FACTORS THAT INFLUENCE ACCOUNTING STUDENT'S INTEREST IN A CAREER AS PUBLIC ACCOUNTANT

Supplementary Files

FULL ARTICLE

Keywords

Interests, Career
Financial Rewards
Professional Recognition

How to Cite

SEKARINI, G., & Khoiriawati, N. (2021). FACTORS THAT INFLUENCE ACCOUNTING STUDENT’S INTEREST IN A CAREER AS PUBLIC ACCOUNTANT. BALANCE: JOURNAL OF ISLAMIC ACCOUNTING, 2(01), 59-72. https://doi.org/10.21274/balance.2021.2.01.59-72

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh sedikitnya tenaga kerja akuntan profesional di Indonesia sehingga mengakibatkan persaingan yang ketat dengan negara lain. Dan kurangnya minat sarjana akuntansi mengambil profesi sebagai akuntan menjadi salah satu penyebabnya. Maka dari itu, dengan diketahuinya pilihan karir yang diminati mahasiswa, maka dapat diketahui mengapa seseorang memilih karir tersebut. Minat dan rencana karir yang jelas akan sangat berguna dalam menentukan karir dimasa mendatang.

Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi : 1) Apakah penghargaan finansial berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berkarir sebagai akuntan publik? 2) Apakah pengakuan profesional berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berkarir sebagai akuntan publik? 3) Apakah pertimbangan pasar kerja berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berkarir sebagai akuntan publik? 4) Apakah risiko profesi akuntan berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berkarir sebagai akuntan publik? 5) Apakah penghargaan finansial, pengakuan profesional, pertimbangan pasar kerja, dan risiko profesi akuntan berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berkarir sebagai akuntan publik?

Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah sampel sebanyak 165 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengolahan data menggunakan SPSS 26 untuk uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, serta uji regresi linier berganda (uji t dan uji F).

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial variabel penghargaan finansial, pengakuan profesional, pertimbangan pasar kerja, dan risiko profesi akuntan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berkarir sebagai akuntan publik pada mahasiswa akuntansi syariah IAIN Tulungagung.

https://doi.org/10.21274/balance.2021.2.01.59-72
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.