Abstract
Purpose Penelitian ini membahas tentang penanaman pendidikan karakter melalui kegiatan perkemahan Jum’at Sabtu Gerakan Pramuka MIN Kota Blitar bersama KKM UIN Malang. Kegiatan kepramukaan adalah proses Pendidikan non formal yang diselenggarakan di alam bebas dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Kegiatan KKM UIN Malang mencoba mengambil pramuka sebagai objek penanaman Pendidikan karakter karena sudah sesuai dengan tujuan diwajibkannya ekstrakurikuler pramuka oleh pemerintah.
Method: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data secara deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan dua data yakni data primer yang didapat dari wawancara dan sekunder dari penelitian jurnal
Practical Applications: Penelitian ini menggunakan observasi secara langsung dalam kegiatan. Dalam kegiatan ini terdapat berbagai kegiatan untuk menumbuhkan karakter seperti pendirian tenda, memasak, dan giat penjelajahan. Setiap kegiatan memiliki pemaknaan karakter masing-masing antara lain disiplin, mandiri, dan tanggung jawab.
Conclusion: Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari 1 malam mendapatkan kesan yang baik dari kalangan siswa, guru, dan wali murid. Harapan kedepannya melalui kegiatan ini anak-anak mampu mengamalkan karakter sesuai satya dharma pramuka dalam kehidupan sehari-hari.
References
Al Azizi, N. Q. U. (2018). Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 40. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2793
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721
Dharmayana, I. W. B. (2021). Peran Pendidikan Pramuka Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Anak Usia 11-15 Tahun. Jurnal Ilmu Pendidikan, 01(01).
Ihsan, A. N., & Magdalena, I. (t.t.). Peran Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kepramukaan Pada Siswa Mi Bahrul Ulum Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Dasar.
Lickona, T. (t.t.). BAB II Kajian Pustaka.
Luthviyani, I. R., Setianingsih, E. S., & Handayani, D. E. (2019). Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Nilai-nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan 2. Jurnal PGSD, 12(2), 113–122. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.113-122
UU_tahun2003_nomor020.pdf. (t.t.).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.