Pemanfaatan Media Belajar Interaktif Untuk Mengatasi Minat Baca Siswa Yang Rendah Dalam Pembelajaran IPS
PDF

Keywords

Media Pembelajaran, Minat Baca Siswa, Media Interaktif

Abstract

Media pembelajaran adalah saatu alat, metode, atau teknik yang digunakan untuk menyempurnakan suatu proses kegiatan penyaluran ilmu dari guru ke peserta didik. Media pembelajaran merupakan instrument yang penting. dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan penyaluran materi dari tenaga pendidik ke peserta didik akan lebih maksimal. Namun perlu digaris bawahi, bahwa media yang baik merupakan media yang dapat menarik perhatian peserta didik dan dapat menstimulasi respon peserta didik. Untuk mencapai tujuan proses pembelajaran yang baik dapat digunakan media pembelajaran interaktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. Media yang menarik dan interaktif tenaga pendidik dapat lebih maksimal dalam  menyampaikan materi pelajaran. Penggunaan media belajar yang interaktif juga dapat digunakan sebagai alternatif karena minat baca siswa yang rendah apalagi dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu dalam artikel ini akan menyampaikan tentang pemanfaatan media belajar interaktif untuk mengatasi minat baca siswa yang rendah dalam pembelajaran IPS. Artikel ini ini akan metode deskriptif kualitatif yang menggunakan sumber dari artikel, buku, serta wawancara dengan beberapa siswa di daerah sekitar penulis.

https://doi.org/10.21274/eser.v3i2.9076
PDF

References

Sari, I. P. (2013). Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi. Skripsi, 1(451409079).
Suparman, I. W., Eliyanti, M., & Hermawati, E. (2020). Pengaruh Penyajian Materi dalam Bentuk Media Komik terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).
Mariskhana, K. (2019). Prestasi Belajar Sebagai Dampak Dari Minat Baca Dan Bimbingan Belajar Siswa IPS. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1).
Astra, I. M., Ruharman, D., Fisika, J., & Jakarta, U. N. (2012). Sebagai Media Pembelajaran Pendukung. 18(April), 174–180.
Fadilah, R. (2015). JURNAL PENA INDONESIA (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95.
Fauziah, S. N., Faziah, S. N., Nupus, F. S., Ulfi, N., & Sapitri, S. (2020). Evaluasi Minat Baca Siswa melalui Program Literasi Sekolah. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan IImu Sosial, 2(1), 108-116. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/n.
Irwan. Minat Baca Siswa. (2018). (n.p.): Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran.
Arsyad, Azhar. (2011). "Media pembelajaran.".
Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan .Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Basyiruddin Usman, Asnawir, Media Pembelajaran (Jakarta:Ciputat Pers,Juni 2002)
Oemar Hamalik, Media Pendidikan (Bandung : Citra Aditya, 1989)

Creative Commons License

Epicentrum of Social Education Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Licensing
Copyright © The Author(s). Published by Social Science Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sayyid Ali Rahmatullah State Islamic University Tulungagung, Indonesia.
This is an Open Access article distributed under the terms of Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0.

Downloads

Download data is not yet available.