HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Abstract

Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thingking Skill (HOTS) merupakan ketrampilan berpikir yang melibatkan ketrampilan berpikir kritis dan kreatif yang dapat diasess melalui problem solving ataupun problem posing. HOTS hendaknya dilatihkan dan dikuatkan pada semua mata pelajaran termasuk matematika. Ketrampilan berpikir kritis berhubungan dengan otak kiri sedangkan ketrampilan berpikir kreatif berhubungan dengan fungsi otak kanan. Ketrampilan berpikir kritis merupakan  proses intelektual dari keaktifan dan ketrampilan konseptual, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi informasi yang dikumpulkan atau dihasilkan dari observasi, refleksi, dan pengalaman penalaran. Ketrampilan beripikir kreatif berkaitan dengan kemampuan untuk memecahkan ataupun mengajukan masalah secara lancar, fleksibel, dan baru. Berpikir secara kritis dan kreatif memungkinkan siswa mempelajari masalah secara sistematik, mempertemukan banyak sekali tantangan dalam suatu cara yang terorganisasi, merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang inovatif dan merancang penyelesaian yang asli. Ketrampilan berpikir kritis mengacu pada pemikiran konvergen sedangkan ketrampilan berpikir kreatif mengacu pada pemikiran divergen. Sehingga kemampuan berpikir konvergen dan divergen dapat dimiliki secara seimbang. Dengan keseimbangan ini siswa dapat mencapai prestasi yang tinggi. Sehingga HOTS dalam pembelajaran matematika perlu diberikan dan dikuatkan. HOTS dalam matematika bisa dimulai dari Sekolah Dasar, sebab dengan dilatihkannya HOTS sejak awal akan menuntun siswa mencapai prestasi optimalnya.

https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.339-360
PDF

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Downloads

Download data is not yet available.