Abstract
Mengetahui bagaimana kualitas produk, citra merek, dan inovasi mempengaruhi loyalitas konsumen mahasiswa Eiger menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari santri KH. Universitas Wahab Hasbullah Jombang. Besar sampel penelitian ini adalah 100 responden. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling proporsional yang mempertimbangkan kebutuhan mahasiswa Universitas KH. Wahab Hasbullah Jombang, pengguna produk EIGER. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Kemudian digunakan regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji t, dan uji f untuk mengolah data yang diperoleh. Temuan regresi linier berganda menghasilkan persamaan regresi Y=-3,067+0,378x1+0,441x2 yang kemudian digunakan. +0,071x3 berarti loyalitas pelanggan EIGER mahasiswa KH adalah 0 (nol), yaitu inovasi produk, citra merek, dan kualitas. Jombang Wahab Hasbullah -3.067. Pengujian koefisien determinasi (R2) menghasilkan nilai sebesar 0,568 atau 0,568% yang menunjukkan bahwa selain citra merek, kualitas produk, dan inovasi, hal-hal tersebut mempengaruhi loyalitas pelanggan. sedangkan faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini berdampak pada 43,2% sisanya. Temuan uji t inovasi produk (X1) menunjukkan bahwa t_hit>t_(a/2)(4,837>1,985) dan (sig = 0,000<0,05) adalah signifikan. Variabel citra merek menunjukkan terdapat pengaruh positif dan besar terhadap loyalitas pelanggan (Y), dengan nilai t_hit>t_(a/2)(3,861>19885) dan (sig 0,000<0,05). berpengaruh besar dan positif terhadap loyalitas pelanggan (Y). Variabel kualitas produk menampilkan nilai t_hit>t_(a/2)(0.884<1.985) dan (sig 0.379<0.05), menunjukkan bahwa pengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y) adalah signifikan dan positif. Dapat disimpulkan bahwa H_4 diterima berdasarkan uji f yang menunjukkan bahwa variabel inovasi produk, citra merek, dan kualitas merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Eiger di kalangan mahasiswa Universitas Kh (42.107>3.09) dan (sig=0.000< 0,05). A.Wahab Jombang Hasbullah.
References
Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. Penerbit: PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Ariani, D. W. 2003. Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif, Proyek Peningkatan Penelitian Pendidikan Tinggi Direktoran Jendral Pendidikan Tinggi. Depdiknas.
Aryoni, Achyar Eildine dan Leny Muniroh. 2019. Pengaruh Inovasi Produk terhadap Loyalitas Konsumen.
Basu Swastha dan Irawan. 2010. Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Budi, M.A.S. 2018. Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan.
F.T. Yuen, Euphemia. 2010. The Effect of Retail Service Quality and Product Quality on Customer Loyalty. Journal Department of Industrial and Systems Engineering, The Hong Kong Polytechnic University, Hung Hom, Kowloon, Hong Kong.
Ghozali, Imam dan Ratmono, Dwi. 2017. Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Jakarta: Prentice Hall.
Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: CAPS.
Hartimbul Ginting, Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya.
Kamanto, Sunarto. 2000. Pengantar Sosiologi. Jakarta: LPE-UI.
Kanuk, Schiffman, dalam Sulistian, Ogi. 2011. Faktor-faktor pembentuk citra merek
Kertajaya, Hermawan. 2003. Mark Plus on Strategy. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Koenig, Samuel. 1957. Man and Society, The Basic Teaching of Sociology. Halaman 279. New York : Barners & Noble Inc.
Kotler dan Amstrong. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Erlangga. Jakarta.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. 2015. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga.
Kotler, K. 2009. Manajemen Pemasaran. 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. dan Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: ErlanggaKotler, P., dan Armstrong, G. 2016. Principle of Marketing (16th ed). North Carolina: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler,Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu.
Koyum dan Adil Fadillah. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan.
Kurniawati, Dewi, Suharyono dan Andriani Kusumawati. 2014. Pengaruh Citra merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Studi pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang.
Li, Tiger and Roger J. Calantone., 1998. The Impact of Market Knowledge Competence on New Product Advantage: Conceptualization and Empirical Examination. Journal of Marketing 62:13-29.
Putri, Ariani dan Agung Kresnamurti R.P. 2012. Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas konsumen pada produk oli federal di wilayah Jakarta timur.
Rasela, Seni dan Adil Fadillah. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan.
Sekaran, Uma dan Bougie, R. 2017. Metode Penilitian untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Jakarta. Salemba Empat.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Supriyanto, Achmad Sani. dan Masyhuri Machfudz. 2010. Metodologi Riset: Manajemen Sumberdaya Manusia. Malang: UIN-Maliki Press.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi.
Unwaha.ac.id/Sejarah Berdirinya Unwaha