Meningkatkan Kesadaran Pengasuhan Anak di Era Digital Melalui Ceramah Berbasis Multimedia
PDF

Keywords

Kesadaran Pengasuhan, Ceramah Berbasis Multimedia

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kesadaran pengasuhan anak di era digital melalui ceramah berbasis multimedia. Penelitian ini merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk ceramah menggunakan multimedia. Populasi dalam penelitian pengabdian ini terdiri dari 120 ibu-ibu yang terhimpun dalam majelis taklim Kecamatan Nuha. Sampel sebanyak 18 orang yang terpilih secara random. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala psikologi melalui google formulir dan data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kesadaran pengasuhan yang diawali dengan peningkatan pemahaman terhadap perkembangan anak dengan skor 20 dan pemahaman terhadap dampak gadget pada perkembangan anak dengan skor 20. Lanjut Skor peningkatan kesadaran terhadap konsep Islam dalam pengasuhan yaitu 17, dan Skor kesadaran akan tanggung jawab orang tua dalam mencegah dampak gadget yaitu 18. Terakhir, skor peningkatan kejelasan langkah-langkah dalam mencegah dampak gadget yaitu 25 dan kesiapan menjalankan atau menerapkan mencegah dampak gadget yaitu 19.

https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.36-59
PDF

References

Aji, Rustam, "Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital)", Islamic Communication Journal, Vol. 1, No. 1, 2016, pp. 43–54. (https://doi.org/10.21580/icj.2016.1.1.1245)

Alia, Tesa., & Irwansyah, "Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital", A Journal of Language, Literature, Culture and Education, Vol. 14, No. 1, 2018, pp. 65–78. (https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639)

Aslan, Aslan, "Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital", Jurnal Studia Insania, Vol. 7, No. 1, 2019, pp. 20–34. (https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269)

Baharun, Hasan, and Finori, Febri Deflia, "Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital", Jurnal Tatsqif, Vol. 17, No. 1, 2019, pp. 52–69. (https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625)

Bussa, Barnadetta Dewi., Kiling-Bunga, B. N., Thoomaszen, F. W., & Kiling, I. Y, "Persepsi Ayah Tentang Pengasuhan Anak Usia Dini", Jurnal Sains Psikologi, Vol. 7, No. 2, 2017, pp. 126–135.

Chusna, Puji Asmaul, "Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak", Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, Vol. 17, No. 2, 2017, pp. 315–330. (https://doi.org/10.21274/dinamika/2017.17.2.315-330)

Damayanti, Eka., Ahmad, Arifuddin & Bara, Ardias, "Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak", Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, Vol. 4, No. 1, 2020, pp. 1–22. (https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22)

Dewi, P. K., & Budiana, N, Media Pembelajaran Bahasa Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran, Malang: UB Press, 2018.

Erlanti, Mutiara Suci., Mulyana, Nanang., & Wibowo, Hery., "Teknik Parenting dan Pengasuhan Anak Studi Deskriptif Penerapan Teknik Parenting di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Insan Pratama Bandung". Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 2, 2016, pp. 237–247. (https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13686)

Febriani, Zulfa., Kumalasari, D., Triman, A., & Listyawati, E. F., "Pelatihan Mindful Parenting Bagi Ibu dengan Balita di Cempaka Putih". Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4, No. 1, 2019, pp. 7–12. (https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.3232)

Hanafi, Halid., Adu, La., & Zainuddin, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Hidayati, Farida., Kaloeti, Dian Veronika Sakti., & Karyono, "Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak [Role of Father in Parenting]", Jurnal Psikologi UNDIP, Vol. 9, No. 1, 2011, pp. 1–10. (https://doi.org/10.14710/jpu.9.1.)

