah mereka berkontribusi pada tujuan inti SOSEBI. Dalam proses ini, identitas penulis dan pengulas disembunyikan satu sama lain.

Penjelasan lebih rinci tentang proses editorial kami dapat ditemukan di bawah.

PEMERIKSAAN AWAL. Naskah yang baru dikirimkan disaring oleh Pemimpin Redaksi untuk kesesuaiannya dengan ruang lingkup SOSEBI dan persyaratan pengiriman dasar.

PROSES PENINJAUAN. Jika manuskrip lolos tahap penyaringan awal, naskah tersebut ditugaskan ke editor penanganan, yang kemudian mengirimkannya ke peninjau dengan keahlian di bidang yang relevan.

Jika naskah gagal lolos penyaringan awal, naskah ditolak tanpa peninjauan lebih lanjut.

KEPUTUSAN PERTAMA. Keputusan hanya dibuat ketika laporan tinjauan telah diterima. Pada tahap ini, sebuah naskah dapat ditolak, memerlukan revisi kecil atau besar, atau diterima apa adanya. Jika perubahan signifikan pada bahasa atau konten diperlukan, editor yang menangani dapat merekomendasikan agar naskah dikirim ulang setelah revisi signifikan. Jika naskah diterima, naskah akan dikembalikan ke penulis pengirim untuk diformat. Keputusan akhir untuk menerima naskah dibuat oleh Pemimpin Redaksi berdasarkan rekomendasi dari editor yang menangani dan setelah disetujui oleh dewan redaksi.

TAHAP REVISI. Naskah yang memerlukan revisi dikembalikan ke penulis yang mengirimkan, yang akan memiliki waktu hingga satu bulan untuk memformat dan merevisi naskah, setelah itu akan ditinjau oleh editor yang menangani. Editor penanganan kemudian akan menentukan apakah perubahan yang diperlukan telah dibuat, apakah perubahan itu memadai dan sesuai, dan apakah penulis cukup menanggapi komentar dan saran peninjau.

Jika revisi dianggap tidak memadai, tahap ini akan diulangi, memberikan kesempatan kedua kepada penulis untuk menjawab kekhawatiran peninjau. Harap dicatat bahwa jika editor yang menangani menemukan bahwa artikel tidak akan cukup ditingkatkan dengan revisi kedua (dengan kata lain, bahwa revisi kedua akan membuang-buang waktu penulis dan/atau jurnal), mereka memiliki kebijaksanaan melanjutkan langsung ke tahap berikutnya dan merekomendasikan agar naskah ditolak.

KEPUTUSAN TERAKHIR. Pada tahap ini, naskah yang direvisi diterima atau ditolak. Keputusan ini didasarkan pada apakah editor penanganan menemukan naskah telah ditingkatkan ke tingkat yang layak untuk diterbitkan. Jika artikel diterima, artikel tersebut akan diantrekan untuk penyusunan huruf, proofreading, dan akhirnya diterbitkan dalam edisi mendatang. Jika penulis tidak dapat membuat perubahan yang diperlukan, atau telah melakukannya sampai tingkat di bawah standar SOSEBI, naskah ditolak.