Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilakukan karena minimnya penerapan media pada kegiatan belajar di SMPN 1 Sumbergempol, MTs Darul Falah dan MTs ASWAJA Tunggangri Kalidawir Tulungagung pada mata pelajaran IPS, buku ajar menjadi pilihan sebagai alat untuk menunjang kegiatan belajar karena sudah cukup membantu dalam mempelajari materi oleh siswa. Agar dapat memberi motivasi, pengalaman baru, maka kegiatan pembelajaran membutuhkan penggunaan media yang efektif dan efisien, seperti menggunakan media video pembelajaran. Rumusan masalah 1) bagaimana langkah-langkah pengembangan media video pembelajaran materi dinamika kependudukan Indonesia kelas VII tingkat SMP/MTs, 2) bagaimana tingkat kevalidan pada penggunaan pengembangan media video pembelajaran materi dinamika kependudukan Indonesia kelas VII tingkat SMP/MTs. Metode penelitian menggunakan Reseach and Development model Borg and Gall melalui 10 tahapan pengembangan. Berdasarkan hasil uji validasi ahli media menunjukkan 98%, ahli materi 96% dan guru IPS dengan rata-rata hasil 88,5% secara keseluruhan media video pembelajaran mendapat kategori “Valid” dan layak digunakan. Tingkat kevalidan pada penggunaan media oleh siswa memperoleh hasil rata-rata 86,3%, dengan kategori bagus.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Video Pembelajaran, Dinamika Kependudukan Indonesia
References
Ibrahim, Andi, Asrul Haq Alang, Madi, Baharuddin, Muhammad Aswar Ahmad, and Darmawati. Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu, 2018.
Miftah, M. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 1, no. 2 (December 24, 2013): 95. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105.
M. Miftah. “Model Dan Format Analisis Kebutuhan Multimedia Pembelajaran Interaktif.” Jurnal Teknodik, August 31, 2018, 095–106. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.443.
Sugiyono. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (August 2, 2018): 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Tambunan, Sri Ana. “Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Di Kelas Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan.” Jurnal Pendidikan Teknik Sipil 3, no. 1 (June 29, 2021): 23–27. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41883.
Epicentrum of Social Education Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Licensing
Copyright © The Author(s). Published by Social Science Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sayyid Ali Rahmatullah State Islamic University Tulungagung, Indonesia.
This is an Open Access article distributed under the terms of Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0.