Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana implementasi digitalisasi dapat meningkatkan standar mutu produk UMKM di Indonesia. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, menyumbang lebih dari 60% terhadap PDB dan menyerap lebih dari 97% tenaga kerja. Sektor ini menghadapi berbagai tantangan seperti rendahnya mutu produk, keterbatasan akses pasar, dan minimnya pemanfaatan teknologi. Digitalisasi menawarkan potensi untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperluas akses pasar, serta meningkatkan inovasi dan kualitas produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data sekunder dari salah satu artikel yang membahas berbagai UMKM yang telah mengadopsi teknologi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi terutama dalam aspek pemasaran digital dan rantai pasokan, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan daya saing dan standar mutu produk. Penerapan digitalisasi di UMKM Indonesia masih terbatas dengan tantangan seperti kurangnya pengetahuan teknologi dan infrastruktur yang terbatas. Dukungan pemerintah dan pihak terkait sangat penting untuk mempercepat adopsi teknologi digital dalam sektor UMKM. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi untuk mendorong transformasi digital di UMKM yang pada akhirnya dapat memperkuat kontribusi mereka terhadap perekonomian Indonesia.
References
Putritamara JA, Hartono B, Toiba H, Utami HN, Rahman MS, Masyithoh D. Do Dynamic Capabilities and Digital Transformation Improve Business Resilience during the COVID-19 Pandemic? Insights from Beekeeping MSMEs in Indonesia. Sustain. 2023;15(3):1–21.
Djakasaputra A, Yudhi O, Wijaya A, Shandy A, Yohana C. Empirical study of Indonesian SMEs sales performance in digital era: The role of quality service and digital marketing. Int J Data Netw Sci. 2021;5:303–10.
Anatan L, Nur N. Micro , Small , and Medium Enterprises ’ Readiness for Digital Transformation in Indonesia. Economies. 2023;11(156):1–21.
Supari S, Anton H. The Impact of the National Economic Recovery Program and Digitalization on MSME Resilience during the COVID-19 Pandemic : A Case Study of Bank Rakyat Indonesia. economies. 2022;10(106):1–17.
Rustina E, Teguh S, Makbul Y, Ie M, Pratiwi H. The partnerships and logistics leadership in the SMEs : The impact of digital supply chain implementation. Uncertain Supply Chain Manag. 2024;12:1307–16.
Baranauskas G. DIGITALIZATION IMPACT ON TRANSFORMATIONS OF MASS CUSTOMIZATION CONCEPT: CONCEPTUAL MODELLING OF ONLINE CUSTOMIZATION FRAMEWORKS. Mark Manag Innov. 2020;(3):120–32.
Cueto LJ, Faith A, Frisnedi D, Collera RB, Ian K, Batac T, et al. Digital Innovations in MSMEs during Economic Disruptions : Experiences and Challenges of Young Entrepreneurs. Adm Sci. 2022;12(8):1–25.
Kilay AL, Simamora BH. The Influence of E-Payment and E-Commerce Services on Supply Chain Performance : Implications of Open Innovation and Solutions for the Digitalization of Micro , Small , and Medium Enterprises ( MSMEs ) in Indonesia. J Open Innov Technol Mark Complex. 2022;8(119):1–24.
Okfalisa O, Mahyarni M, Anggraini W, Saktioto S, Pranggono B. Assessing Digital Readiness of Small Medium Enterprises : Intelligent Dashboard Decision Support System. Int J Adv Comput Sci Appl. 2022;13(4):98–108.
Gaffar V, Koeswandi T, Suhud U. HAS THE COVID-19 PANDEMIC ACCELERATED THE DIGITAL TRANSFORMATION OF MICRO, SMALL AND MEDIUM-SIZED ENTERPRISES IN INDONESIA? Teor PRAKSA. 2022;3(59):729–44.
Priyono A, Moin A, Putri VNAO. Identifying Digital Transformation Paths in the Business Model of SMEs during the COVID-19 Pandemic. J Open Innov Technol Mark Complex. 2020;6(104):1–22.
Agmulia Asmarani Islam A, Trinugroho I, Suryanto S. SMES ’ FLIGHT TO DIGITAL AND GREEN ECONOMY: EVIDENCE FROM INDONESIA. Int J Bus Soc. 2023;24(1):362–79.