RESILIENSI PADA IBU SINGLE PARENT (Studi Kasus pada Ibu Single Parent di Dusun Karang Tengah, Desa Pikatan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar)

Muhammad sholihuddin Zuhdi

Abstract


Ibu single parent adalah seorang ibu yang ditinggal oleh suaminya karena kematian atau perceraian. Ibu yang menjadi single parent memiliki peran ganda untuk keluarganya seperti mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan, merawat anak dan mengurus rumah. Peran ganda yang dialami oleh ibu single parent tentunya memiliki masalah yang kompleks. Resiliensi merupakan kemmpuan ibu single parent dalam menghadapi masalah yang dialaminya setiap hari sehingga mampu beradaptasi dengan keadaanya. Dari ketebalan iman serta dukungan para saudara dan teman dapat meningkatkan resiliensi seorang ibu single parent. Di dusun karang tengah desa pikatan kecamatan wonodadi blitar diketahui banyak ibu single parent yang memiliki peran ganda untuk keluarganya. Hal ini dikarenakan kematian suami dan perceraian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh ibu single parent dan untuk mengetahui bagaimana resiliensi ibu single parent di dusun karang tengah. Beberapa ibu single parent di dusun karang tengah menjadi subjek penelitian. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara mendalam, Observasi Partisipan dan Teknik dokumentasi. Selanjutnya  analisis pengumpulan data dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verivikasi data (conclution drawing/ verivication). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah-masalah yang dihadapi oleh ibu single parent di susun karang tengah dalam menjalankan fungsi keluarga meliputi masalah ekonomi, masalah sosial dan masalah keluarga. Bentuk resiliensi ibu single parent di dusun Karang Tengah adalah mereka selalu bersyukur dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT mereka percaya akan kuasaNya sehingga sikap optimisme, empati, dan meregulasi emosi dapat mereka kuasai.

Keywords


Resiliensi, Ibu Single Parent

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Jurnal Martabat Indexed by :


Flag Counter

 

Martabat : Jurnal Perempuan dan Anak

ISSN: 2581-2076 (p) 2581-0472 (e)

Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46

Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: jurnalmartabat@gmail.com
Website: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/martabat


Copyright © 2018 Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak

Creative Commons License Martabat published by Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M IAIN Tulungagung is under license of Creative Commons Attribution 4.0 License Internasional.

Martabat : Jurnal Perempuan dan Anak

ISSN: 2581-2076 (p) 2581-0472 (e)

Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46
Telp/Fax: 0335-321513/321656
e-mail: jurnalmartabat@gmail.com
Website: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/martabat