Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Usaha Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Toko Sandal Ping Tulungagung)
PDF

Keywords

Strategi Pemasran
Perkembangan Usaha
Etika Bisnis Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat khususnya yang sedang mengembangkan usaha mengenai strategi pemasaran Toko Sandal Ping Tulungagung dalam mengembangkan usaha sehingga memiliki 7 karyawan dan 2 toko cabang. Namun demikian sebagai seorang muslim, etika bisnis sangat dibutuhkan dalam menjalankan berbagai aktivitas agar usaha yang dijalankan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan penelitian melalui perpanjang keikutsertaan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat.
Hasil Berdasarkan penelitian, strategi pemasaran Toko Sandal Ping Tulungagung dalam mengembangkan pengembangan adalah melalui bauran pemasaran. Produk yang dijual berkualitas dan model terbaru. Harga yang digunakan mengikuti harga pasar dan mengambil keuntungan 10%. Tempatnya memilih lokasi yang strategis. Promosi melalui papan nama atau banner dan memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli. Perkembangan usaha Toko Sandal Ping Tulungagung terlihat dari pendapatan rata-rata harian 2.500.000 di toko pusat dan 1.000.000 di setiap toko cabang. Toko ini memiliki 7 karyawan dan 3 toko yang terletak di Desa Ringinpitu, Desa Loderesan dan Desa Mojosari.Strategi pemasaran Toko Sandal Ping Tulungagung dalam mengembangkan usaha sesuai dengan etika bisnis Islam karena produk yang dijual berkualitas, memiliki daya tarik dan menghindari unsur gharar. Harga yang digunakan mengikuti harga pasar dan tidak mengambil keuntungan yang berlebihan. Tempatnya memilih lokasi yang strategis. Promosinya jelas dan sesuai dengan produk yang dijual.

https://doi.org/10.21274/jeps.2021.2.1.1-9
PDF

References

Abadi, Satria dan Febriani Latifah. 2016. Decision Support System Penilaian Kinerja Karyawan pada Perusahaan menggunakan Metode Simple Addditive Weighting. Jurnal TAM Vol. 6.
Amrin, Abdullah. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
Anggriana, Rina. Nurul Qomariah dan Budi Santoso. 2017. Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Ojek Online “OM-JEK” Jember. JSMBI Vol. 7 No. 2.
Badan Pusat Statistik (BPS) Tulungagung, www.tulungagungkab.bps.go.id (28 Desember 2020 Pukul 10.32 WIB)
Dapiah, et. al. 2020. Strategi Marketing Syari’ah dalam Meningkatkan Pendapatan pada Jasmine Home Spa Khusus Wanita Cabang Cirebon. Jurnal Ecopreneur Vol.1 No.2.
Darbi, Ahmad dan Siti Fariza. 2015. Analisis Penjualan Rempeyek Jangkrik Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Hukum Islam Vol. 15 No. 1
Firli Musfar, Tengku. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Hakim, Rusman. 2010. Break Through: Bisnis itu Permainan, Bukan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Heliana, Endah et. al. 2007. Sukses Mengelola Usaha Warung Makan. Jakarta: TransMedia Pustaka.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: dalam penelitian pendidikan bahasa. Solo: Cakra Books.
Nurcholifah, Ita. 2014. Strategi Marketing Mix dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa Vol. 4 No. 1.
Nur Rovi’ah, Siti. 2018. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Produk Gas Lpg Mayangkara Group Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Onggo, Cindra dan Fiftin Noviyanto. 2013. Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Lokasi Pembukaan Cabang Usaha Variasi Mobil dengan Metode Promethee. Jurnal Sarjana Informatika Vol. 1 No. 1.
Rafidah.2020. Pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha dan Kewirausahaan Islami terhadap Pendapatan dan Kesejahteraan Keluarga Wanita Pengrajin Batik Danau Teluk Kota Jambi. Malang: Ahlimedia Press.
Raharjo, Tri Weda dan Herrukmi Septa Rinawati. 2019. Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Surabaya: Jakad Publising.
Rangkuti, Freddy. 2004. Flexible Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Santoso, Muhammad. 2019. Loyalitas Nasabah PD Bank Pengkreditan Rakyat Wilayah Cirebon. Sleman: Invalidiant Candrawinata.
Sarjono, Bambang. 2014. Strategi Penetapan Harga pada Bisnis Ritel. Jurnal Orbith Vol. 10 No. 1.
Sayyid, Mokhtar. 2020. Strategi Pemasaran Bisnis Farmasi. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Widaningsih dan Ariyanti. 2018. Aspek Hukum Kewirausahaan. Malang: Polinema Press.
Wijoyo, Hadion et. al. 2021. Dosen Inovatif Era New Normal. Solok: CV. Insan Cendekia Mandiri.
Zamzam, H. Fakhry dan Havis Aravik. 2020. Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Download data is not yet available.