Jannah, Miftahul, "Pola Pengasuhan Orang Tua Dan Moral Remaja Dalam Islam", Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 1, No. 1, 2015, pp. 63–79. (https://doi.org/10.22373/je.v1i1.318)

Junairi, "Efektivitas Metode Ceramah Dengan Multimedia dan Metode Ceramah Tanpa Multimedia Terhadap Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se-Kecamatan Ringinrejo Kab. Kediri". Naskah Publikasi, 2015,

Kiong, Melly., Mindful Parenting, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

Lestari, Sri., Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga (ke-1), Jakarta: Kencana, 2016.

Lisa, Warda., & Astuti, Asagaya., "Perbedaan Pengasuhan Berkesadaran pada Orang Tua Milenial", Jurnal Psikologi, Vol. 11, No. 1, 2018, pp. 60–71. (https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i1.2074)

Mahmud, Saifuddin., & Idham, Muhammad, Strategi Belajar Mengajar, Aceh: Syaih Kuala University Press, 2017.

Marpaung, Junierissa, "Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan", KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, Vol. 5, No. 2, 2018, pp. 55–64. (https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521)

Mubarok, Pathah Pajar., "Program Pengasuhan Positif untuk Meningkatkan Keterampilan Mindful Parenting Orangtua Remaja". Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 3, No. 1, 2016, pp. 35–50. (https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.1095)

Muhasim, "Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik". Palapa, Vol. 5, No. 2, 2017, pp. 53–77. (https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46)

Nurhamidah, & Retnowati, S., "Efek Program “Mindful Parenting” Terhadap Perubahan Stres Pengasuhan Orang Tua Tunggal Yang Memiliki Anak dengan Disabilitas Ganda", Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GAMAJPP), Vol. 4, No. 1, 2018, pp. 62–72.

Rahmat, Stephanus Turibius, "Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mofiaendidik Anak di Era Digital". Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, Vol. 10, No. 2, 2018, pp. 143–161.

S., Dyna. Herlina., Setiawan, Benni., & Jiwana, Gilang A, Digital Parenting: Mendidik Anak Di Era Digital, Yogyakarta: Samudra Biru, 2018.

Safitri, Marisa Dewi., & Satwika, Y. W., "Pengasuhan Anak oleh Single Father", Jurnal Psikologi Pendidikan, Vol. 5, No. 1, 2018.

Sofyan, Iyan., "Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga", Journal of Early Childhood Care and Education, Vol. 1, No. 2, 2019, pp. 41–47. (https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241)

Soge, Ellesa Margareth Teti., Kiling-Bunga, B. N., Thoomaszen, F. W., & Kiling, I. Y., "Persepsi Ibu terhadap Keterlibatan Ayah galam Pengasuhan Anak Usia Dini", Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, Vol. 8, No. 2, 2017, pp. 85–92.

Subarkah, M. A., "Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak", Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, Vol. 15, No 1, 2019, pp. 125–144.

Suprihatin, Titin., Sugiasih, Inhastuti., & Wahyuni, Sri., "Penyesuaian Keluarga Warga Kampung Nelayan Desa Tambakbulusan Kabupaten Demak", Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, Vol. 1, 2020, pp. 232–239. (https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7715)

Tambak, Syahraini, "Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam", Jurnal Tarbiyah, Vol. 21, No. 2, 2014, pp. 375–401.

Widodo, Ageng., & Siswanto, Siswanto, "Pembinaan Anak Jalanan melalui Pola Asuh di Rumah Singgah dan Belajar (RSB) Diponegoro Sleman Yogyakarta", Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, Vol. 16, No. 1, 2019, pp. 59–73. (https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-05)

Wulandari, Herni, & Budiarti, Meilanny Santoso, "Proses Parental Mediation Terhadap Anak Usia Prasekolah dalam Menggunakan Gadget", Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, Vol. 2, No. 2, 2019, pp. 213–226.

Zulfitria, "Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Smartphone pada Anak Sekolah Dasar", Holistika, Vol. 1, No. 2, 2017, pp. 95–102.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Downloads

Download data is not yet available.