Abstract
IPS merupakan disiplin ilmu yang terdiri dari geografi, ekonomi, sosiologi, sejarah dan antropologi. Pada mata pelajaran IPS merupakan salah satu pendidikan yang berupaya untuk mengembangkan pandangan peserta didik tentang manusia sebagai makhluk social yang tidak dapat hidup sendiri dan pasti membutuhkan bantuan antar sesamanya. Pada pembelajaran IPS memiliki tujuan mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan social pada peserta didik guna sebagai bekal untuk hidup bermasyarakat kelak. Pembelajaran IPS sendiri mendorong peserta didiknya supaya memiliki bekal pengetahuan, nilai, moral dan keterampilan untk bisa berperan dalam kehidupan bermasyarakat kelak. Pembelajaran IPS dengan menerapkan pendekatan saintifik ini bertujuan supaya peserta didik bisa lebih aktif.
References
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gaya Media. Hal. 59
Habib, Muhammad Alhada Fuadilah. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Kreatif. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 106-134. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778
Hamzah dan Nurdin Muhammad. 2013. Belajar dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: Bumi Aksara. Hal. 40
Hermawan Pamot Raharjo. 2015. Perenerapan Pendekatan Saintifik Dalam Membentuk KArakteristik Positif Anak.
Muhammad Fathurrohman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern. Penerbit Garundhawaca Yogyakarta. Hal 59-60
Muhammad Sukri. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Metode Problem Solving pada Siswa kelas IX Negeri Palopo. Vol. 2. No. 2. Hal 77
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Hal. 44
Tukidi, Purnomo Arif. Implementasi Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran IPS Pada Forum Guru Ambarawa. Vol. 3. Nomor. 1
Zuhrotun Anwariyah. 2018. Penerapan Pendekatan Sintifik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII. Hal. 38-45
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.upi.edu/20705/4/s_pgsd_kelas_1203910_chapter2.pdf&ved=2ahUKEwinutitqvfoAhUDfX0KHTb4DwAQFjACegQIARAB&usg=AOvVaw1PeHJEqUnZnJI1J^G921SE , diakses pada tgl 20 April 2020
Epicentrum of Social Education Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Licensing
Copyright © The Author(s). Published by Social Science Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sayyid Ali Rahmatullah State Islamic University Tulungagung, Indonesia.
This is an Open Access article distributed under the terms of Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0.