ASSISTING THE PRESERVATION OF LOCAL WISDOM IN REOG KENDANG: AN EFFORT TO PROMOTE CHARACTER EDUCATION AND ARTISTIC SKILLS AMONG ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS OF SIDOMULYO, PAGERWOJO, TULUNGAGUNG
pdf

Keywords

Kearifan lokal
pendidikan karakter
pelestarian
Reog Kendang

Abstract

Penelitian ini disajikan untuk mengetahui bagaimana merevitalisasi nilai-nilai kearifan lokal dan ketrampilan seni tari Reog Kendang pada saiswa-siswa sekolah dasar Sidomulyo tentang pentingnya memliki ketrampilan pada kegiatan ekstrakurikuler pada seni tari.Data dikumpulkan selama 2 bulan mulai dari Januari hingga Februari 2019 di sekolah Dasar Sidomulyo Pagerwojo di Tulungagung. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini melibatkan siswa-siswa yang didampingi oleh peneliti untuk melestaraikan tari Reog Kendang sebagai seni tari dan salah satu kearifan lokal masyarakata setempat. Subjek penelitian terdiri dari 65 siswa yang memiliki informasi relevan tentang tema penelitian Temuan ini mengungkapkan bahwa ada beberapa anak yang belajar tari Reog Kendang bertindak sebagai pelaku tari sebagai ketrampilan seni tari berlatih, mendiskusikan simbol tari dengan teman-temannya dan bertanya jawab dengan peneliti tentang makna dan sejarah tari Reog Kendang. Hasil dari penelitian ini juga diperoleh beberapa perspektif anak-anak dalam mempraktekkan tari Reog Kendang sebagai media pembelajaran untuk merevitalisasi nilai-nilai sejarah,moral dan sosial. Beberapa tanggapannya adalah: meningkatkan pengabdian kepada negara, mengajarkan bagaiamana berperilaku baik, jujur dalam kehidupan bermasyrakat, belajar dan disiplin, berlatih untuk beranggungjawab, meneladani sejarah pahlawan regional dan nasional, saling menghargai  ketika berproses baik ketika berlatih tari,mengembangkan ketrampilan seni, menciptakan seni dan menampilkan karya seni terbaik bagi desa pada saat perpisahan, bersih desa,pembukaan acara di desa dan kecamatan. Selain itu, ditemukan juga perspektif anak-anak dalam berlatih tari, menguasai seni trai Reog Kendang sebagai media pembelajaran: menyampaikan pelajaran melalui tari dan berlatih secara langsung serta memahami makna dalanm setiap gerakan lebih menarik, termotivasi, menambah pengetahuan, dan menghibur bukan hanya untuk penari akan tetapi juga penikmat seni.    

https://doi.org/10.21274/eser.v1i1.5353
pdf
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.